Posisi yang Membuat Bayi Bersendawa

1/5 (1)

Dengan bersendawa, pada bayi akan mengurangi perut kembung pada bayi, rewel, muntah dan juga kolik (nyeri pada bagian perut). Pada kondisi bayi tertentu dapat bersendawa sendirinya namun pada dasarnya pada usia 0 sampai 9 bulan bayi belum dapat bersendawa sendiri dikarenakan aktivitas bayi atau gerakannya lebih banyak berbaring. Hal ini disebabkan karena sendawa lebih mungkin terjadi apabila sudah bisa duduk tegak sehingga mempermudah udara di dalam lambung keluar. Pada umumnya bayi mengalami perbedaan ketika akan bersendawa sehingga temukan posisi ternyaman pada bayi anda untuk membuatnya bersendawa.

Berikut adalah posisi yang dapat anda gunakan untuk membuat bayi anda bersendawa :

1.  Posisikan tangan anda untuk menopang antara leher dan kepala bayi anda kemudian tangan yang satunya lagi untuk mehanan bokong bayi, perhatikan posisi dagu bayi anda untuk dapat melewati bahu anda agar senantiasa dapat bernafas.

2.  Anda dapat menepuk nepuk dengan perlahan bagian punggung bayi sampai bersendawa sediakan pula sapu tangan di bagu anda, apabila bayi anda gumoh tidak membuat baju anda kotor.

3.  Anda dapat membuat bayi dengan posisi duduk di pangkuan kemudian letakan ibu jari dan telunjuk di dagu (perhatikan tepat sekali di bagian dagu bukan di leher) kemudian tahan dagu bayi anda ke arah depan sehingga badannya condong kedepan

4.  Anda dapat menopang bayi dengan posisi satu tangan di bagian dada sedangkan ibu jari dan telunjuk menahan dagi dan tangan satunya lagi di bagian punggung bayi anda, angkat perlahan sambil badannya diregangkan.

5.  Letakan bayi anda di atas pangkuan dengan posisi badan si kecil tengkurap menghadap ke bawah dan rentangkan pada pangkuan anda. Buatlah kaki bayi anda bebas menjuntai ke bawah dengan posisi diapit paha dengan sisi yang berlawanan. Ibu jari dan telunjuk satu tangan akan menahan dagu bayi anda sedangkan tangan anda dapat menepuk bagian punggungnya dengan halus dan pastikan bayi anda bersendawa.

6.  Bila anda belum berhasil membuat bayi bersendawa anda dapat menggunakan cara dengan meletakan satu lengan di antara kedua kaki bayi anda dan tahan badan bayi anda seperti menunggang kuda, kepala bayi anda diarahkan ke ujung tangan anda dan lengan anda berlawanan memeluk bayi anda sehingga posisi kepala bersandar di lengan anda.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel