data-ad-format="auto"

Pola Asuh Penting yang Sebaiknya diterapkan Oleh Orangtua Karir

Peranan keluarga dalam hal mendidik anak usia dini adalah hal yang sangatlah penting.

Terutama pada jalur pendidikan informal anak sebelum mereka dikirim kesekolah untuk mendapatkan pendidikan formal. Selain itu, waktu yang banyak dihabiskan anak sebelum mereka masuk sekolah maupun saat mereka telah bersekolah umumnya banyak dihabiskan dirumah. Sehingga pengawasan dan perhatian dari kedua orangtuanya amat dibutuhkan.

 Peranan orangtua memiliki andil yang sangat besar dalam hal menentukan karakter dan memaksimalkan kecerdasan yang harus senantiasa dimiliki oleh seorang anak dimana pola asuh ini harus sudah diarahkan sejak anak masih berusia dini. Pola asuh tersebut meliputi berbagai hal seperti mendisiplinkan, memonitorkan, berkomunikasi dan mendorong pola asuh yang tepat yang sesuai dengan perkembangan mereka agar anak mampu mempersepsikan pola asuh yang yang diberikan kepadanya dengan baik.

Peran dan fungsi orangtua dalam keluarga tentunya beragam, salah satunya adalah mendidik anak. Pola asuh merupakan interaksi anak dan orangtua membimbing, mendidik, mendisiplinkan mereka serta melindungi anak-anak untuk dapat mencapai kedewasaan sesuai dengan norma yang berlaku dalam masyarakat.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Setiap orangtua memang memiliki pola asuh tersendiri yang diterapkan pada anak-anak mereka. Pola pengasuhan inilah yang ikut mempengaruhi tumbuh kembang anak. Hanya saja, pada praktikanya ada banyak anak yang kurang mendapatkan perhatian dari orangtunya, hal ini dikarenakan orangtua mereka sibuk berkarir dengan pekerjaannya. Sementara itu, diusia ini anak masih begitu membutuhkan peran dan perhatian orangtuanya, terutama untuk perkembangan kepribadiannya. Peranan orangtuanya diusia ini seharusnya mampu menjadi pembimbing dan mengenalkan anak pada berbagai hal baru guna mengenal dan membedakan mana hal yang boleh dan tidak boleh mereka lakukan.

pola asuh orangtua karir

Dengan tidak adanya bimbingan dari orangtua membuat rasa penasaran dan keinginan mencoba berbagai hal baru dalam hidupnya tidak akan terkontrol dengan baik. Sehingga tidak heran jika saat ini banyak kita jumpai berbagai penyimpangan norma yang dilakukan anak dibawah umur yang mana diusia mereka tidak seharusnya hal tersebut mereka alami. Dan riset menunjukan kebanyak anak-anak yang melakukan hal tersebut dilatarbelakangi dengan tanpa sepengetahuan orangtua dan kurangnya perhatian dari kedua orangtua mereka karena sibuk dikantor.

Anda tentu tidak ingin jika hal yang serupa menimpa putra dan putri anda yang masih kecil dirumah bukan? Untuk itu, beberapa poin berikut akan membantu ibu dan orangtua diluar untuk mendidik anak-anak dirumah.

1. Kurangi Terlalu Memanjakan Anak

Tindakan kita yang seringkali tidak bisa menemani sebagian besar waktu anak dan tidak mampu berada disamping mereka setiap kali mereka membutuhkan kita seringkali membuat kita merasa berdosa dan memilih menebus hal tersebut ngn mengabulkan segala keinginan anak, bahkan hal-hal yang tidak mereka butuhkan sekalipun akan dengan mudah kita berikan.

Namun tahukah anda, dengan memberikan fasilitas mewah dan barang-barang berharga untuk mencukupi kebutuhan anak-anak, tidak menjadikan perkembangan mereka menjadi lebih baik. Bahkan sebaliknya, dengan selalu memberikan dan menuruti keinginan anak hal ini akan membuat anak mengasumsikan bahwa anda hanyalah tambang emas mereka yang bisa mereka mintai kapanpun mereka inginkan.

Selain tidak menjadikan anak mandiri, hal ini juga akan menjadi bumerang untuk anda para orangtua. Percayalah anak-anak yang terlalu sering dimanjakan akan melahirkan anak yang tidak patuh, sering membangkang dan bahkan tidak bisa menghargai oranglain. Jangankan menghargai kehidupan, menghargai anda ayah dan ibunya saja akan diragukan. Untuk itulah, hentikan memberikan barang-barang mewah untuk anak. Sebaliknya cukupi kebutuhannya saja, jangan terus menerus memenuhi keinginan anak yang sebenarnya kurang berguna dan berfaedah.

2. Ciptakan Pola Asuh yang Demokratis

Pola asuh demokratis adalah pola asuh yang menciptakan keseimbangan antara hak dan kewajiban orangtua dan anak. Dalam pola asuh ini kedudukan orangtua adalah sebagai pemegang dan pembuatan peraturan tertinggi dimana pertaturan tersebut diberlakukan secara tegas dan berlaku sanksi untuk setiap pelanggaran yang terjadi. Namun demikian, hubungan orangtua dan anak tetaplah terjalin dengan hangat dan harmonis dengan tetap memberikan ruang untuk anak bisa menyuasakan aspiprasi dan bebas bereksplorasi.

Dengan menciptakan pola asuh ini, anda sebagai orangtua harus mampu menjalankan kewajiban dengan sebaik-baiknya sehingga hak-hak anda akan didapat dengan tanpa tekanan. Begitupun dengan anak-anak anda. Pola Asuh ini akan dapat mengajarkan anak untuk bertanggung jawab terhadap apa yang telah mereka lakukan.

Dengan pola asuh ini jika anak bersikap baik, maka mereka akan medapatkan pujian dan penghargaan dari orangtua mereka, sementara jika mereka berbuah tidak baik yang melanggar peraturan yang telah ditetapkan, maka konsekuensinya mereka tanggung sendiri.

3. Menyempatkan Waktu Berkualitas dengan Buah Hati diwaktu Luang

Seringkali pekerjaan yang menumpuk dan waktu yang terbatas dari Senin hingga Jumat membuat kita sulit sekali bisa bermain dengan si kecil bahkan rasanya susah sekali ingin berjumpa dan mengobrol dengan sang buah hati ketika jam bekerja masih terus berjalan. Namun, setibanya waktu liburan datang, seringkali kita merasa lelah dan ingin memanfaatkan waktu liburan untuk bisa bersantai dirumah dan lebih memilih menyewa jasa pengasuh anak agar kegiatan beristirahat dirumah tidaj bisa diganggu si kecil.

Namun sebenarnya keliru, dengan melakukan hal ini sama artinya dengan anda memberikan jarak yang akan menjauhkan anda dari si kecil. Untuk itulah, cobalah luangkan waktu dan manfaatkan waktu liburan tersebut untuk bisa bercengrama dengan si buah hati tercinta. Setelah satu pekan penuh si kecil tentu akan rindu belaian manja dari anda, inilah saatnya anda bisa memanfaatkan waktu berkualitas bersama dengan mereka.

Manfaatkan waktu tersebut dengan bermain bersama dengan si kecil, memancing bersama si kecil, memasak, atau bahkan berkebun bersama yang akan membuat mereka merasa nyaman berada didekat anda.

Sebagai orangtua adalah kewajiban kita untuk bisa menafkahi anak-anak agar kebutuhan hidup mereka bisa ditunjang dengan baik. Namun disamping itu, kewajiban yang tak kalah penting dilakukan adalah dengan mendidik dan mengasuh si kecil dirumah. Nah, cara diatas diharapkan mampu membantu anda para orangtua dalam mendidik anak meskipun anda adalah orangtua karir yang sulit meluangkan waktu bersama degan si buah hati.

Loading...

Follow us