data-ad-format="auto"

Resep Menu Sahur Ibu Menyusui: Sayur Labu Siam Bumbu Kuning

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu tunggu dalam setiap tahunnya, orang-orang biasanya sangat antusias ketika menyambutnya.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Ketika bulan Ramadhan datang, semua umat muslim dianjurkan untuk menjalankan puasa wajib. Namun, biasanya sebagian ibu yang masih memberikan ASI untuk anaknya memutuskan untuk tidak menjalankan puasa agar kebutuhan nutrisi anaknya tetap terpenuhi. Meskipun begitu ada juga beberapaibu menyusui yang tetap memutuskan untuk mengikuti puasa. Tidak ada larangan bagi ibu menyusui untuk tidak menjalankan puasa. Ibu menyusui tetap boleh puasa asalkan kondisi bayi sehat. Untuk memastikannya biasanya ibu menyusui harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada bidan atau dokter kandungan.

Ketika berbuka atau sahur ibu menyusui harus memperhatikan asupan nutrisinya agar ASI tetap tersedia dan berkualitas. Sahur merupakan waktu dimana ibu hamil memilih jenis makanan yang terbaik. Beberapa bahan makanan tertentu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui, yang mana salah satunya yaitu labu siam. Labu  siam merupakan bahan makanan yang bisa memperlancar ASI. Meskipun sedang puasa tetapi diharapkan produksi ASI tetap lancar. Labu siam kaya akan serat. Yang mana serat itu sendiri sangat baik guna menghindari dari sembelit. Selain itu, labu siam juga mengandung asam folat yang cukup tinggi. Asam folat bermanfaat untuk pertumbuhan bayi dan perkembangan otaknya. Tidak hanya itu, labu siam diyakini mampu membuat produksi ASI semakin lancar.

Agar sahur lebih berselera, labu siam bisa diolah menjadi hidangan yang enak. Labu siam bumbu kuning merupakan salah satu hidangan yang bisa disajikan untuk menu sahur ibu menyusui. Berikut ini resep dan cara membuat sayur labu siam bumbu kuning untuk menu sahur ibu menyusui.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Bahan Bahan Untuk Membuat Sayur Labu Siam Bumbu Kuning Untuk Menu Sahur Ibu Menyusui

Bahan Utama Sayur Labu Siam Bumbu Kuning

  • 500 gram labu siam
  • 1 buah wortel
  • 1 1/2 liter santan kelapa
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Sayur Labu Siam Bumbu  Kuning

  • 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
  • 3 lembar daun salam
  • 1 batang serai
  • 2 cm lengkuas
  • 2 cm kunyit
  • 3 butir kemiri sangrai
  • 4 siung bawang putih
  • 8 butir bawang merah
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Cara Membuat Sayur Labu Siam Bumbu Kuning Untuk Menu Sahur Ibu Menyusui yang Gurih dan Enak

Cara Menyiapkan Bahan Bahan

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu, menyiapkan alat alat yang dibutuhkan dalam memasak hidangan ini. Beberapa alat perlu disiapkan seperti pisau, wajan, spatula, talenan, cobek dan lain sebagainya. Ambil labu siam yang sudah anda siapkan. lalu kupas labu siam tersebut sampai bersih. Potong labu siam dan gosok-gosok kedua bagian tersebut hingga getahnya keluar. Jika sudah seperti itu, potong labu siam membentuk korek api. Lalu cuci sampai bersih.
  2. Kemudian, kupas juga wortel. Lalu potong seperti korek api. Jika sudah, cuci kembali sampai bersih.
  3. Memarkan serai dan lengkuas.
  4. Lalu cuci bersih daun salam.
  5. Haluskan beberapa bumbu seperti kemiri yang sudah disangrai, kunyit, bawang merah dan bawang putih. Anda bisa menghaluskan bumbu bumbu tersebut dengan menggunakan cobek atau pun blender agar lebih praktis dan hasil yang didapatkan halus. 

Cara Membuat Sayur Labu Siam Bumbu Kuning

  1. Simpan wajan yang akan anda gunakan untuk memasak sayur ini di atas kompor menyala. Lalu tuangkan minyak goreng ke dalam wajan tersebut. Diamkan dan tunggu minyak goreng hingga panas. Jika minyak sudah seperti itu, anda bisa memasukan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk dan tumis bumbu halus hingga matang merata dan harum.
  2. Selanjutnya, masukan batang serai dan lengkuas yang sudah dimemarkan bersama dengan daun salam. Aduk-aduk hingga semua bumbu tersebut layu.
  3. Ambil santan kelapa, lalu tuangkan ke dalam wajan. Aduk merata agar tercampur dengan bumbu dan biarkan sampai santan mendidih.
  4. Setelah santan mendidih, masukan potongan wortel dan labu siam ke dalamnya. Aduk-aduk sampai kedua bahan tersebut matang.
  5. Tambahkan bumbu seperti ketumbar bubuk, merica bubuk, garam, gula dan penyedap rasa. Aduk merata hingga bumbu larut. Masak kembali sampai semua bahan matang dan bumbu meresap. Apabila sudah seperti itu, sajikan sayur pada mangkuk atau tempat saji. Hidangkan sayur ini ketika masih dalam keadaan hangat agar lebih enak.

Ibu menyusui yang sedang menjalankan puasa sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak cairan. Perbanyaklah mengkonsumsi air putih mulai dari waktu berbuka sampai sahur atau menjelang imsak. Selain itu, untuk tambahan asupan cairan bisa mengkonsumsi susu, teh manis hangat atau jus buah. Minum susu ketika sahur bisa mengurangi resiko anemia atau kekurangan darah. Demi kelancaran ASI ketika berbuka dianjurkan untuk minum minuman hangat. Sebagai tambahan, ketika sahur ibu menyusui sangat baik untuk mengkonsumsi kurma. Kurma akan memberikan manfaat karena mengandung komposisi lengkap di dalamnya.

Itulah resep sayur labu siam untuk menu sahur ibu menyususi. Selamat mebcoba dan semoga bermanfaat.

Loading...

Follow us