Perkembangan Janin Usia 14 Minggu

4.63/5 (129)

Selamat bunda, usia kehamilan anda kini sudah masuk pada minggu ke 14.

Yang mana ini artinya anda sudah masuk pada periode trimester ke 2 dari 3 trimester pada periode kehamilan. Kini, perkembangan janin dalam rahim anda sudah mengalami perkembangan begitu pesat. Hal ini tentunya tak semata-mata lepas dari dukungan besar bunda yang tak lelah memberikan mereka asupan nutrisi dan gizi yang baik.

Selain itu, peran bunda dalam menjaga pola hidup sehat dan menjalankan pola makan yang baik, membuat perkembangan janin dalam rahim bunda tidak mengalami kendala besar. Untuk itulah, sekali lagi kami ucapkan selamat ya bunda. Teruslah menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat agar si janin dalam rahim bunda bisa terus berkembang dengan pesat dan tanpa adanya halangan.

Sebagai seorang calon ibu yang tengah menanti-nanti hadirnya si buah hati ke dunia, kami memahami bahwa setiap momen perkembangan yang terjadi dengan si buah hati adalah momen berharga untuk anda yang tak ingin anda lewatkan, meski sedetik pun. Termasuk perkembangan si janin dari minggu ke minggu, setiap pertumbuhan kecil yang terjadi dengannya adalah hal yang begitu anda nantikan. Untuk itu, kami hadirkan untuk anda bagaimana perkembangan si janin pada minggu ke 14.

Pada minggu ke 14 ini, perkembangan paling besar yang terjadi dengan buah hati anda adalah tumbuhnya rambut-rambut halus dibagian kepalanya, sudah mulai nampak dan terbentuk. Pada minggu ini, ada banyak pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi dengan si kecil. Pertumbuhan bulu-bulu yang terjadi dengan si kecil bukan hanya tumbuh dibagian kepala saja, namun bulu-bulu ini mulai tumbuh dibagian alis dan seluruh tubuhnya. Pertumbuhan bulu-bulu dibagian bawah tubuh bayi disebut dengan lanugo. Bulu-bulu ini biasanya akan menghilang sebelum kelahiran si bayi.

perkembangan janin minggu 14

Sementara itu, jika berbicara ukuran tubuh si bayi. Kini ukuran panjangnya dari bagian kepala hingga ke bokongnya sudah mencapai 8 cm dan beratnya sudah mencapai 40 gram. Angka kenaiakan berat tubuh dan panjang ini, tentu berbeda dari masing-masing perkembangan janin dalam rahim setiap ibu. Hanya saja, bila dirata-rata, ukuran yang umum adalah ukuran 40 gram.

Perkembangan tubuh bayi kini mulai tumbuh dengan lebih cepat dibandingkan dengan perkembangan kepalanya. Pada minggu ini, kulitnya yang tipis mulai meyimuti bagian tubuhnya dan bagian bawah tubuhnya mulai ditumbui dengan bulu-bulu halus (lanugo) yang mana bulu-bulu ini pada umumnya akan menghilang sebelum masa kelahirannya tiba. Meskipun bulu-bulu alis dan rambutnya mulai tumbuh, biasanya tekstur dan warna dari rambut ini akan berubah saat si buah hati dilahirkan nantinya.

Berkat sinyal dari otaknya, kini otot-otot pada wajah bayi mulai bisa bergerak dan melakukan latihan untuk si bayi dalam menciptakan beberapa eskpresi dengan bertahap satu demi satu. Pada usia kehamilan ini, mungkin si bayi sudah mulai memahami beberapa ekspresi seperti menampakan wajah sedih, mata juling dan meringis. Selain itu, usia kehamilan ini pun akan membuat si bayi mengalami perkembangan yang pesat salah satunya si bayi sudah mulai dapat menghisap ibu jarinya.

Sementara itu, disaat yang bersamaan, bagian organ internal pada bayi seperti halnya ginjal sudah dapat bekerja dan berfungsi dengan memproduksi urine yang akan dilepaskan kedalam cairan tubuh seluruhnya. Kondisi ini akan tetap berlansung sampai hari kelahirannya tiba.

Pada usia kehamilan minggu ke 14, si bayi mulai menelan cairan dari ketubannya sedikit demi sedkit. Cairan ini kemudian akan masuk kedalam perut dan di proses oleh ginjal yang selanjutnya akan dialirkan kembali sebagai urine.

Lengan pada bayi pun sudah terbentuk menjadi lebih proporsional dengan ukuran tubuhnya. Hatinya pun sudah mulai memproduksi cairan empedu, sementara limpanya sudah mulai memproduksi sel darah merah. Pada usia kehamilan ini, sudah waktunya untuk anda bisa melakukan 2 scan ultrasound di akhir minggu ini.

Sebuah dating scan akan ditawarkan oleh dokter antara minggu ke 11 dan minggu ke 13 lebih 6 hari. Sementara untuk nuchal tranlucency scan, pada umumnya dilakukan guna mendeteksi atau memeriksa apakah bayi anda mengalami gejala down syndrome atau tidak. Scan ini biasanya ditawarkan pada usia kehamilan 11 minggu lebih 2 hari dan 14 minggu lebih satu hari.

Bila anda adalah seorang wanita hamil dengan usia lebih dari 35 tahun sebaiknya seringlah melakukan pemeriksaan kehamilan sebelum tiba saatnya melahirkan. Hal ini penting, karena usia anda akan pula mempengaruhi kehamilan anda saat ini.

Sebagian besar wanita yang memilih menunda kehamilannya hingga mereka merasa sudah siap biasanya akan cukup lama untuk mereka bisa memutuskan kapan mereka ingin punya anak. Hingga tibalah diusia yang sudah cukup tua untuk usia kehamilan seperti misalkan pada usia lebih dri 35 tahun.

Pada usia ini, kehamilan yang akan dihadapi oleh seorang wanita akan semain beresiko. Karena pada usia ini, si wanita memiliki peningkatan resiko kondisi kesehatan yang patut diwasapadai, yang mana sebagian besarnya pada umumnya akan ditemukan saat anda sedang hamil.

Semakin tua usia anda, maka akan semakin besar kemungkinan anda untuk memiliki beberapa kondisi kesehatan yang cukup mengkhawatirkan seperti halnya diabetes dan tekanan darah tinggi. Kondisi ini tentu akan dapat mempengaruhi kondisi kehamilan dan kelahiran yang akan anda hadapi serta akan pula mempengaruhi kesehatan anda nantinya.

Selain itu, ancaman keguguran dan kehamilan ektopik (kehamilan yang berkembang diluar rahim) akan lebih besar potensinya jika kehamilan yang anda jalani di usia lebih tua.

Perubahan Pada Tubuh Usia Kehamilan 14 Minggu

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan anda, hal ini akan pula berdampak pada tubuh anda. Pada usia kehamilan minggu ini, strecth mark atau garis kehamilan akan mulai nampak dibagian perut bagian atas, payudara, paha dan juga bagian bokong. Akan tetapi, diwaktu yang bersamaan, payudara akan mulai mempersiapkan produksi ASI (Air susu ibu) sehingga tak heran bila ketika anda meraba bagian ini, maka akan terasa lebih kencang dan terisi dengan penuh.

Pembuluh darah pada usia kehamilan ini pun akan mulai terlihat dan membentang dengan jelas. Kondisi ini terjadi karena kulit bagian payudara mengalami pembesaran yang cukup besar sehingga pembuluh darah akan mulai nampak pada kulit payudara.

Beberapa hal yang Perlu Diperiksakan

Selain daripada melakukan pemeriksaan kesehatan dan pertumbuhan si bayi dalam rahim ibu dengan menggunakan USG serta melakukan check kesehatan ibu, dibawah ini ada poin-poin yang juga perlu ibu periksakan.

Buang air kecil dengan intensitas yang lebih sering pada masa kehamilan adalah yang wajar dan dialami oleh sebagian besar wanita hamil. Akan tetapi, bila ibu hamil mengalami sakit atau nyeri pada saat buang air kecil, maka hal ini bisa mengindikasikan adanya keluhan kesehatan didalam tubuh anda seperti halnya infeksi dibagian saluran kandung kemih. Bila kondisi ini tidak segera ditanganni, maka hal ini akan berubah menajdi kondisi yang seirus. Untuk itu, segera konsulitasikan masalah kesehatan ini ke dokter.

Sakit kepala saat hamil pun adalah kondisi yang normal. Namun bila anda mulai mengalami sakit kepala dengan skala sakit yang sudah lagi tak tertahankan, sebaiknya segera kunjungi dokter.

Demikian beberapa hal yang perlu diperiksakan selama kehamilan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply