Perhatikan Cara Mencuci Tangan Yang Baik & Benar Menentukan Kesehatan Anak

Mencuci tangan bermanfaat dalam mencegah dan menghindari infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya. Mencuci tangan disarankan sesering mungkin sehingga memperkecil resiko terjangkit berbagai jenis penyakit apalagi di musim hujan. Disarankan mencuci tangan menggunakan air dan sabun yang dapat efektif untuk mengusir kuman dan bakteri yang menempel di bagian tangan. Dengan mencuci tangan yang benar dapat mencegah penularan penyakit yang dapat ditularkan melalui jabat tangan atau bersentuhan dengan orang lain.

Pada dasarnya anak anak lebih rentan dalam berbagai jenis penyakit dibandingkan dengan orang dewasa, hal ini dikarenakan kebiasaan orang tua dalam mengajarkan anak dalam menjaga kebersihan tangan masih rendah, sehingga kesadaran mencuci tangan pada anak anak sering kali diabaikan. Berikan penjelasan secara bertahap akan pentingnya mencuci tangan pada anak kemudian berikan pula pengertian bahaya yang akan mengancam ketika anak-anak tidak mencuci tangan. Cara ini dapat anda lakukan dengan menyenangkan ketika anak anda bermain dengan menggunakan alat peraga mainan favoritnya.

Selain memberikan pengetahuan akan pentingnya mencuci tangan yang tidak kalah penting dan seringkali dilupakan oleh sebagian besar orang tua adalah mengajarkan cara mencuci tangan yang benar pada anak anak, berikut adalah beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk mengajarkan anak anda mencuci tangan yang benar untuk menjaga kesehatan anak :

1.  Pertama tama anda dapat mengajarkan anak anda dengan membasahi tangan setinggi pergelangan tangannya bagian bawah hingga air mengalir.Gunakan air yang mengalir, seperti langsung dari kran sehingga memperkecil adanya perkembangan bakteri pada penggunaan air sebelumnya.

2.  Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menggunakan sabun. Sabun dapat mengurangi kuman dan bakteri yang berada di tangan dengan cepat sehingga sangat dianjurkan penggunaannya.

3.   Ketiga adalah menggosok tangan ke telapak tangan dengan cara menempelkan tangan kanan ke punggung tangan kemudian dilanjutkan dengan membersihkan sela-sela jari. Lanjutkan dengan bagian bawah tangan dan punggung tangan bersentuhan, gosok dengan menggunakan sabun dan yang terahir bersihkan pula kuku anak anda.

4.   Langkah ke empat adalah dengan membilas kembali dengan menggunakan air bersih secara menyeluruh dari bagian lengan bawah hingga ujung jari

5.   Hal yang seringkali dilupakan adalah menutup kran dengan menggunakan alat bantu, anda dapat mengajarkan anak anda menutup kran menggunakan tisu atau sikut sehingga tangan tidak kotor oleh kuman lagi

6.   Terakhir keringkan dengan menggunakan handuk atau tissu dan hindari dalam menyentuh benda di sekitar wastapel ketika setelah mencuci tangan. Sehingga apabila kebiasaan mencuci tangan dengan baik dan benar telah diterapkan akan membantu anak anda dalam menjaga kesehatan terutama pada saat musim hujan dan menghindarinya dari  berbagai jenis penyakit.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel