Perut Kembung Saat Hamil, Berikut 8 Cara Mengatasinya dengan Efektif

Perut Kembung Saat Hamil – Kehamilan merupakan masa yang ditunggu-tunggu oleh pasangan yang sudah menikah. Menjaga kesehatan tentu akan dilakukan semaksimal mungkin agar ibu dan bayi tetap sehat. Hanya saja, tidak jarang ibu hamil mengalami berbagai keluhan. Salah satu keluhan yang kerap dialami yaitu perut kembung.

Kondisi perut kembung saat hamil akan dapat menyebabkan ibu hamil tidak nyaman, bahkan hingga mempengaruhi nafsu makan. Perut kembung itu sendiri merupakan kondisi saat perut terasa kencang dan penuh. Kondisi perut kembung ini bisa dialami kapan saja selama masa kehamilan.

Kondisi perut kembung pada ibu hamil tidak boleh dibiarkan. Kondisi yang tidak nyaman akan dapat mempengaruhi pertumbuhan janin dalam kandungan. Nah, untuk membantu mengatasi perut kembut saat hamil, beberapa cara mudah dan alami berikut ini bisa anda coba.

Perut Kembung Saat Hamil

Baca juga : Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil dengan Mudah

Penyebab Perut Kembung Saat Hamil

Penyebab ibu hamil mengalami perut kembung bermacam-macam seperti berikut ini:

Meningkatnya Hormon Progesteron

Kenaikan hormon progesteron akan dapat melemaskan jaringan otot pada sistem pencernaan. Kondisi otot yang lemas akan membuat kerja organ pencernaan menjadi lambat dalam mencerna makanan. Hal ini akan dapat menyebabkan produksi gas meningkat dan perut kembung.

Pembesaran Rahim

Usia kehamilan yang semakin bertambah akan dapat memicu terjadinya perut kembung pada ibu hamil. Kondisi ini dapat terjadi disebabkan karena meningkatnya tekanan pada rongga perut karena rahim yang membesar yang mengakibatkan sistem pencernaan menjadi lambat, sehingga akibatnya gas yang terbentuk akan menjadi semakin banyak.

Konsumsi Makanan yang Tidak Tepat

Konsumsi makanan tertentu akan dapat menyebabkan perut kembung. Ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan terbentuknya gas pada ibu hamil. Hindari konsumsi makanan ini untuk mencegah perut kembung pada ibu hamil.

Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil

Pada umumnya perut kembung tidak memerlukan pengobatan medis khusus. Kondisi ini dianggap normal dan dengan sendirinya bisa mereda menggunakan perawatan di rumah. Nah, di bawah ini beberapa cara mengatasi perut kembung saat hamil.

Makan Dalam Porsi Kecil Namun Sering

Perut Kembung Saat Hamil

Agar perut anda tidak kembung ketika hamil, anda sebaiknya menghilangkan kebiasaan makan dalam porsi besar. Ubah kebiasaan anda tersebut dengan makan dalam porsi kecil namun sering. Makan banyak dalam waktu cepat akan membuat sistem pencernaan membutuhkan waktu yang semakin lama untuk mengolahnya dengan baik. Terutama saat hamil, perubahan hormon yang terjadi akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih lambat. Usus akan menjadi sulit mencerna makanan dalam jumlah banyak pada waktu bersamaan.

Jika makanan yang menumpuk pada usus semakin banyak dan lama, maka gas yang dihasilkan akan semakin banyak. Efeknya gas akan terus tertahan dalam perut yang menyebabkan kembung.

Oleh karena itu, sebagai cara untuk mengatasi dan mencegah perut kembung, anda harus makan sedikit namun sering. Selain itu, anda harus makan dengan perlahan dan stabil. Apabila makan terlalu cepat, maka udara yang masuk ke dalam sistem pencernaan akan menjadi banyak, dampaknya akan membuat perut kembung.

Konsumsi Makanan Sehat

Perut Kembung Saat Hamil

Konsumsi makanan harus diperhatikan ketika anda hamil. Untuk membantu mengatasi perut kembung saat hamil, beberapa tips makan di bawah ini dapat anda simak.

  • Pilihlah makanan dengan kandungan serat. Serat akan menyerap air pada sistem pencernaan, melunakan kotoran dan pembuangan feses menjadi lancar. Beberapa makanan dengan kandungan serat yang dapat menjadi menu pilihan sehari-hari ibu hamil yaitu buah-buahan seperti pisang, serta sayuran.
  • Selain itu, anda harus menghindari konsumsi makanan berminyak. Makanan ini akan dapat membuat proses pencernaan lambat yang dapat menyebabkan perut kembung.

Hindari Makanan yang Dapat Menyebabkan Kembung

Perut Kembung Saat Hamil

Ibu hamil memang disarankan makan sering namun porsinya kecil untuk mencegah perut kembung. Selain itu, ibu hamil juga disarankan untuk memilih makanan yang tepat.  Beberapa makanan dapat menyebabkan perut kembung.

Sebagai cara mencegah dan mengatasi perut kembung pada ibu hamil, anda harus menghindari makanan tersebut. Adapun beberapa makanan yang dapat menyebabkan penumpukan gas pada pencernaan di antaranya yaitu kembang kol, brokoli, kangkung, kacang-kacangan dan sawi hijau.

Minum Banyak Air

Perut Kembung Saat Hamil

Minum air dalam jumlah yang cukup dalam setiap harinya akan dapat membuat sistem pencernaan menjadi lancar dan mencegah ibu mengalami sembelit. Sembelit biasanya sering disertai dengan perut kembung.

Oleh karena itu, anda harus banyak minum 8 hingga 10 gelas dalam setiap harinya. Selain itu, hindari mengonsumsi soda dan alkohol yang akan menyebabkan meningkatnya gas pada sistem pencernaan.

Mengatasi Stres dengan Baik

Perut Kembung Saat Hamil

Cemas atau stres saat hamil juga ternyata dapat menyebabkan perut kembung. Ketika sedang stres atau cemas akan membuat anda makan lebih banyak, serta makan lebih cepat tanpa disadari. Sehingga makanan yang mengendap akan semakin banyak dan membuat udara pada perut semakin banyak. Sebagai cara mengatasi stres dengan baik, anda bisa ikuti langkah berikut ini.

  • Anda disarankan tetap rileks, santai dan menjauhi hal yang dapat menyebabkan cemas.
  • Selain itu, perbanyak istirahat agar tubuh dan pikiran rileks, misalkan dengan tidur siang, mendengarkan musik favorit atau meditasi.

Rutin Melakukan Olahraga Saat Hamil

Perut Kembung Saat Hamil

Melakukan olahraga di masa kehamilan baik untuk kesehatan ibu, serta bayi dalam kandungan. Namun, pastikan anda memilih olahraga yang aman dilakukan saat hamil.

  • Melakukan olahraga ringan seperti jalan santai akan dapat membantu membuat sistem pencernaan lancar, sehingga masalah perut kembung bisa diatasi.
  • Selain itu, anda dapat ikut kelas yoga untuk ibu hamil agar lebih nyaman dan rileks ketika hamil.

Menggunakan Pakaian yang Longgar

Perut Kembung Saat Hamil

Saat hamil ibu sebaiknya menggunakan pakaian yang nyaman dan hindari menggunakan pakaian yang ketat. Pasalnya menggunakan pakaian yang ketat diketahui dapat memicu perut kembung pada ibu hamil.

Oleh karena itu, sebagai cara agar terhindar dari perut kembung, anda harus menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman saat digunakan.

Membatasi Konsumsi Susu Serta Produk Olahan Susu

Perut Kembung Saat Hamil

Produk olahan susu akan dapat memicu munculnya gas pada seseorang yang memiliki intoleransi laktosa.  Jika kembung dan begah yang anda alami memiliki kaitannya dengan konsumsi susu, cara mengatasi kondisi ini yaitu dengan memilih susu bebas laktosa ataupun susu kedelai dengan kandungan kalsium. Akan tetapi jika anda memilih tidak minum susu, jika diperlukan anda bisa mendapatkan suplemen kalsium dari dokter.

Walaupun perut kembung normal dialami ketika hamil, namun anda tetap harus waspada jika disertai dengan gejala lainnya. Jika kembung disertai dengan sembelit selama seminggu lebih atau disertai sakit pada pinggul, anda harus segera melakukan konsultasi pada dokter.

Lihat juga : Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

Itulah beberapa cara mengatasi perut kembung saat hamil yang bisa anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply