Perut Begah, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Beberapa kondisi tertentu dapat menyebabkan aktivitas terganggu, salah satunya perut begah. Kondisi ini umum dialami oleh banyak orang. Perut begah merupakan kondisi perut yang penuh, kencang, padat dan tidak nyaman.

Perut begah

Beberapa Hal yang Menyebabkan Perut Begah

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan perut terasa begah. Agar anda bisa menghindarinya, simak beberapa penyebabnya berikut ini.

Mengonsumsi Makanan Tertentu

Mengonsumsi makanan tertentu bisa menyebabkan perut terasa kencang dan penuh. Mengonsumsi makanan yang sulit untuk dicerna dapat menyebabkan masalah seperti itu. Ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan perut begah di antaranya yaitu brokoli, kembang kol dan kacang-kacangan yang di dalamnya terkandung karbohidrat kompleks sehingga usus memerlukan waktu lama untuk mencernanya. Ketika makanan tersebut masih mengendap pada perut anda, karbon dioksida dan gas hidrogen akan dihasilkan oleh bakteri yang terdapat pada usus sehingga menyebabkan perut anda kembung.

Tidak hanya itu saja, mengonsumsi banyak makanan yang mengandung lemak juga akan dapat menyebabkan perut anda bergas. Pasalnya perut memerlukan waktu yang cukup lama dalam memecah lemak. Selain itu, beberapa makanan lainnya yang dapat menyebabkan perut kembung yaitu keju, susu atau es krim. Perut anda juga akan terasa kencang dan bergas setelah anda minum bir atau soda.

Menelan Udara Banyak

Ketika tubuh terlalu banyak menelan udara maka perut akan terasa begah, misalkan pada saat anda makan sambil ngobrol, makan dengan cepat dan lain sebagainya. Sebenarnya usus menghasilkan gas pada perut dan ini merupakan proses normal jika gasnya jumlahnya tidak berlebihan. Hanya saja, jika gas di dalam perut semakin banyak, maka akan menyebabkan perut kembung dan padat.

Menstruasi

Menstruasi juga dapat menyebabkan perut terasa begah. Pada umumnya wanita akan merasakan perutnya padat dan kencang beberapa hari sebelum menstruasi, serta selama masa menstruasi.

Bakteri

Penyebab lainnya yaitu karena adanya pertumbuhan bakteri pada usus kecil dengan berlebihan. Pertumbuhan bakteri yang berlebih pada usus akan membuat produksi gas menjadi meningkat sehingga perut akan terasa begah dan tidak nyaman.

Selain beberapa penyebab di atas, kondisi ini juga bisa disebabkan karena penyakit tertentu. Adapun beberapa penyebab perut begah lainnya seperti berikut ini.

  • Sembelit. Sembelit akan dapat menyebabkan perut terasa penuh. Feses yang sulit keluar akan menyebabkan perut anda terasa penuh dan keras.
  • Irritable bowel syndrome. Ini merupakan gangguan pada sistem pencernaan jangka panjang yang umum terjadi. Kondisi ini dapat menimbulkan beberapa gejala seperti perut kembung, diare atau konstipasi, perut sakit dan kram, mual, sakit kepala, sering buang gas dan bersendawa dan lain sebagainya.
  • Celiac. Ini merupakan penyakit yang menyerang usus kecil. Penyakit ini ditandai dengan perut padat, penuh dan keras, serta sembelit.
  • Radang usus. Penyakit radang usus terjadi karena lapisan saluran pencernaan mengalami peradangan.
  • Gastroparesis. Gastroparesis merupakan masalah pencernaan dengan ciri-ciri lambatnya pergerakan makanan dari usus kecil ke usus besar. Sehingga kondisi ini akan dapat membuat makanan tersebut menghasilkan gas yang dapat memicu terjadinya perut kembung.
  • Penyakit kanker pada pencernaan, misalkan kanker lambung, usus besar, dan pankreas.

Ciri-Ciri Perut Begah

Kondisi perut yang begah akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman karena perut yang terasa penuh, padat bahkan terasa sakit. Selain itu, kondisi ini juga dapat ditandai dengan beberapa gejala seperti berikut ini.

  • Perut jadi besar. Perut yang terasa padat dan penuh akan dapat menyebabkan perut terlihat besar dan keras. Kondisi ini disebabkan karena penumpukan sisa makanan dan gas dalam perut.
  • Kentut. Kondisi perut begah akibat gas di dalam perut dapat membuat penderitanya buang angin. Buang angin atau kentut menjadi cara tubuh untuk membuang gas yang terdapat dalam perut. Angin yang keluar ketika kentut merupakan gas yang dihasilkan sisa makanan yang tidak dicerna.
  • Bersendawa. Selain kentut, penderitanya juga dapat mengalami sendawa. Sendawa dapat menjadi salah satu ciri perut sedang begah atau kembung. Sendawa juga menjadi proses untuk mengeluarkan gas dari dalam perut. Karena perutnya bergas, penderitanya dapat sendawa terus menerus.
  • Sakit perut. Penumpukan gas di bagian kanan atas usus besar akan membuat penderitanya merasa sakit ataupun kram. Sedangkan apabila penumpukan gas berada di kiri atas usus besar, maka rasa sakit yang dialami oleh penderitanya bisa saja menjalar ke bagian dada.

Cara Mengatasi Perut Begah

Ketika perut anda terasa begah, anda bisa melakukan beberapa cara ini untuk membantu mengatasinya.

Melakukan Aktivitas Ringan

Kondisi perut begah tentunya akan membuat anda merasa tidak nyaman. Kondisi ini bisa anda atasi dengan melakukan aktivitas ringan. Melakukan aktivitas ringan akan dapat membuat pergerakan usus menjadi lebih lancar. Anda bisa melakukan aktivitas seperti jalan santai baik ketika pagi ataupun sore hari.

Jika usus kerjanya lancar dalam memindahkan makanan, maka gas yang terdapat dalam perut akan dapat keluar dengan teratur melalui buang angin atau kentut. Tidak hanya itu, kerja usus yang lancar akan mencegah terjadinya sembelit, sebab kerja usus yang lancar akan membuat frekuensi buang besar anda menjadi lancar.

Selain itu, aktivitas lainnya yang dapat anda lakukan yaitu dengan melakukan yoga. Yoga akan membuat otot perut terangsang untuk bekerja dengan maksimal untuk mengeluarkan gas yang berlebih pada perut. Nah, untuk anda yang mengalami kondisi perut yang terasa penuh atau begah anda bisa mencoba melakukan aktivitas tersebut.

Berendam Dengan Menggunakan Air Hangat

Untuk mengurangi perut terasa begah anda bisa mencoba berendam dengan menggunakan air hangat. Berendam dengan air hangat akan dapat membantu mengurangi stres. Stres memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan. Ketika stres fungsi sistem pencernaan menjadi tidak baik sehingga akan menyebabkan terganggunya proses pengeluaran gas.

Mengonsumsi Makanan Sehat Berserat

Asupan makanan harus anda perhatikan. Untuk membantu mengatasi perut begah, anda dapat mengonsumsi makanan berserat. Serat dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Ketika anda mengalami kondisi ini anda bisa mengonsumsi makanan sehat yang mengandung serat seperti biji-bijian, pepaya, serta makanan yang terbuat dari gandum utuh.

Melakukan Pemeriksaan Pada Dokter

Jika kondisi perut kembung anda tidak kunjung sembuh meskipun telah melakukan perawatan di atas, anda bisa melakukan pemeriksaan pada dokter. Dokter mungkin akan meresepkan obat untuk anda sesuai dengan kondisi yang anda alami.

Untuk mencegah perut begah anda bisa menghindari beberapa penyebabnya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Anda harus mewaspadai kondisi perut begah jika tidak kunjung sembuh. Selain itu, anda juga harus waspada jika kondisinya disertai dengan gejala seperti diare, demam, sakit perut, berat badan menurun dan buang air besar berdarah. Jika anda mengalami kondisi ini sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada dokter.

Advertisement
Punya pertanyaan seputar tema artikel? yukk kita diskusikan, klik >> Forum Diskusi & Konsultasi

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply