Perawatan dan Penanganan Asma Pada Anak yang Tepat dan Aman

Penyakit asma yang diderita oleh anak-anak tentu akan membuat setiap orangtua dibuat khawatir dan cemas.

Pasalnya, resiko penyakit asma akan membuat si anak kehilangan sebagian besar momen berharga masa kecilnya. Ketika di usianya, anak-anak sebayanya sibuk dengan bermain, bergembira dan ceria. Maka anak-anak yang menderita penyakit asma, tentunya tidak akan dapat melakukan hal yang serupa dengan anak-anak lainnya.

Saat anak-anak lain asik bermain dan bergembira dengan permainannya diluar rumah, anak-anak yang menderita penyakit asma, tentu tidak akan dapat melakukan hal yang sama. Sebab, udara dingin, terlalu panas, paparan debu, asap kedaraan dan polusi akan membuat si penderita asma mengalami gejala yang kambuh yang mana ketika kondisi ini terjadi, penderita asma akan kesulitan untuk bernapas, bahkan dalam kondisi tertentu, akan sulit untuk mereka dapat bernapas dengan normal.

Ketika buah hati tercinta kita tidak dapat melakukan hal yang dilakukan teman-temannya dan bergembira diluar rumah, tentu yang tergambar dalam raut wajahnya adalah kesedihan yang mendalam. Yang mana hal ini pun akan membuat kita orangtuanya menjadi khawatir.

penanganan asma pada anak yang tepat aman

Penyakit asma adalah penyakit bagian saluran pernapasan yang terjadi karena adanya penyempitan dibagian saluran udara yang mengetat. Hal ini tentunya akan berpengaruh buruk untuk kondisi kesehatan si penderita. Adapun dampak yang akan ditimbulkan dari penyakit ini adalah si penderita akan kesulitan untuk dapat bernapas dengan normal, dada yang terasa sesak dan napas yang terasa pendek.

Hal yang paling menakutkan dari resiko serangan asma pada anak-anak adalah kondisi dari gejala yang ditimbulkannya. Belum lagi, usia anak yang masih begitu belia membuat mereka akan semakin kesulitan untuk dapat mengontrol rasa paniknya saat kondisi serangan asma menyerang. Inilah yang akan semakin membuat serangan penyakit asma menjadi lebih parah pada penderitanya.

Dengan demikian, penanganan serangan penyakit asma adalah hal yang penting yang harus diketahui setiap orangtua, terutama orangtua yang memiliki anak penderita asma.

Ya, penyakit asma adalah penyakit yang cukup berbahaya dan bisa sangat mematikan. Penyakit asma yang berkelanjutan akan dapat menimbulkan penyakit lainnya yang juga lebih parah, semisal seperti paru-paru basah. Untuk itulah, jika penyakit pernapasan ini tidak segera ditangani dan diatasi dengan baik, maka hal ini akan dapat membahayakan kehidupan si penderita itu sendiri, terutama anak-anak.

Parahnya, penyakit pernapasan yang satu ini akan dapat muncul dan menyerang secara mendadak dan tiba-tiba. Bisa dibayangkan, ketika anda membiarkan si buah hati yang menderita asma pergi keluar rumah hanya karena anda merasa iba dan menginginkan si buah hati agar dapat berbaur dan bermain bersama dengan temannya, maka papa yang akan terjadi?

Ketika si anak bermain di luar rumah, biasanya segala hal baru yang menurut mereka menyenangkan akan mereka lakukan, termasuk bermain air, hujan-hujanan dan lain sebagainya. Ketika anda membiarkan anak anda yang menderita penyakit asma untuk bermain hujan-hujanan, hal ini adalah tindakan bunuh diri untuk si buah hati.

Udara dingin dan cucuran air hujan akan membuat asma mereka kambuh dengan mudah. Apalagi saat mereka tak sedang bersama anda melainkan sedang asyik bermain dengan teman-temannya dan lantas asmanya tiba-tiba kambuh, hal ini tentu saja akan membuat si kecil kewalahan menangani serangan penyakit asma seorang diri.

Untuk itu, selain menghindarkan si buah hati dari segala hal yang bisa mengundang atau memicu timbulnya asma, orangtua pun harus dapat mengetahui hal apa saja yang bisa dilakukan untuk penanganan asma pada si buah hati.

Nah, untuk mengetahui beberapa penanganan asma yang tepat dan aman pada anak, mari kita simak beberapa poin dibawah ini.

1. Buat Si Anak Tetap Tenang

Resiko serangan peyakit asma yang paling menakutkan bukan hanya seberapa buruk serangan sesak napas itu datang, akan tetapi perasaan panik yang menyerang diri seseorang biasanya menjadi hal yang amat menegangkan.

Usia si kecil yang masih begitu belia, membuat ketakutan dalam dirinya terhadap serangan penyakit atau sesuatu yang membuat mereka tidak nyaman akan membuat ketakutannya menjadi begitu besar.

Begitupun saat si kecil mendapat serangan asma secara mendadak, ketakutan yang besar akan membuat rasa paniknya semakin meningkat. Ketika rasa panik saat serangan asma ini timbul, maka akan semakin memperburuk serangan yang dirasakan. Hal ini dikarenakan, perasaan panik akan membuat sirkulasi peredaran daran menjadi terhalang dan tekanan darah menjadi kacau.

Untuk itulah, bantu si kecil mengatasi rasa paniknya agar ia menjadi lebih tenang. Perintahkan dan bimbing si kecil untuk berbaring di kasur tanpa menggunakan bantal. Cobalah buat si anak untuk menjadi lebih tenang.

Bimbing si buah hati untuk bernapas dengan perlahan dan mengambil napas dalam-dalam melalui hidung dan hembuskan perlahan lewat mulut. Beritahukan padanya bahwa anda ada bersama dengan mereka dan semuanya akan baik-baik saja. Ketika si kecil lebih tenang, maka penanganan serangan asma bisa dilakukan dengan lebih baik.

2. Jauhkan Anak Dari Sumber Alergi

Kebanyakan asma yang menyerang anak-anak adalah dikarenakan oleh serangan alergi dalam tubuh. Adapun beberapa alergen yang memicu timbulnya alergi adalah karena debu, kotoran yang tersebar diudara, bulu binatang, serbuk sari dan lain sebagainya.

Selain itu, reaksi alergi yang muncul dan memicu timbulnya asma adalah karena makanan. Untuk itulah, pastikan jika orangtua sedapat mungkin menghindarkan anak-anaknya dari serangan alergen tersebut. Jika anak alergi akan udara yang dingin, maka usahakan si anak agar tetap hangat seperti menyalakan perapian dalam rumah atau lengkapi si buah hati dengan pakaian yang hangat.

3. Berikan Minuman Hangat Untuk Melegakan Napas

Kondisi sesak napas atau kesulitan bernapas, umumnya akan sangat menganggu dan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman, terutama untuk anak-anak. Nah, untuk meredakan napas ini anda bisa segera memberikan minuman hangat yang bekerja agar dapat meredakan napas pada anak. Minuman tersebut diantaranya bisa minuman alami yang dibuat dari rempah herbal seperti jahe. Konsumsi jahe bisa dicampur bersama dengan gula dan air hangat dan djadikan minuman yang nikmat.

Jahe tentunya baik untuk tubuh dan bekerja untuk meredakan napas. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan pada jahe yang kadarnya cukup tinggi. Antioksidan akan dapat bekerja untuk mencegah dan mengobati asma. Untuk itulah, jahe adalah obat alami yang enak untuk menangkal penyakit asma.

4. Hubungi Dokter

Ketika serangan gejala asma sudah akut dan anda mendapati si buah hati tetap pada kondisi yang mengkhawatirkan setelah anda memberikan berbagai penangan. Maka cara paling tepat dan terpercaya adalah dengan meminta bantuan medis. Ketika anak kepayahan menahan serangan asma dan anda menjadi lebih panik, maka segera hubungi dokter atau medis yang menangani penyakit anda dengan segera. Penanganan yang cepat dan tepat akan menjadi penanganan yang baik untuk mengatasi penyakit si buah hati.

Kondisi serangan penyakit asma pada anak-anak adalah hal yang akan membuat setiap orangtua khawatir dan cemas. Untuk itulah, mengetahui cara penanganan tepat dan aman ketika serangan asma menimpa si kecil adalah hal yang penting sekali untuk diketahui setiap orangtua.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply