Perkembangan Janin Usia 23 Minggu

Seiring dengan perkembangan lain yang mulai terus berjalan, buah hati anda kini sudah mulai nampak seperti seorang manusia mungil yang akan siap dilahirkan ke dunia. Wajahnya pun sudah mulai terbentuk dengan sempurna dan bahkan kini puting pada bagian tubuhnya sudah mulai tumbuh, meski pun masih terlihat begitu kecil dan ukurannya seperti sebuah titik, namun demikian bagian ini tentu akan terus berkembang sehingga pada saatnya tiba, bagian puting pada si bayi akan mulai terbentuk dengan sempurna.

Miliaran sel otak pada bayi sudah mulai terbentuk dan terhubung menjadi jaringan yang begitu kompleks.

Perubahan yang Terjadi Pada Ibu Hamil Usia 23 Minggu

Sama halnya dengan perkembangan janin dalam perut anda yang terus mengalami perkembangan dan perubahan. Hal serupa akan pula ibu hamil rasakan seiring dengan terus berjalan dan bertambahnya usia kehamilan anda.

Akan tetapi, tak perlu khawatir sebab pada usia minggu ini anda tidak lagi akan merasakan gejala-gejala awal kehamilan yang cukup menyiksa seperti halnya mual, muntah, lemas dan gejala lainnya. Sebaliknya, pada masa ini tubuh anda akan merasa lebih nyaman dengan kondisi hamil saat ini, sebab pada usia ini tubuh anda sudah mulai bisa beradaptasi beraktivitas dengan kondisi perut yang semakin membesar.

Ada banyak hal yang terjadi dengan tubuh anda pada usia kehamilan ini, salah satunya adalah gusi yang berdarah ketika anda menggosok gigi. Akan tetapi, tak perlu khawatir, kondisi ini adalah hal yang wajar pada masa kehamilan dna sebagian besar wanita hamil mengalami kondisi yang serupa.

Bahkan sebagian kecil ibu hamil lainnya mengeluhkan, pendarahan bukan hanya terjadi pada gusi mereka, namun juga diikuti dengan mimisan atau keluarnya darah dibagian hidung. Meskipun kondisi seperti ini lebih jarang terjadi, akan tetapi sebaiknya bila anda merasa khawatir dengan kondisi seperti ini, segera hubungi dokter untuk melakukan konsultasi.

Umumnya, kondisi gusi berdarah pada saat hamil dipengaruhi akibat meningkatnya hormon kehamilan yang dapat mengakibatkan gusi membengkak dan membuatnya menjadi meradang. Alhasil, ketika bagian ini mengalami inflamasi atau peradangan dan mendapatkan tekanan atau gesekan dari suatu benda asing, maka pendarahan adalah hal yang tidak akan dapat dihindari.

Adapun langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi gusi berdarah selama masa kehamilan adalah dengna mengunakan sikat dan floss secara teratur. Akan tetapi, lakukan kegiatan ini dengan begitu perlahan dan lembut. Bila perlu, ganti sikat gigi anda dengan sikat gigi yang lebih lembut.

Selain itu, tidak ada salahnya dengan menggunakan obat-obatan herbal yang alami dan aman untuk mengatasi gusi berdarah yang anda alami seperti halnya berkumur dengan menggunakan air garam. Lakukan hal ini secara teratur agar kondisi gusi berdarah akan dapat pulih dengan lebih cepat.

Bukan hanya itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut selama masa kehamilan adalah hal penting yang harus senantiasa dilakukan.

Demikian gambaran seputar perkembangan janin pada usia kehamilan 23 minggu. Semoga penjelasan diatas, memberikan gambaran cukup untuk anda.

Pages ( 2 of 2 ): « Sebelumnya1 2

Tinggalkan komentar

Show Buttons
Hide Buttons