data-ad-format="auto"

Pola Hidup Sehat Untuk Penderita Lupus

Penyakit lupus merupakan penyakit yang membahayakan. Penyakit lupus akan mengacaukan sistem kekebalan tubuh pada manusia sehingga akan menyerang tubuh sendiri. Selain itu penyakit lupus merupakan penyakit yang sulit dikenali gejalanya bahkan baru diketahui menderita lupus ketika penyakit sudah parah.

Penyakit lupus bukan merupakan penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme (kuman ataupun virus) sehingga bukan merupakan penyakit yang menular. Penting sekali penderita lupus atau odpus mendapatkan dukungan dari lingkungan sekitar untuk medapatkan motivasi kesembuhan. Penyakit lupus memang penyakit yang membutuhkan kesabaran dan dukungan dari lingkungan karena membutuhkan waktu yang cukup panjang dalam proses penyembuhan.

Penyakit lupus sulit dikenali gejala awalnya bahkan akan menyerang sesuai organ yang diserang oleh sistem imun tubuh. Apabila menyerang jantung maka gejala akan mirip penyakit jantung begitupula apabila menyerang paru-paru maka gejala akan mirip dengan penyakit paru-paru. Sedangkan untuk gejala khususnya diantaranya mengalami sakit pada sendi dan tulang pada penderita kemudian mengalami demam yang berkepanjangan dan mengalami anemia, infeksi dan cepat penderita mengalami kelelahan ketika melakukan aktivitas rutin. Sedangkan pada gejala tahap lanjut ditandai dengan bercak merah yang menyerupai kupu-kupu pada muka.

Pada artikel kali ini mengenai pola hidup yang dibutuhkan oleh penderita lupus yang akan membahas mengenai gizi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap membantu proses penyembuhan penyakit lupus. Selain itu pola hidup sehat dapat menentukan proses penyembuhan penderita lupus.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Penyakit Lupus dan Gizi Seimbang

Para penderita lupus atau odpus membutuhkan perhatian khusus.Penyakit lupus merupakan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga yang seharusnya menyerang benda asing (bakteri dan virus ) sedangkan pada penderita lupus menyerang tubuh sendiri. Sehingga penderita lupus seringkali mengalami pembengkakan, peradangan atau kerusakan organ tubuh seperti jantung, paru-paru, sendi dan kulit. Sebenarnya tidak ada makanan yang dapat memicu penyakit lupus ataupun dapat menyembuhkan penyakit lupus akan tetapi penyakit lupus berhubungan dengan kekebalann tubuh yang mana dibutuhkan nutrisi yang sangat baik dalam merawat penyakit lupus secara keseluruhan.

Penderita penyakit lupus disarankan untuk menjaga diet yang seimbang. Penyakit lupus dapat menyebabkan peradangan apabila salah dalam memilih makanan akan memperburuk peradangan. Sehingga mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat mencegah proses peradangan semakin buruk sangat dibutuhkan.
Salah satu contoh yang dibutuhkan oleh penderita penyakit lupus adalah kebutuhan kalsium.Penyakit lupus akan menyebabkan penderita kekurangan kalsium dari tulang sehingga lebih tinggi beresiko osteoporosis sehingga penyakit lupus membutuhkan asupan kalsium ekstra.

Berikut ini dapat diuraikan kebutuhan gizi yang seimbang yang dibutuhkan oleh penderita lupus sehingga membantu dalam mengurangi resiko pengembangan dari penyakit lupus :

1. Omega 3

Penderita penyakit lupus membutuhkan asupan omega 3. Penyakit lupus dapat mengakibatkan resiko penyakit jantung sehingga untuk mencegahnya dapat mengkonsumsi asam omega 3 yang bisa mengurangi peradangan sehingga membantu dalam melindungi jantung. Kandungan omega 3 didapat dari jenis ikan laut seperti tuna, salmon, mackerel dll.

2. Konsumsi Kalsium

Mengkonsumsi kalsium dapat membantu penderita lupus dalam penipisan tulang sehingga dapat membantu seseorang terhindar factures. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium sangat dibutuhkan penderita lupus. Sehingga dapat meningkatkan kesehatan tulang, maka konsumsi keju, susu, yogurt dan sayuran hijau seperti bayam.

3. Hindari makanan yang mengandung minyak jenuh

Makanan yang mengandung minyak jenuh akan memperburuk peradangan yang menyebaban penderita penyakit lupus mengalami resiko yang lebih berbahaya. Hindari makanan yang dipanggang, sup krim, daging merah, daging olahan, produk susu tinggi lemak, mentega, keju dan gorengan. Selain itu makanan yang terlalu tinggi mengandung asam omino akan menganggu peradangan sehingga harus dikurangi untuk penderita lupus.

4. Makanan yang mengandung Asam Folat

Sayuran hijau dan buah buahan dapat membantu untuk mengurangi resiko pengembangan penyakit lupus. Penderita lupus yang mengalami mual disebabkan obat dapat mengkonsumsi makanan kecil yang akan membantu dalam mengkonsumsi makanan yang dibutuhkan tubuh. Beberapa makanan kecil yang dapat mengenyangkan seperti biskuit dan roto gandum.

5. Menghindari Garam

Kandungan garam yang tinggi tidak baik untuk kesehatan. Selain itu garam dapat menggangu penderita lupus. Garam dapat meningkatkan tekanan darah dan  juga kandungan garam yang berlebihan meningkatkan resiko penyakit jantung. Bagi penderita penyakit lupus sebaiknya menghindari kandungan garam yang berlebih dan mengganti dengan rempah rempah lain seperti bawang putih, lemon atau lada.

6. Hindari Alfalfa

Alfalfa  termasuk di dalam keluarga kacang-kacangan. Tumbuhan ini mengandung L-canavatine yang mengandung asam amino. Asam amino yang terkandung pada jenis alfalfa jenis kacang dengan bunga berwarna ungu dan tumbuh sehingga satu meter akan mengakibatkan hiperaktif. Kandungan sistem imun di tubuh penderita lupus akan bertambah terganggu.

Penyakit lupus dan Pola Hidup Sehat

Pola hidup yang sehat dan berkualitas dapat dilatih setiap hari. Sehingga membutuhkan perencaan dan komitmen untuk membantu mewujudkannya. Untuk membantu penderita lupus memiliki pola hidup sehat, maka dapat melakukan cara cara dibawah ini :

1. Memiliki Pemikiran yang Sehat

Sikap, pikiran dan perasaan dapat mempengaruhi kesehatan. Salah satunya yaitu dengan berpikir positif. Para penderita odapus harus memiliki sikap yang fleksibel, jangan memaksakan diri sehingga diserang kekalahan yang akan membuat penderita semakin parah.Pada dasarnya perasaan dan pemikiran milik anda sehingga dapat diarahkan ke arah yang positif.

2. Tubuh yang sehat

Tubuh yang sehat dimulai dengan melengkapi kebutuhan gizi yang seimbang. Selain itu juga tubuh membutuhkan kesegaran jasmani. Penderita lupus sebaiknya tidak memaksakan diri terkena sinar matahari karena akan memperparah kondisi kesehatannya. Waktu istirahat harus ditentukan dengan menemukan aktifitas diri yang menyenangkan, menemukan motivasi diri dan mencatat perkembangan kesehatan anda sehingga termotivasi sembuh.

3. Belajar Mengelola Stress

Dukungan dari orang lain merupakan salah satu cara untuk mengelola stress. Apabila anda mengurangi kesulitan maka dapat dukungan dan mengelola stress dengan efektif. Sehingga penderita lupus berkaitan dengan kehidupan disekitarnya yang memberikan semangat untuk kesembuhan penderita lupus.

Dengan demikian makanan bukan merupakan penyebab lupus akan tetapi beberapa akibat kondisi tubuh yang disebabkan oleh lupus akan mengalami perubahan pada kondisi kesehatan yang semakin buruk. Kondisi kesehatan penderita lupus mengalami peradangan, kehilangan kalsium, anemia dan nyeri sendi. Sehingga dibutuhkan beberapa gizi dan nutrisi yang dapat membantu untuk mengurangi terjadinya gangguan kesehatan yang semakin buruk.

Selain itu pola hidup yang sehat akan membantu proses penyembuhan penderita lupus. Mereka akan membutuhkan motivasi dari lingkungannya. Dukungan yang baik dari keluarga dan teman teman sangat dibutuhkan sehingga membantu dalam mengurangi stress yang seringkali dialami oleh odapus. Inilah cara yang terbaik dalam mendukung penderita lupus cepat sembuh.

Loading...

Follow us