Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Lakukan Pemasangan Gigi Palsu

Permasalahan pada gigi dan mulut pada sebagian orang seringkali dianggap sebagai masalah yang sepele. Namun sebenarnya tidak demikian, sama dengan organ-organ penting lainnya yang ada di dalam tubuh. Gigi dan mulut yang mengalami kerusakan akan dapat menimbulkan masalah yang cukup besar.

Salah satunya adalah ketika gigi kita ompong atau tanggal. Selain membuat anda kesulitan untuk mengunyah makanan dengan baik. Kondisi gigi yang ompong akan tentu menyebabkan kondisi yang tidak percaya diri. Nah, salah satu solusi untuk mengatasi gigi ompong adalah melakukan pemasangan gigi palsu.

Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Lakukan Pemasangan Gigi Palsu

Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Lakukan Pemasangan Gigi Palsu

Nah, bila anda adalah salah satunya empunya gigi ompong dan hendak melakukan prosedur pemasangan gigi palsu. Maka di bawah ini adalah beberapa persiapan yang perlu anda ketahui terlebih dahulu.

Berkonsultasi dengan Dokter Gigi

Ketika anda mendapati gigi anda ompong, tentu kesan pertama yang anda dapati adalah pemandangan yang kurang menarik. Seketika mungkin kecantikan diri anda menjadi menghilang dan yang anda dapati adalah pemandangan yang aneh. Anda mungkin tidak akan berani tersenyum lebar, apalagi sampai membuka mulut anda karena khawatir orang lain menyaksikan pemandangan yang memalukan ini.

Meski pemasangan gigi palsu adalah solusi yang ideal untuk memperbaiki gigi yang ompong. Namun tidak serta merta hal ini bisa anda lakukan dengan sembarangan. Bagaimanapun anda perlu mengkonsultasikan masalah ini bersama ahlinya yakni dokter gigi.

Lewat konsultasi dengan dokter gigi, biasanya dokter akan memeriksa keadaan gusi beserta tulang penyokong gigi guna menentukan rencana perawatan yang tepat dan sesuai dengan kondisi anda saat ini. Pemeriksaan ini mungkin bisa melibatkan rontgen mulut, CT scan dan masih banyak lagi. Selain itu, dokter pun bisa mungkin melakukan pemeriksaan fisik dan pencitraan serta menanyakan riwayat kesehatan medis anda secara menyeluruh.

Sampaikan Pada Dokter Bila Anda Sedang Dalam Treatment Obat

Hal lain yang perlu diperhatikan dengan baik sebelum melakukan metode pemasangan gigi palsu adalah mempertimbangkan kondisi tubuh anda. Jadi sampaikan semua keluhan kesehatan anda yang mungkin bisa mempengaruhi pemasangan gigi palsu pada kondisi kesehatan yang sudah terlanjur anda alami.

Hal ini akan tentu menjadi pertimbangan lain untuk menentukan tindakan lain yang lebih tepat dan aman untuk mengatasi masalah gigi yang sedang anda hadapi saat ini. Selain itu, bila anda sedang dalam treatment obat-obatan maka dokter wajib tahu dengan masalah yang satu ini.

Jangan karena dokter tidak menanyakan kondisi ini lantas anda diam-diam saja. Dikhawatirkan konsumsi obat-obatan tersebut malah memberikan pengaruh buruk pada pemasangan gigi yang anda lakukan.

Cabut Gigi

Pada kasus lain, sebelum melakukan proses pemasangan gigi palsu anda mungkin perlu melakukan metode cabut gigi terlebih dahulu. Hal ini biasanya dilakukan apabila letak atau lokasi pertumbuhan gigi mempengaruhi pemasangan gigi yang berisiko. Maka biasanya dokter akan merencanakan pencabutan gigi terlebih dahulu sebelum memasang gigi palsu.

Akan tetapi, bila kondisi gigi dan mulut disekitaran lokasi pemasangan dalam keadaan baik dan tidak ada kendala maka pemasangan gigi palsu baru akan bisa dilakukan.

Nah, itulah dia beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum anda melakukan prosedur pemasangan gigi palsu. Catatan penting yang perlu diperhatikan sebaiknya lakukan pemasangan gigi palsu di dokter yang sudah terpercaya dan hindari memasang gigi palsu di tukang gigi yang tidak jelas sebab tentu hal ini akan berisiko untuk keselamatan anda.

Leave a Reply