Mengenal Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri

Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri – Nyeri dada akan membuat penderitanya merasa khawatir. Nyeri dada bisa dirasakan pada dada sebelah kiri ataupun dada sebelah kanan. Penyebabnya itu sendiri berbeda-beda. Sangat penting untuk mengetahui apa saja kondisi yang dapat menyebabkan nyeri dada. Jika anda sering mengeluhkan sakit dada sebelah kiri, simak beberapa penyebabnya pada pembahasan di bawah ini.

Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri

Penyebab nyeri dada sebelah kiri

Biasanya nyeri dada sebelah kiri sering dihubungkan dengan kondisi serangan jantung. Padahal sebenarnya, nyeri dada sebelah kiri juga bisa disebabkan karena masalah lainnya. Sangat penting bagi anda untuk mengetahui apa saja kondisi yang dapat menyebabkan nyeri dada, serta gejala lainnya yang ditimbulkan, sehingga anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Nah, berikut ini beberapa kondisi yang dapat menyebabkan rasa nyeri pada dada sebelah kiri.

Angina

Angina dapat menyebabkan seseorang mengalami nyeri dada sebelah kiri. Penyebab kondisi ini yaitu karena arteri ke jantung semakin menyempit, akibatnya aliran darah menjadi tidak normal. Seseorang yang mengalami angina akan merasakan beberapa gejala seperti misalkan dada sesak, dada sebelah kiri terasa sakit yang tajam atau seperti kram otot, napas terasa sesak hingga sangat lelah. Kondisi ini biasanya akan terjadi apabila seseorang telah melakukan aktivitas fisik yang memicu jantung untuk bekerja keras.

Serangan Jantung

Penyebab nyeri dada sebelah kiri selanjutnya yaitu karena serangan jantung. Serangan jantung itu sendiri merupakan kondisi dimana terjadi kerusakan pada otot jantung yang disebabkan karena tidak mendapatkan darah yang kaya akan oksigen. Seseorang yang mengalami serangan jantung akan merasakan gejala seperti dada sebelah kiri terasa sakit, dimana kondisi ini terjadi dengan mendadak. Sakit dada yang dirasakan seperti adanya tekanan, sesak pada rongga dada dan seperti adanya remasan.

Tidak hanya itu saja, pada beberapa kasus penderitanya bisa saja mengalami nyeri dan sensasi panas di tubuh bagian kiri. Bahkan lengan kiri akan menjadi nyeri, kaku, seperti ditusuk-tusuk dan lain sebagainya. Bisa saja gejala ini berpindah pada lengan kanan. Selain itu, lengan akan terasa pegal, lemah, bahkan dari kondisi normalnya lengan akan terasa berat.

Apabila nyeri dada yang anda rasakan penyebabnya karena serangan jantung, anda dengan tiba-tiba akan sesak napas. Bahkan beberapa penderitanya sebelum serangan jantung mengalami keringat dingin. Nyeri dada kiri yang disebabkan karena penyakit jantung bisa saja pindah ke bagian punggung.

Hanya saja, penderitanya tidak semua mengalami gejala-gejala seperti ini. Hal yang harus anda ingat, apabila anda mengalami nyeri dada mendadak atau perlahan, serta dalam waktu yang lama, sebaiknya anda segera memeriksakan kondisi anda pada dokter, sehingga anda bisa menangani masalah yang dialami dengan cepat.

Adanya Masalah Pada Paru-Paru

Sakit dada sebelah kiri juga bisa menandakan anda mengalami masalah paru-paru. Infeksi paru bisa menyebabkan paru mengalami peradangan, serta selaput yang terdapat di sekitar paru. Salah satu gejala yang ditimbulkan akibat kondisi ini yakni terasa nyeri pada dada sebelah kiri. Dimana rasa nyeri tersebut akan semakin terasa ketika bernapas, serta diiringi oleh batuk maupun napas yang terengah-engah.

Miokarditis

Nyeri pada bagian dada sebelah kiri dapat menjadi gejala terjadinya peradangan pada otot jantung. Dimana peradangan ini disebabkan karena virus. Tidak hanya nyeri dada saja, tanda-tanda lainnya jika anda mengalami kondisi ini yaitu napas terasa sesak, jantung iramanya tidak normal dan kelelahan.

Kondisi ini akan membuat sistem listrik jantung terpengaruh, jantung lemah atau kerusakan permanen otot jantung dapat terjadi. Apabila sudah seperti ini maka akan membuat otot jantung tidak bisa berkontraksi dalam memompa darah ke tubuh. Akibatnya penggumpalan darah pada jantung akan terjadi, serta dapat menyebabkan serangan jantung bahkan hingga stroke.

Masalah Pada Sistem Pencernaan

Nyeri dada sebelah kiri bisa disebabkan akibat adanya masalah pada saluran cerna. Ketika gas banyak terbentuk pada usus, dimana tubuh belum mengeluarkan semua gas tersebut, maka akan menyebabkan penumpukan gas, serta mendorong usus yang akan menyebabkan timbulnya nyeri dada. Selain itu, kondisi ini juga dapat disertai dengan beberapa gejala yang lainnya seperti perut kembung, serta sering bersendawa.

Masalah saluran pencernaan yang lainnya yaitu GERD, yang merupakan kondisi dimana asam lambung kembali naik ke kerongkongan. Asam lambung yang naik ke kerongkongan dapat menyebabkan rusaknya kerongkongan, serta ulu hati terasa nyeri.

Stres

Penyebab nyeri dada sebelah kiri

Stres juga dapat  menyebabkan anda merasakan nyeri pada dada. Rasa sakit yang muncul bisa pada dada sebelah kiri. Jika stres yang anda alami tidak terkendali, anda akan merasakan sesak  pada dada. Bahkan rasa sesak tersebut dapat menjadi semakin buruk selama anda mengalami stres. Selain itu, gaya hidup akan dapat menyebabkan tekanan pada jantung, akibatnya arteri mengencang, serta akan terjadi nyeri dada kiri. ( Baca juga : Dampak Buruk Stres Terhadap Otak )

Kardiomiopati

Kondisi ini bisa terjadi ketika jantung tidak bisa memompa darah atau fungsinya tidak berjalan dengan baik. Ini merupakan kondisi saat otot jantung menjadi lemah, meregang, serta pada strukturnya terdapat masalah.

Kardiomiopati dapat menimbulkan gejala seperti dada terasa nyeri disertai dengan sesak napas, pusing, jantung berdebar, pembengkakan terjadi pada pergelangan kaki, kaki, telapak kaki, urat leher dan perut.

Cedera

Cedera yang terjadi pada dada seperti adanya tekanan pada saraf serta otot meregang bisa menyebabkan dada sebelah kiri terasa sakit. Sakit yang disebabkan karena saraf tertekan dapat membuat lengan mati rasa.

Perikarditis

Pada saat perikardium mengalami peradangan ataupun iritasi, akan menyebabkan sisi kiri dada ataupun bagian tengah dada terasa seperti tertusuk. Gejala lainnya yaitu bisa saja penderitanya mengalami nyeri pada salah satu bahu ataupun keduanya.

Kerusakan Pada Otot

Melakukan olahraga yang berlebih ataupun batuk parah akan membuat otot dada mengalami penegangan. Otot dada yang tegang atau serat otot yang robek bisa menimbulkan rasa sakit, serta akan timbul bengkak baik di atas, serta pada sekitar dada.

Emboli Paru

Emboli paru merupakan kondisi dimana adanya sumbatan pada salah satu arteri di paru-paru oleh gumpalan darah. Kondisi ini dapat membuat dada sebelah kiri terasa nyeri, tekanan darah rendah, sesak napas sampai batuk darah.

Kanker Paru-Paru

Rasa nyeri pada dada bagian kiri yang tidak membaik dapat menjadi tanda kanker paru-paru. Selain itu, gejala lainnya dari kanker paru-paru yaitu terus menerus batuk, suara serak, mengi, dahak berdarah, sampai terjadinya peradangan pada paru-paru.

Itulah beberapa penyebab nyeri dada sebelah kiri. Selain itu, ada beberapa kondisi lainnya yang dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri. Untuk mengetahui penyebab pasti dan cara mengatasinya, sebaiknya anda melakukan konsultasi dan pemeriksaan pada dokter. Jangan abaikan nyeri dada yang anda alami untuk mencegah kondisi yang semakin memburuk.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply