data-ad-format="auto"

Pertolongan Pertama Pada Penderita Asma yang Mendadak

Dada yang terasa sesak, nafas yang terengah-engah, disertai dengan batuk yang berat dan juga rasa panik yang menjalar.

Ini adalah beberapa gejala dari penyakit asma. Ya, bagi anda para penderita asma, anda mungkin sudah paham betul bagimana resiko serangan sama bisa datang kapan saja dan datang dengan mendadak. Bak seperti seorang ninja yang datang mengendap-endap tanpa diketahui, lalu muncul secara tiba-tiba dan menyerang dengan mendadak, itulah kurang lebihnya gambaran serangan asma. Banyaknya pemicu kambuhnya asma yang hampir sebagian besarnya datang dari lingkungan membuat, serangan asma inilah yang semakin kita takutkan datang dimana saja.

Tentu dampaknya tidak akan terlalu menyeramkan saat asma kambuh ketika anda berada bersama dengan orang lain atau dirumah ketika keluarga atau orang terdekat anda bersama dengan anda. Akan tetapi, apa jadinya jika serangan asma menyerang anda saat anda seorang diri atau berada di sebuah ruangan dimana tidak ada orang didalamnya.

kenali jenis asma dan cara penangannya

Mengingat serangan asma ini membuat penderitanya kesulitan sampai kesulitan ujntuk bernapas, maka mungkin hal ini akan membuat anda sulit bergerak bahkan untuk menjangkau obat-obatan penangkal asam yang telah dokter berikan untuk anda. Benar-benar menakutkan bukan? Apalagi hal yang paling menyeramkan dari serangan penyakit asma bukan saja rasa sakit yang ditimbulkannya. Akan tetapi ketidakmampuan si penderita itu sendiri untuk melakukan pertolongan pertama pada dirinya.

Penyakit asma dapat terjadi akibat adanya inflamasi pada saluran pernapasan yang diakibatkan bagian ini terlalu sensitif terhadap suatu rangsangan. Akbitnya yang terjadi adalah saluran pernapasan yang menjadi sempit, belum lagi keadaan ini akan semakin parah dengan produksi lendir yang lebih banyak. Penderita akan merasakan kesulitan untuk bernapas atau menghembuskan napasnya seperti biasa.

Ada berbagai macam pemicu yang bisa menyebabkan timbulnya atau kambuhnya penyakit asma. Bukan hanya bagian dari penyakit genetik yang diturunkan dari riwayat keluarga yang memiliki penyakit yang sama, penyakit asma bisa timbul sebagai bagian dari reaksi alergi. Penyakit asma jenis ini disebut dengan penyakit asma alergi (Allergic Asthma).

Adapun tanda-tanda dari penyakit asthma jenis ini adalah terlihat sulit bernapas dengan periode hembusan napas yang panjang. Terkadang, si penderita akan disertai dengan bunyi mengi saat menghembuskan napas, perasaan cemas, kulit wajah yang memucat dan bahkan sampai membiru.

Jika kondisi asma seperti ini kambuh, maka penting sekali mengetahui cara bagaimana mengatasi dan menangani asma itu sendiri. Penanganan asma yang terbaik memang lebih baik diserahkan pada tenaga medis ahli. Akan tetapi, tetap saja perawatan penyakit ini akan bergantung pada anda sendiri atau pada keluarga yang menangani anda.

Selain itu, anda pun tentunya tidak akan selamanya berada dalam pengawasan dokter. Untuk itu, mengetahui pemberian pertolongan pertama pada penyakit asma adalah cara yang penting. Poin ini pun bukan hanya berlaku untuk para penderita asma saja, bagi anda yang tidak memiliki riwayat penyakit asma pun tidak ada salahnya anda mengetahui cara memberikan pertolongan pada penderita asma agar anda bisa membantu mereka para penderita asma. Penanganan dengan segera akan setidaknya dapat meredakan rasa panik yang membuat keadaan menjadi lebih tenang. Ketika penderita asma bisa mengatur dan mengendalikan kepanikannya dengan baik, maka mereka akan dapat mengatur napasnya dengan lebih baik.

Selain itu, untuk mengenali penderita asma biasanya para penderita akan dengan siaga membawa inhalernya kemana-mana. Inhaler adalah obat hirup yang berfungsi untuk melegakan pernapasan saat gejala asma timbul dan mencegah kondisi terburuk terjadi. Nah, bila seseorang atau orang disekitar anda mengalami serang asma dengan mendadak, bersiaplah untuk membantu mereka memberikan pertolongan.

Nah, untuk mengetahui langkah-langah pertolongan pertama pada penderita asma, berikut ini hal yang bisa dilakukan.

Pertolongan Pertama Pada Penderita Asma

1. Tetap Tenang dan Bantu Penderita Gunakan Inhaler

Hal paling pertama yang bisa dilakukan untuk membantu penderita asma meredakan gejala yang sedang diregakan adalah dengan mengontrol kepanikan yang sedang terjadi. Ketika asma kambuh mendadak di tengah kerubunan banyak orang, baisanya orang lain yang melihat akan secara otomatis menjerit atau berteriak karena terkejut. Tahukah anda, hal ini malah akan membuat kepanikan semakin meningkat dan membuat si penderita pun ikut panik. Tahukah anda, kepanikan yang diderita oleh si penderita asma malah akan memperburuk gejala yang sedang dirasakannya.

Untuk itulah, cobalah redakan kepanikan anda, orang-orang sekitar anda dan minta pula si penderita untuk tetap tenang. Bila perlu, yakinkan pada penderita bahwa semuanya baik-baik saja dan anda akan membantu mereka. Dengan begini, si penderita akan merasa terbantu untuk meredakan paniknya dengan perlahan. Setelah ia tenang, tanyakan pada si penderita dimana mereka menyimpan inhalernya, setelah itu baru bantu ia untuk memnggunakan inhlaernya. Hanya saja, jika si penderita ternyata tak membawa inhaler bersamanya atau obat-obatan yang biasa digunakan untuk meredakan asma yang dideritanya, maka sebaiknya segera bawa ia ke klinik terdekat untuk segera mendapatkan pertolongan pertama yang lebih tepat.

2. Gunakan Ihaler Setiap 5-10 Menit

Inhaler merupakan obat pengontrol gejala asma yang saat ini dianggap sebagai obat yang efektif. Inhaler memiliki kandungan aagonis reseptor beta-adrenergik yang efektif meredakan asma. Efek yang diberikan oleh inhaler untuk penderita asma biasanya akan dapat dirasakan setelah beberapa menit. untuk itulah, bantulah penderita serangan asma sesering mungkin. Jika penderita asma adalah orang terdekat anda, ingatkan mereka untuk menghirup inhaler minimal 5-10 menit sekali. Apabila intensitas serangan asmanya cukup ringan, umumnya inhaler dan obat-obatan pengontrol asma akan cukup untuk dapat meredakan serangan asma yang terjadi.

3. Minta Bantuan Medis Segera

Apabila anda mendapati seseorang terkena serangan asma dan anda sudah melakukan segala cara untuk dapat meredakan sakit yang dirasakan. Akan tetapi, dampaknya sia-sia. Maka segera minta bantuan medis untuk membantu anda meredakan pasien. Minta ambulan untuk segera menjemput pasien. Selain itu, sambil anda bisa membantu mereka berada di posisi paling nyaman.

Kondisi yang tidak nyaman dengan panik yang luar biasa akan membuat gejala asma yang dirasakan semakin parah. Posisikan duduk lebih baik dibandingkan dengan berbaring agar si pasien bisa lebih mudah untuk bernapas dengan perlahan. Serangan asma paling parah umumnya bisa dilihat dari kondisi pasien yang muali kepayahan dengan kondisi wajah yang pucat dan bahkan timbulnya warna biru dibagian wajah dan kesulitan untuk berbicara.

Penyakit asma yang timbul pada seseorang biasanya akan membuat si penderita kesulitan menanganinya. Untuk itulah, mereka akan membutuhkan bantuan oranglain dalam memberikan pertolongan pertama. Beberapa cara memberikan pertolongan pertama diatas, diharapkan bisa memberikan pengetahuan untuk anda bisa memberikan bantuan pada para penderita asma.

Bella Julianti
Author: Bella Julianti
Hobi membaca dan seringkali mendapatkan banyak inspirasi dari bacaannya. Menjadi penulis sejak 5 tahun yang lalu dan senang dengan segala macam topic yang baru, termasuk hal-hal menarik tentang kesehatan, kecantikan dan masih banyak lagi. Menulis adalah media terbaik mengekspresikan banyak hal dari banyak sudut pandang. Itulah mengapa, belajar dan terus mengasah kemampuan tak pernah ada habisnya.


Follow us