data-ad-format="auto"

Pola Kehidupan, Sebabkan Kanker Serviks !

Cervical cancer (kanker serviks) disebabkan oleh virus yang bernama human papiloma yang berkembang dan menyerang alat reproduksi wanita.Badan kesehatan dunia (WHO) mengatakan bahwa kanker serviks merupakan penyakit kanker tertinggi penyebab kematian pada perempuan di dunia. Di indonesia terdapat 8000 kasus kematian yang disebabkan keganasan kanker serviks. Bahayanya kanker serviks tidak dapat dideteksi sejak dini. Meskipun penyebab utamanya adalah virus akan tetapi pola kehidupan yang tidak sehat akan memicu munculnya virus penyebab kanker serviks.

Waspadai sejak dini, pola kehidupan tidak sehat memicu perkembangan virus papiloma manusia penyebab kanker serviks !

1. Makanan mengandung bahan kimia

Menurut dr.Marsianto dalam situs media bidan menyatakan bahwa adanya faktor pemicu kanker disebabkan oleh makanan atau minuman yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti zat warna, perasa dan zat pengawet.Makanan dan minuman berikut jika dikonsumsi terus menerus dan berlebihan akan memicu kanker serviks. Berikut jenisnya : Bahan pengawet , penyedap rasa dan pewarna buatan yang terdapat pada Mie Instan memicu kanker. Makanan yang dibakar dalam kondisi tidak masak atau sampai kehitaman . Makanan yang dihasilkan dari minyak yang telah digunakan secara berulang.Makanan yang diawetkan menggunakan bahan kimia berbahaya, yaitu borak . Jajanan yang mengandung zat aditif (pewarna, penyedap, pemutih) sering ditemukan bentuk kerupuk, jajanan, makanan ringan. (Baca juga: Tanda-tanda kanker serviks)

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

2. Merokok

Gaya hidup tidak sehat dapat menyebabkan gangguan kesehatan termasuk kanker. Wanita perokok aktif beresiko dua kali terkena kanker serviks dari pada yang tidak merokok. Rokok penyebab kanker serviks mencapai 15,6 % yang dilaporkan melalui hasil penelitian kanker inggris. Kandungan zat adiktif di dalam rokok memicu timbulnya kanker serviks.

3. Minuman beralkohol

Minuman yang mengandung etanol yang menyebabkan gangguan kesadaran .Mengkonsumsi minuman alkohol terlalu sering memicu timbulnya kanker serviks pada wanita. Yayasan Kanker Indonesi (YKI) menyarankan kepada wanita untuk menghindari rokok yang sangat rentan memicu kanker serviks.

4. Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan (obesitas) memicu timbulnya kanker serviks. Di Malaysia dilakukan konferensi internasional mengenai kasus kegumakan yang semakin hari semakin meningkat, konferensi internasional dari Royal Collage of Obstetricians dan Gynaecologists .Dalam hasil konferensi tersebut setengah dari kanker lapisan rahim dipicu karena obesitas. Obesitas terbentuk karena pola hidup yang tidak sehat.

5. Hubungan seksual

Berganti-ganti pasangan dalam melakukan hubungan seksual menyebabkan seseorang memiliki resiko tinggi mengalami kanker serviks. Hal ini karena infeksi yang disebabkan virus dapat tertular dari alat kelamin laki-laki . Wanita yang telah terinfeksi virus penyebab kanker serviks akan mengalami rasa sakit saat berhubungan. Jika kondisi telah memasuki stadium lanjut terjadi pendarahan ketika berhubungan seksual.

6. Diet

Diet yang salah akan memicu timbulnya virus penyebab kanker serviks. Diet yang rendah akan konsumsi sayuran dan buah-buahan. Sehingga disarankan untuk anda yang ingin diet konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

7. Bahan kimia

Penggunaan bahan di kehidupan sehari-hari sering kali tidak kita sadari. Akan tetapi, jika kamu menyadari penggunaan sterefoam yang terlalu sering berbahaya. Sterefoam mengandung bahan kimia styrene bersifat karsinogenik menyebabkan kanker. Penggunaaan bahan kimia lainnya yaitu formaldehyde yang biasa digunakan dalam produk-produk tekstil dan plastik. Kandungan asam asritolochic pada produk herbal juga menyebabkan resiko kanker.

Maka berhati-hati ketika anda akan memilih makanan, minuman dan barang yang digunakan sehari-hari. Biasakan untuk hidup sehat dimulai hari ini !

Loading...

Follow us