data-ad-format="auto"

Posisi yang Membuat Bayi Bersendawa

Perawatan bayi yang anda lakukan, umumnya berasal dari kebiasaan keluarga yang turun temurun. Beberapa diantara anda mungkin pernah melakukan cara menepuk nepuk punggung bayi setelah menyusui, biasanya dengan cara ini bayi akan bersendawa sambil gumoh atau mengeluarkan air susu sedikit dari mulutnya. Betulkah dengan cara ini akan memberikan manfaat pada bayi anda? Bersendawa bertujuan untuk melepaskan gelembung udara yang sering kali membuat bayi anda tidak nyaman. Bayi cenderung menelan udara saat sedang mendapatkan asi dari anda dan membuat perut bayi anda kembung. Adapun proses sendawa terjadi dikarenakan adanya ujung pada akhir saluran pencernaan yang mengatur dalam pengisian perut tidak berjalan dengan optimal yang dikenal dengan sebutan mekanisme ventil, meskipun sudah terdapat di dalam bayi akan tetapi masih belum sempurna sehingga ketika bayi anda bersendawa sedikit mengeluarkan cairan yang dikenal dengan istilah medis refluk.

Dengan bersendawa, pada bayi akan mengurangi perut kembung pada bayi, rewel, muntah dan juga kolik (nyeri pada bagian perut). Pada kondisi bayi tertentu dapat bersendawa sendirinya namun pada dasarnya pada usia 0 sampai 9 bulan bayi belum dapat bersendawa sendiri dikarenakan aktivitas bayi atau gerakannya lebih banyak berbaring. Hal ini disebabkan karena sendawa lebih mungkin terjadi apabila sudah bisa duduk tegak sehingga mempermudah udara di dalam lambung keluar. Pada umumnya bayi mengalami perbedaan ketika akan bersendawa sehingga temukan posisi ternyaman pada bayi anda untuk membuatnya bersendawa.

Berikut adalah posisi yang dapat anda gunakan untuk membuat bayi anda bersendawa :

1.  Posisikan tangan anda untuk menopang antara leher dan kepala bayi anda kemudian tangan yang satunya lagi untuk mehanan bokong bayi, perhatikan posisi dagu bayi anda untuk dapat melewati bahu anda agar senantiasa dapat bernafas.

2.  Anda dapat menepuk nepuk dengan perlahan bagian punggung bayi sampai bersendawa sediakan pula sapu tangan di bagu anda, apabila bayi anda gumoh tidak membuat baju anda kotor.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

3.  Anda dapat membuat bayi dengan posisi duduk di pangkuan kemudian letakan ibu jari dan telunjuk di dagu (perhatikan tepat sekali di bagian dagu bukan di leher) kemudian tahan dagu bayi anda ke arah depan sehingga badannya condong kedepan

4.  Anda dapat menopang bayi dengan posisi satu tangan di bagian dada sedangkan ibu jari dan telunjuk menahan dagi dan tangan satunya lagi di bagian punggung bayi anda, angkat perlahan sambil badannya diregangkan.

5.  Letakan bayi anda di atas pangkuan dengan posisi badan si kecil tengkurap menghadap ke bawah dan rentangkan pada pangkuan anda. Buatlah kaki bayi anda bebas menjuntai ke bawah dengan posisi diapit paha dengan sisi yang berlawanan. Ibu jari dan telunjuk satu tangan akan menahan dagu bayi anda sedangkan tangan anda dapat menepuk bagian punggungnya dengan halus dan pastikan bayi anda bersendawa.

6.  Bila anda belum berhasil membuat bayi bersendawa anda dapat menggunakan cara dengan meletakan satu lengan di antara kedua kaki bayi anda dan tahan badan bayi anda seperti menunggang kuda, kepala bayi anda diarahkan ke ujung tangan anda dan lengan anda berlawanan memeluk bayi anda sehingga posisi kepala bersandar di lengan anda.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us