Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan, dari Infeksi Sampai Gangguan Sistem Pernapasan

4.75/5 (16)

Pernahkah anda mengalami sakit dibagian dada kanan yang tiba-tiba?

Ya, perasaan seperti terutusuk dan rasa sakit yang tak terduga seolah ada benda tajam yang ditancapkan dibagian tersebut, seringkali membuat kita tak tahan dengan rasa sakitnya.

Kondisi seperti ini biasanya akan beriringan dengan perasaan cemas dan khawatir yang akan secara otomatis membendungi benak anda. Dari sini, hati menjadi tak tenang dan beban pikiran rasanya bertambah. Ketakutan akan adanya penyakit serius dalam tubuh adalah hal paling menyeramkan yang anda bayangkan saat ini.

Memang wajar merasakan kekhawatiran ketika terjadi sesuatu yang salah dengan tubuh anda. Hal ini tentunya dimaksudkan sebagai tindakan waspada sebelum anda didiagnosa oleh dokter tentang kondisi yang lebih buruk.

Akan tetapi, jangan pula menjadi terlalu panik sampai semua perhatian orang lain terus-terusan tertuju menyimak keluhan anda akan sakit yang anda rasakan. Pasalnya, tidak semua penyebab rasa sakit dibagian dada kanan yang anda rasakan saat ini, merupakan pertanda atau ciri dari adanya gangguan kesehatan yang bisa membahayakan diri anda.

Namun demikian, tetap saja tak dapat dipungkiiri bahwa terkadang, rasa nyeri dibagian dada tesebut tak jarang menjadi pertanda adanya ganggaun serius yang terjadi dalam tubuh anda. Bahkan, ada pula sebagian menyatakan bahwa sakit dada dibagain kanan merupakan gejala dari timbulnya sakit jantung.

Kondisi ini tentu menakutkan dan tidak akan ada orang yang tenang setelah mendengar berita ini. Akan tetapi, secara medis, posisi jantung dalam tubuh letaknya dibagian kiri, bukanlah dibagian kanan. Nah, kondisi inilah yang mungkin membuat anda galau dan dilema mengenai kemungkinan sakit yang anda rasakan saat ini.

Rasa sakit yang dialami dada bagian kanan, gejala yang dinampakannya memang kerap kali mirip dengan gejala yang dirasakan pada orang yang menderita sakit jantung, yakni dengan perasaan nyeri yang muncul secara tiba-tiba dan bahkan sakitnya terasa begitu menusuk dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

Kondisi inilah yang bukan hanya membawa kekhawatiran dibenak setiap orang, tak terkecuali orang yang ada disekitar si penderita. Akan tetapi, gejala yang dimunculkan dari sakit dada sebelah kanan inilah yang akan sangat menganggu aktivitas pada si penderitanya.

Bayangkan, ketika si penderita berada di luar rumah atau berada pada ruangan, dimana tidak ada orang didalamnya, kemudian gejala sakit dada sebelah kanan ini muncul, maka tentu saja si penderita akan merasa kewalahan menahan rasa sakitnya. Belum lagi, pertolongan pertama pada gejala yang dirasakan tidak akan mampu dilakukannya seorang diri jika mengingat sakit yang dirasakan cukup dahsyat dampaknya.

Untuk itulah, pada artikel kali ini kita akan kenali dan pahami apa saja sih penyebab sakit dibagian dada sebelah kanan yang bisa menimbulkan perasaan sakit yang cukup dahsyat itu. Nah, dengan mengetahui penyebabnya, maka diharapkan si penderita akan dapat menghindari sumbernya. Simak dibawah ini.

1. Adanya Gangguan Kandung Empedu

Penyebab pertama yang bisa mengakibatkan anda merasakan sakit dada dibagian sebelah kanan adalah karena adanya gangguan kandung empedu. Umumnya, gangguan ini akan dapat terjadi bila anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan mengandung lemak tinggi atau ketika bagian batu empedu tertahan pada saluran empedu.

penyebab sakit dada sebelah kanan

Nah, gangguan inilah yang akan dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada bagian dada sebelah kanan, yang mana kondisi ini tentunya akan sangat menganggu. Untuk itulah, sebaiknya segera bawa keluhan ini ke dokter agar penanganan yang lebih tepat bisa anda dapatkan.

2. Adanya Infeksi Akibat Virus

Timbulnya rasa sakit pada bagian dada sebelah kanan bisa juga dipicu, akibat adanya infeksi virus yang masuk kedalam tubuh. Misalkan beberapa virus yang dapat menginfeksi tubuh, diantaranya adalah virus yang dapat mengakibatkan pilek dan flu. Virus inilah yang terkadang dapat menimbulkan sakit dibagian dada sebelah kanan.

Kondisi sakit ini bahkan bisa anda rasakan sewaktu anda batuk atau sedang bernapas. Untuk mengatasi kondisi ini, maka anda harus menyembuhkan pilek dan flu yang dirasakan.

3. Adanya Peradangan Dibagian Pleura

Pleura merupakan sebuah jaringan yang terletak dibagian yang mengelilingi paru-paru. Apabila bagian ini mengalami gangguan, termasuk peradangan, maka terkadang kondisi ini akan dapat menyebabkan sakit dibagian dada sebelah kanan. Kondisi nyeri ini biasanya akan lebih kontras ketika anda batuk atau pada saat menarik napas.

4. Adanya Riwayat Cedera

Cedera adalah salah satu pemicu rasa sakit yang muncul dibagain dada. Bukan hanya bagain dada kanan saja, pada kondisi tertentu, hal ini bisa menyebabkan rasa sakit dibagian dada sebelah kiri. Nah, untuk anda para atlet, bila anda tidak memiliki riwayat jantung, maka bisa jadi sakit dada yang anda alami adalah sebab dari cedera yang pernah anda rasakan. Akan tetapi, jika anda ingin mendapatkan diagnosa yang tepat, maka sebaiknya kunjugni dokter.

5. Adanya Peradangan Pada Bagian Hati

Timbulnya inflamasi atau peradangan dibagian hati pun akan dapat mengakibatkan timbulnya rasa sakit atau rasa nyeri pada bagian tertentu anggota tubuh anda, termasuk dibagian dada sebelah kanan. Nah, untuk mengetahui kondisi ini, sebaiknya kunjungi terlebih dahulu dokter, agar anda mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui riwayat kesehatan anda sebelumya.

Membedakan Sakit Dada Sebelah Kanan dan Adanya Serangan Jantung

Setelah mengetahui beberapa penyebab yang beragam yang dapat memicu sakit dibagian dada sebelah kanan, akan tetapi anda masih khawatir dengan kondisi anda, selain pergi ke dokter adalah anda perlu mengetahui cara membedakan gejala sakit dada sebelah kanan yang anda rasakan dan ancaman serangan jantung.

Sakit jantung sebenarnya mudah untuk dikenali tanpa harus menggunakan diagnosa dokter. Akan tetapi, ternyata nyeri dada tidak selalu diartikan sebagai pertanda sakit jantung. Terkadang, nyeri yang muncul dibagian dada bisa pula menandakan penyakit lainnya, seperti beberapa penyakit yang disebutkan diatas.

Untuk sakit jantung sendiri, boasanya nyeri yang dirasakan akan seolah terasa begitu berat dan membuat anda mengalami kesulitan untuk dapat bernapas dengan normal. Pada kondisi ini, dada akan terasa berat sewktu menarik napas, seolah-olah anda seperti dililit dengan menggunakan tali dan ditarik dengan begitu kencang. Pada saat yang bersamaan, perut akan terasa mual dan munculnya perasaan cemas. Tubuh pun, pada umumnya akan bereaksi dengan mengeluarkan keringat.

Tidak terhenti sampai dibagian dada saja, bila sakit dada mengindikasikan adanya penyakit jantung, biasanya nyeri yang dirasakan akan menjalar ke bagian leher, belakang perut, lengan bagian kiri, rahang sampai terasa hingga kebagian pundak.

Selain itu, ketika perasaan nyeri dibagian dada merupakan indikasi adanya penyakit jantung, biasanya jantung akan bedenyut dengan lebih cepat dan lebih hebat. Serta dalam waktu yang bersamaan, kondisi ini akan membuat tubuh anda merasa lemas. Kondisi seperti ini umumnya, lebih banyak dirasakan pada penederita jantung setelah ia berolahraga, menyantap makanan besar atau bahkan saat dirinya tidak sedang beraktivitas.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply