data-ad-format="auto"

Perkembangan Janin Usia 7 Minggu

Kini usia kehamilan anda sudah memasuki minggu ke-7, yang mana ini artinya dari setiap detiknya perkembangan janin dalam rahim anda terus mengalami perubahan dan terus menerus tumbuh hingga sampai nanti saatnya si buah hati siap untuk dilahirkan kedunia.

Hanya saja, pada usia kehamilan ini, bayi anda masih terbentuk menjadi embrio sebelum berkembang lebih lanjut menjadi janin. Hal ini dikarenakan ukuran si bayi dalam rahim anda masih begitu kecil bentuknya yang mana pergerakan si buah hati dalam rahim ibu belumlah stabil, sewaktu-waktu akan menghilang dan pada waktu yang lain ia akan kembali.

Kini, jantung dan otak si bayi mulai kompleks, lipatan bagian kelopak matanya pun mulai terbentuk dan ujung hidungnya kini mulai terlihat. Tangan mungilnya pun sudah mulai dapat menekuk dibagian siku bahkan kini ia sudah mulai bisa menekukan lengannya dekat dengan dada dimana letak jantungnya berada. Ia pun kini mulai penasaran dengan bunyi detak jantungnya yang berirama.

Ukuran panjang embrio kini sudah mencapai 1.25 cm, ukuran ini kira-kira mirip dengan ukuran sebuah bluberry. Kini jari-jari tangannya mulai terbentuk meski masih berlapiskan dengan selaput. Begitupun dengan kedua kaki mungilnya, selaput-selaput ini masih menghubungkan antara satu jari dengan jari yang lainnya. Namun ibu tak perlu khwatir, dengan seiring berjalannya waktu ia akan semakin berkembang dan selaput-selaput ini akan terlepas sehingga jari-jari kecil yang lucu akan mulai terbentuk dengan sempurna.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Kini hatinya pun sudah mulai bekerja memompa sel darah merah dalam jumlah yang lebih besar sampai terbentuk sumsum yang mana nantinya bagian inilah yang akan mengambil peranan tersebut.

Nah pada minggu ke delapan, perkembangan janin yang cukup signifikan dan akan mengambil peranan paling penting mulai terjadi pada minggu ini. Antara minggu ini sampai ke minggu 20, bayi dalam rahim anda akan mulai tumbuh dengan begitu cepat dan bagian-bagian organ pada tubuh si bayi akan mulai terbentuk dalam beberapa minggu pertama kehidupannya, seperti halnya jantung dan otaknya akan mulai bekerja dengan lebih kompleks dan lebih teratur.

Pada minggu ini, gigi dan langit-langit mulutnya pun akan mulai terbentuk, sementara pada saat yang bersamaan bagian luar organ tubuhnya seperti telinga pun akan mulai berkembag dan terbentuk dengan perlahan.

perkembangan janin minggu 7

Pada usia perkembangan ini, kulit janin sudah mulai terlihat hanya saja pembentukan kulit masih begitu tipis, sehingga bila anda mampu melihat kedalam perut anda, maka disana anda akan melihat aliran darah vena terlihat dengan begitu jelas.

Pada usia kehamilan minggu ini bisa pula disebut anda telah memasuki usia kehamilan di trimester pertama yang mana periode ini biasanya seringkali disebut-sebut sebagai masa yang bergejolak. Tak sedikit wanita hamil yang memasuki usia trimester pertama mengalami banyak keluhan kehamilan seperti nyeri dibagian perut dan perasaan tidak nyaman.

Asupan makanan pun akan mungkin mengalami kendala. Hal ini dikarenakan gejala morning sickness atau mual dan muntah dipagi hari yang cenderung dirasakan oleh hampir sebagian besar wanita hamil, membuat anda akan mungkin tersiksa.

Selain itu, anda pun mungkin akan cenderung lebih sering ingin buang air kecil dari pada waktu biasanya. Hal ini pun dipengaruhi karena perkembangan janin dalam rahim anda menyebabkan kandung kemih mengalami takanan. Selain itu, hal ini pun pada umumnya dipengaruhi oleh keseimbangan cairan dalam tubuh anda, yang mana kondisi ini pada umumnya akan berlangsung selama beberapa waktu sebelum masa kelahiran tiba.

Meski demikian, tak seyoganya hal ini dijadikan ketakutan yang membuat anda merasa terbebani atau bahkan membuat anda menyangkal kehamilan anda karena ketakutan yang begitu besar. Pada dasarnya adalah kodrat seorang wanita menjadi seorang istri dan menjadi seorang ibu. Untuk itulah, jadikan pengalaman ini sebagai hal yang akan membuat anda semakin menghargai peran seorang ibu.

Beberapa  tanda-tanda kehamilan diatas sedikit banyak mungkin akan merubah kehidupan anda. Namun demikian, peran anda sebagai seorang istri tentu akan semakin lengkap bila si buah hati hadir dalam kehidupan anda. Untuk itulah, berusaha yang terbaik dan berdoa kepada Tuhan adalah kunci dari keberhasilan seseorang melewati sebuah hal.

Nah, untuk membuat anda agar bisa lebih mempersiapkan kehamilan pada setiap usia perkembangan janin. Maka berikut ini, kami jelaskan beberapa tanda atau gejala yang akan dialami oleh ibu hamil pada kehamilan usia 7 minggu.

Tanda dan Perubahan Usia Kehamilan 7 Minggu

Pada usia kehamilan 7 minggu, kini rahim anda mulai berkembang menjadi seukuran buah lemon. Kondisi ini mungkin akan membuat anda menjadi mudah lelah, mudah lemah, payudara yang terasa membesar dan terasa nyeri serta lebih sering buang air kecil dibandingkan pada kondisi biasanya.

Sekitar 80% wanita hamil akan pula merasakan mual dan muntah pada trimester pertama periode kehamilannya. Akan tetapi, positifnya, perasaan ingin muntah dan mual ini merupakan pertanda bahwa hormon kehamilan dalam tubuh anda cukup tinggi sehingga dapat mendukung kehamilan anda saat ini.

Wanita yang mengalami mual pada masa awal kehamilannya lebih tidak beresiko mengalami keguguran dibandingkan dengan mereka yang sama sekali tidak mengalami kondisi seperti ini.

Akan tetapi demikian, bukan berarti bahwa mereka yang tidak mengalami mual tidak dapat menjalani kehamilan yang sehat. Selain itu, naik turunnya horom dalam tubuh pun ikut mengambil peranan dalam setiap perubahan emosi secara tiba-tiba pada wanita hamil. Yang mana tentunya, hal ini adalah hal yang wajar yang terjadi pada wanita hamil.

Untuk itu, selalu lakukan pemeriksakan dengan bidan bila anda mengalami mual dan muntah yang berlebihan atau mengalami kram dibagian perut. Hal ini tentunya penting dilakukan untuk menjaga-jaga, bila hal serius terjadi dengan kesehatan anda.

Selain itu, ada beberapa gejala kehamilan yang tidak seharusnya diabaikan. Seperti halnya ketika kram perut yang anda alami disertai dengan keluarnya pendarahan. Nah, ketika kondisi ini terjadi sebaiknya segera minta perhatian medis agar penanganan yang lebih tepat bisa segera dilakukan.

Beberapa gejala kehamilan lain seperti halnya perubahan emosi, kram, mual dan lain sebagainya mungkin akan berdampak pada aktivitas anda yang lain yang biasa dilakukan sehari-hari. Semisal berpengaruh pada jam tidur anda yang membuat anda terjaga di larut malam (insomnia). Akan tetapi, untuk mengatasi hal ini, maka cobalah untuk bersantai.

Anda mungkin kesulitan mendapatkan waktu tidur dimalam hari, untuk itu jangan sia-siakan waktu pada siang hari. Bila memungkinkan untuk anda bisa bersantai dan rileks hingga membuat anda tertidur, maka tak perlu khawatir, biarkan tubuh anda tertidur. Hal ini akan bisa menjadi latihan yang baik untuk menghadapi bulan-bulan berikutnya masa kehamilan anda.

Perubahan mood atau emosi ini nantinya akan dapat menurun atau membaik setelah kelahiran sang bayi. Jadi demikian, bersabarlah sebab nantinya semua ini akan dapat berakhir.

Loading...

Follow us