data-ad-format="auto"

Perkembangan Janin Usia 5 Minggu

Pada usia kehamilan di minggu ini, perut anda mungkin belum nampak membesar dan belum terlihat seperti ibu hamil.

Akan tetapi, jantung si embrio yang begitu kecil dengan ukuran sebutir biji ketumbar ini, sudah mulai berdenyut dan memompa darah. Jantungnya kini mulai terbagi ke setiap ruang keci ldan dengan perlahan proses ini akan berubah menjadi ritma denyutan yang teratur.

Kini panjang embrio sudah mulai berkembang lebih dari setengah centimeter dan rupanya saat ini terlihat lebih seperti berudu dibandingkan dengan manusia. Namun perkembangan ini masih akan terus berlanjut sampai hari kelahiran tiba. Pada momen-momen inilah anda mungkin sudah mulai menyadari bahwa anda tengah mengandung seorang janin karena terlambat datang bulan.

Berita ini tentu menjadi kabar gembira untuk seorang wanita yang tengah menanti-nanti kehadiran si jabang bayi dalam perutnya. Untuk itulah, guna memastikan dengan aktual kabar kehamilan ini sebaiknya segera lakukan pengecekan, baik dengan menggunakan alat test kehamilan atau berkonsultasi ke dokter.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Dengan mengetahui lebih dini kehamilan anda, maka diharapkan segala hal yang terjadi dalam hidup anda bisa anda atur dan kendalikan sedemikian rupa guna menjaga kesehatan si buah hati dalam kandungan anda.

Ketika memasuki usia kehamilan, tidak seyoganya anda menjalankan aktivitas yang berat dan terlalu berlebihan. Tubuh yang lelah dan energi yang terkuras akan membuat wanita hamil lebih lesu dan stres. Kondisi seperti ini tentu saja akan berpengaruh pada si buah hati, apalagi saat usia janin masih begitu muda.

perkembangan janin minggu 5

Usia kehamilan pada minggu ini bisa disebut dengan kehamilan trimester pertama. Pada kehamilan trimester pertama perkembangan janin dalam rahim ibu bisa terganggu bila asupan gizi dan nutrisi si ibu berkurang. Sebab secara alami ibu hamil akan mengalami pusing, mual dan muntah. Yang mana kondisi ini tentunya dipengaruhi oleh kenaikan level hormon estrogen dan progesteron serta human chorionic gonadotopin (hCG).

Nah, kondisi seperti ini tentu tidak bisa diabaikan. Hanya karena perasaan mual dan muntah, tak berarti kondisi ini bisa menghalangi ibu untuk mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk si janin yang ibu kandung.

Adapun untuk mengatasi hal ini agar asupan gizi yang ibu konsumsi tidak terganggu akibat mual dan muntah tersebut. Maka sebaiknya ibu hamil dianjurkan untuk makan dalam porsi yang sedikit namun dalam intensitas yang sering. Sertai pula konsumsi susu, buah dah roti tawar sebagai camilan yang bisa dikonsumsi antara waktu makan.

Tumbuh Kembang Janin Usia 5 Minggu

Setelah terjadinya perkembangan sel yang begitu cepat hanya dalam hitungan beberapa minggu, janin anda kini sudah mulai terbentuk rupanya. Selain itu, beberapa organ dalam tubuh si janin mulai terbentuk, diantaranya adalah:

  • Sistem syaraf si janin beserta dengan organ-organ utamanya mulai berkembang.
  • Sistem peredaran darah dan jantungnya akan mulai terbentuk dengan perlahan. Sebuah tonjolan menunjukan tempat terciptanya jantung pada janin anda. Nah, pada akhir minggu ke-5 usia kehamilan, organ-organ pembuluh darah pada si janin akan mulai terbentuk.
  • Selain itu, tabung hampa atau tuba neural sebagai tempat berkembangnya lapisan ektoderm ini selanjutnya akan berkembang menjadi syaraf tulang belakang dan otak janin mulai tumbuh.
  • Kelainan pada bagian akhir tuba neural akan dapat berdampak pada spina bifida atau cacat dibagian tabung syaraf. Sementara bila terjadi kelainan pada bagian tuba neural, hal ini akan dapat mengakibatkan anencephali atau kondisi ketika tempurung kepala pada si janin tidak terbentuk dengan sempurna. Untuk itulah, kondisi ini akan begitu sangat rentan bila si ibu hamil tidak menjaga kesehatan dan asupan gizinya dengan baik.
  • Diusia kehamilan minggu ke 5 kehamilan anda, jantung si janin sudah mulai berdenyut dan mungkin sudah dapat dilihat dengan menggunakan gelombang ultrasound.
  • Tali pusar si janin mengganti posisi kantong kuning telur (yolk sac). Tali pusar bekerja sama dengan ari-ari (plasenta) yang bekerja membawa nutrisi serta oksigen ke janin anda dan membuang sisa metabolisme.

Perubahan Tubuh Saat Usia Kehamilan 5 Minggu

Meskipun pada usia kehamilan minggu ini, perut belum membesar dan nampak seperti wanita hamil, akan tetapi beberapa perubahan akan mulai nampak dengan tubuh anda. Adapun perubahan ini terjadi karena semua sistem dalam tubuh wanita hamil akan berubah guna membantu perkembangan janin didalam rahimnya. Selama minggu ke-5 usia kehamilan, anda mungkin sudah mulai merasakan beberapa perubahan tersebut, seperti halnya:

Mudah Merasa Lelah

Tubuh wanita hamil memproduksi semakin banyak darah guna membawa oksigen dari zat-zat gizi ke janin anda didalam rahim. Nah, dengan peningkatan jumlah darah secara khusus yang mungkin terjadi dengan level yang lebih banyak pada usia kehamilan minggu ke-5 inilah yang akan memacu peredaran darah dalam tubuh anda.

Selain itu, denyut jantung anda akan bertambang untuk mengimbangi peningkatan peredaran tersebut, dan perubahan-perubahan yang akan mungkin terjadi pada usia kehamilan minggu ini adalah seringkali mudah lelah, pusing atau bahkan kepala yang terasa nyeri.

Perubahan Fisik

Adalah hal yang umum untuk seorang wanita hamil mengalami perubahan fisik. Perubahan ini tentu saja terjadi dalam rangka mendukung dan mengimbangi perkembangan janin dalam rahim anda. Beberapa perubahan tersebut diantaranya adalah payudara yang membesar, terasa lebih lembut, bokong membesar dan lain sebagainya. Namun demikian, hal ini adalah hal yang wajar yang tidak semestinya anda jadikan beban atau ketakutan.

Perubahan Suasana Hati

Perubahan suasana hati seperti mudah marah, sering terisinggung atau menjadi lebih sensitif adalah bagian dari tanda-tanda kehamilan untuk anda yang mengalami terlambat datang bulan setelah berhubungan bersama dengan pasangan saat masa subur. Akan tetapi, sekali lagi hal ini adalah hal yang wajar dn sebagian besar wanita hamil mengalaminya.

Pada usia kehamilan 5 minggu, perubahan-perubahan tersebut mungkin tidak dirasakan oleh sebagian wanita karena konteksnya masih berupa perubahan kecil yang sepele, bahkan tidak sedikit wanita yang tidak mengalami perubahan apapun diusia kehamilan ini.

Timbulnya Vlek (Bercak) Ringan

Diusia kehamilan seikitar 5 minggu, ari-ari (placenta) yang membantu memberi makan si janin tengah bertumbuh dan menempel pada rahim. Inilah yang mungkin menyebabkan timbulnya vlek atau bercak ringan (light spotting) pada wanita hamil.

Merasa Mual dan Muntah

Kondisi yang satu ini adalah salah satu tanda umum dari sebuah kehamilan. Wanita yang hamil pada usia trimester awal akan mengalami gejala ini. Namun tak perlu khawatir, meski kondisi ini akan mempengaruhi selera makan anda yang mana ini artinya akan membuat asupan gizi dan nutrisi kedalam tubuh menjadi terkendala.

Namun, sebaiknya upayakan segala hal agar sedemikian asupan ini tetap terjaga. Dengan demikian, kesehatan si janin dalam rahim anda akan dapat terjaga sehingga tumbuh kembangnya akan terus berjalan dengan baik.

Adapun cara mengatasi kondisi ini adalah dengan menghindari sumber bau yang akan memicu anda mengalami mual dan muntah. Gunakan masker atau minta teman atau kerabat anda yang ada disekitar untuk tidak membuka atau memberikan sumber bau dekat dengan anda.

Catatan: Para pakar menyataka bahwa perkembangan setiap janin mungkin mengalami perbedaan satu dengan yang lainnya. Artikel ini membahas secara umum perkembangan janinperkembangan janin usia minggu ke 5 didalam rahim seorang ibu.

Loading...

Follow us