Perhatikan 5 Hal Berikut Ini Untuk Memantau Kesehatan Buah Hati Anda

Ketika buah hati kita sedang sakit, tentunya para orangtua akan merasakan kegelisahan yang tidak ada bandingannya dengan apapun. Hal ini umumnya terjadi pada buah hati kita saat sedang sakit demam. Terlebih lagi buah hati kita akan rewel dan juga tidak tidur dengan nyenyak. Suhu badan yang sangat tinggi tentunya berakibat pada kurangnya cairan yang diperlukan oleh tubuh kita.

Bagaimanapun juga, rasa sakit yang sedang diderita oleh buah hati kita, tentunya kita juga akan merasakannya. Seorang ibu tentunya harus merasa khawatir ketika demam menyerang buah hati kita. Hal ini dikarenakan demam yang menyerang buah hati kita dalam waktu yang cukup lama memiliki potensi untuk membuat tubuh dehidrasi. Untuk itu, memang sangat pening untuk memberikan ASI sesering mungkin ketika si kecil sedang demam. Ini bertujuan untuk mengganti caiaran di dalam tubuh secara berkala.

Untuk itu, Anda jangan terlalu khawatir dan juga cemas ketika si kecil mengalami demam. Perasaan yang terlalu khawatir, nantinya akan membuat logika kita menjadi terganggu untuk memikirkan cara dan juga obat untuk menyembuhkan sakit pada si kecil. Ketika si kecil sakit tentunya Anda jangan sembarangan memberikan obat kepada si kecil. Obat yang diberikan harus dengan resep dokter, jangan asal membeli obat di apotek ataupun warung.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Tentunya, kita sebagai orangtua diwajibkan untuk memperhatikan kondisi dan kesehatan si kecil setiap harinya. Bagaimanapun juga, kondisi tubuh si kecil memnag masih rentan terhadap sakit sehingga akan sangat mudah terkena penyakit. Pastinya, Anda tidak mau melihat si kecil gampang sakit, bukan? Maka dari itu, Anda pelu memperhatikan keadaan dan juga kondisi si kecil agar Anda dapat memantau kesehatannya dengan tepat. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memantau kesehatan dan juga kondisi tubuh si kecil, diantaranya:

1. Perhatikan Aktifitas Si Kecil

Tidak heran jika si kecil memiliki aktifitas yang cukup padat. Kondisi ini juga terjadi ketika ia sedang sakit demam. Jika Anda mendapati si kecil yang aktif dan juga beraktifitas seperti biasanya meskipun mereka sedang demam. Anda tentunya jangan terlalu mengkhawatirkan akan kondisi sakit si kecil. Hal ini berarti si kecil tidak mengalami apapun yang lebih serius.

Akan tetapi, Anda harus waspada jika si kecil mengalami keadaan lain seperti lemas, panas yang semakin tinggi, susah tidur dan juga rewel. Jika si kecil mengalami kondisi seperti itu, segera bawa ke dokter terdekat. Pastikan si kecil untuk meminum obat yang memang disarankan oleh dokter.

Tentunya, Anda harus selalu berada di samping si kecil agar dapat memperhatikannya sesering mungkin. Pastikan untuk membiarkan si kecil memiliki istirahat yang cukup agar kondisinya lebih baik. Jika si kecil sudah mulai pulih, pastikan Anda untuk tetap mewaspadai si kecil ketika ia sedang melakukan aktifitas. Seorang ibu tentunya harus tetap memperhatikan keadaan si kecil semaksimal mungkin agar dapat memantau kesehatan si kecil dengan mudah.

 2. Perhatikan suhu tubuh si kecil

Tentunya, Anda harus memperhatikan suhu tubuh si kecil setiap harinya. Hal ini dikarenakan suhu tubuh si kecil mengalami ketidakstabilan setiap harinya. Kondisi tersebut tentunya membuat tubuh si kecil rentan mengalami sakit terutama demam.

Suhu tubuh seseorang yang normal berkisar antara 36-37 derajat celcius. Jika si kecil mengalmai suhu tubuh lebih dari itu, tentunya ia mengalami demam dan Anda harus mewaspadainya secara seksama. Untuk itu, Anda dapat mengukur suhu tubuh si kecil dengan menggunakan termometer. Dengan begitu, Anda dapat memantau kesehatan dan juga kondisi tubuh si kecil sehingga dapat melakukan tindakan lebih cepat.

 3. Mandi dengan menggunakan air hangat

Jika si kecil sudah mulai mengalami sakit suhu tubuh yang tinggi, itu berarti ia mengalami demam. Untuk itu, Anda diharuskan untuk menjaga kesehatan si kecil dan juga tubuhnya dengan benar. Tubuh si kecil tetap harus dimandikan meskipun sedang sakit.

Jika tidak memungkinkan untuk memandikan si kecil ketika sedang demam tentunya Anda dapat mengelapnya dengan menggunakan air hangat. Pastinya air hangat memberikan rileksasi dan juga kehangatan pada si kecil sehingga akan membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Jika si kecil mengalami suhu tubuh yang sangat tinggi, jangan sekali-kali memandikan si kecil. Hal ini justru akan membuat kondisi si kecil lebih parah. Cukup dengan mencelupkannya ke dalam air hangat menggunakan handuk. Jika si kecil sudah mulai pulih, Anda tetap harus memandikannya dengan menggunakan air hangat.

 4. Perhatikan baju dan selimut

Baju merupakan salah satu benda terpenting yang ada di dalam kehidupan kita. Dengan baju, kita dapat terlindung dari sengatan matahari langsung ataupun cuaca yang dingin. Pastikan Anda untuk memakaikan baju yang membuat si kecil nyaman. Jangan berikan baju yang terlalu gerah, kasar dan juga ketat pada buah hati karena akan menyebabkan suhu tubuh yang tidak stabil untuk si kecil.

Begitupula dengan selimut, Anda harus mengganti selimutnya secara berkala untuk membuat si kecil merasa lebih nyaman nantinya. Tentunya, berikan si kecil selimut yang lembut dan juga nyaman agar dapat membuat tidur si kecil lebih berkualitas. Dengan begitu, Anda dapat membuat si kecil beristirahat lebih nyaman dan juga lebih tenang.

 5. Jangan mengompres dengan alkohol dan air es

Jika si kecil mengalami sakit demam, hal yang pertama yang akan Anda lakukan pastinya memberikan kompres kepadanya. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memberikan kompres kepada si kecil. Jangan sampai Anda memberikan kompres berupa alkohol dan juga air es.

Memberikan kompres dengan menggunakan alkohol dan juga air es justru akan membahayakan kesehatan si kecil. Alkohol dan juga air es dapat membuat si kecil tubuh si kecil menjadi semakin lemas. Selain itu, kedua bahan tersebut dapat meningkatkan bahaya pada sistem pernafasan si kecil. Oleh karena itu, Anda dapat memilih untuk mengompres air hangat ketika si kecil sedang demam.

Pastinya, Anda harus melakukan tindakan yang ekstra  ketika si kecil sedang demam. Jangan sampai Anda tidak melakukan hal-hal yang memang dianjurkan untuk Anda. Bagaimanapun juga, kesehatan  si kecil memang sangat penting adanya. Anda tentunya sangat khawatir ketika kesehatan si kecil mulai terganggu.

Rasa khawatir seorang ibu memang wajar, namun jika terlalu berlebihan justru akan membuat logika Anda terganggu untuk mencari cara dan juga alternatif untuk menyembuhkan demam si kecil. Alangkah baiknya,  Anda menyimpan rasa gelisah dan juga khawatir tersebut dengan mencari pengobatan yang memang seharusnya dilakukan.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda lakukan dalam memantau kesehatan dan juga kondisi si kecil. Hal ini memang dimaksudkan untuk membuat kesehatan si kecil menjadi lebih terjaga sehingga dapat memantaunya dengan mudah. Selamat mencoba!

Loading...

Follow us