Penyebab Kolesterol Tinggi yang Wajib Diketahui

Penyebab Kolesterol Tinggi yang Wajib Diketahui– Banyak yang menganggap penyakit kolesterol hanya dialami oleh orang tua saja. Padahal sebenarnya, anak muda juga dapat mengalami kolesterol tinggi. Kondisi kolesterol tinggi tentunya jangan diabaikan karena berisiko menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Nah, berikut ini informasi mengenai seputar kolesterol, mulai dari jenis-jenis kolesterol, penyebab kolesterol tinggi, pencegahan, makanan yang tidak dianjurkan hingga makanan yang dianjurkan pada penderita kolesterol tinggi yang dapat anda simak.

Mengetahui Seputar Kolesterol

Penyebab Kolesterol Tinggi

Kolesterol merupakan zat lilin berwarna putih yang hampir sama dengan lemak. Di seluruh sel tubuh kolesterol tersebar. Kolesterol sebenarnya diproduksi sendiri oleh tubuh pada hati. Hanya saja, asupan kolesterol sebagian besar kita dapatkan pada makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Saat mendengar kolesterol, mungkin banyak dari kita langsung berpikir tentang penyakit yang buruk. Padahal sebenarnya tidak selalu demikian. Tubuh tetap membutuhkan kolesterol untuk pembentukan sel serta membuat sel tetap dalam keadaan sehat. Tidak hanya itu, kolesterol juga diperlukan untuk membuat hormon, asam empedu dan vitamin D.

Dalam darah kolesterol tidak bergerak sendirian. Untuk mengalir dalam darah kolesterol bergabung dengan protein. Dimana gabungan keduanya disebut dengan lipoprotein. Nah, terdapat beberapa jenis lipoprotein yang membawa kolesterol seperti berikut ini.

LDL atau Kolesterol Jahat

Low density lipoprotein (LDL) disebut sebagai kolesterol jahat pasalnya dapat membuat pembuluh mengalami sumbatan jika dalam darah jumlahnya terlalu banyak. LDL ini yang menyebabkan penyakit jantung atau stroke.

HDL atau Kolesterol Baik

High density lipoprotein (HDL) disebut sebagai kolesterol baik pasalnya dapat membantu hati untuk mengurai kolesterol jahat atau LDL, mengubahnya menjadi empedu sebelum keluar tubuh. HDL berperan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Efeknya pembuluh darah akan terbebas dari kolesterol yang mengendap.

VLDL

Very low density lipoproteins (VLDL) mirip dengan kolesterol jahat atau LDL. Pada lipoprotein yang satu ini terkandung lemak dalam jumlah yang banyak, disebut trigliserida. Trigliserida itu sendiri merupakan lemak yang berfungsi untuk energi cadangan apabila glukosa habis sebagai energi utama. Lemak ini didapatkan dari makanan dengan kandungan tinggi lemak, serta makanan yang menjadi sumber karbohidrat.  Jika VLDL kadarnya tinggi maka akan membuat pembuluh darah mengalami sumbatan, serta meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Ciri Kolesterol Tinggi Pada Tubuh

Berikut ini beberapa ciri kadar kolesterol tinggi pada tubuh.

Terasa Nyeri Pada Dada

Saat kadar kolesterol tinggi, maka akan membuat lemak menumpuk pada arteri. Keadaan ini akan menyebabkan tidak lancarnya aliran darah menuju jantung sehingga akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada dada.

Namun, terkadang rasa nyeri yang timbul pada dada seringnya tidak dianggap serius dan hanya dianggap sebagai kelelahan semata. Padahal rasa nyeri pada dada akan dapat membuat aliran  darah tidak lancar.

Kesulitan Bernapas

Kesulitan bernapas juga menjadi ciri-ciri kolesterol sedang tinggi. Kondisi ini disebabkan karena kolesterol mengalami penumpukan pada dinding pembuluh darah paru. Akibatnya jantung tidak bisa dengan baik memompa darah pada paru-paru dan membuat tubuh kekurangan oksigen.

Tangan dan Kaki Mudah Sakit

Rasa sakit pada tangan dan kaki dapat dialami oleh seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Orang yang sudah lanjut usia biasanya akan merasakan kesemutan dan panas pada tangan dan kakinya yang akan membuat fungsinya terpengaruh. Kondisi ini menjadi tanda bahwa aliran darah di tangan dan kaki tidak lancar karena kolesterol.

Mudah Lelah

Orang yang mengalami kolesterol tinggi bisa mengalami mudah lelah. Tubuh dipaksa melakukan metabolisme, sedangkan jantung serta pembuluh darah sedang mengalami masalah. Efeknya tubuh yang mudah lelah dapat dialami oleh seseorang dengan kadar kolesterol tinggi pada tubuhnya.

Otot Mudah Lelah

Kolesterol yang dialami oleh penderita tekanan darah tinggi dapat membuat otot kaki lemah. Namun, kondisi ini juga bisa dialami oleh semua orang dengan kadar kolesterol tinggi pada tubuhnya.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Penyebab Kolesterol Tinggi

Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab kolesterol tinggi. Berikut ini beberapa penyebab kolesterol tinggi yang dapat anda simak.

Usia

Usia dapat meningkatkan risiko meningkatnya kadar kolesterol. Umur kita yang semakin tua akan cenderung meningkatkan kadar kolesterol jahat. Hal ini disebabkan karena semakin menurunnya fungsi dan metabolisme tubuh. Sehingga dengan begitu tidak heran apabila orang yang sudah lanjut usia memiliki kadar LDL tinggi jika dibandingkan dengan anak muda. Kadar LDL umumnya akan meningkat jika sudah menginjak usia 20 tahun.

Kelebihan Berat Badan

Seperti yang kita ketahui, berat badan yang berlebih tidak baik untuk kesehatan. Pasalnya, kelebihan berat badan akan meningkatkan risiko berbagai penyakit, salah satunya penyakit jantung yang disebabkan karena kolesterol meningkat. Berat badan yang berlebih dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti misalkan pola makan yang tidak sehat sampai jarang melakukan olahraga ataupun aktivitas fisik.

Agar kadar kolesterol baik, serta jahat stabil pada tubuh maka sangat penting untuk menjaga berat badan. Sehingga risiko mengalami penyakit kronis akan menurun.

Konsumsi Makanan Sehari-Hari

Konsumsi makanan sehari-hari yang tidak dijaga dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi. Makanan yang akan membuat kolesterol tinggi salah satunya yaitu fast food. Fast food ataupun cemilan junk food seperti misalkan keripik kentang dalam kemasan yang tinggi akan kandungan gula, garam, kalori, lemak jenuh serta lemak trans. Supaya kadar kolesterol tidak terus meningkat sebaiknya kurangi mengonsumsi jenis makanan ini.

Jarang Bergerak

Jarang bergerak atau kurang melakukan aktivitas dapat meningkatkan risiko kolesterol naik. Ditambah lagi jika anda tidak memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi. Pasalnya lemak akan menumpuk pada pembuluh darah, serta tidak dibakar melalui aktivitas fisik atau olahraga.

Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol juga dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Asap, serta racun yang terdapat pada rokok akan menyebabkan naiknya kadar kolesterol. Baik perokok aktif ataupun pasif memiliki risiko mengalami sumbatan pada pembuluh darah arteri yang akan menyebabkan masalah pada jantung seperti diabetes atau tekanan darah tinggi. Mengetahui seperti itu, sangat penting untuk menghindari merokok.

Tidak hanya merokok, kebiasaan minum alkohol juga harus anda hentikan karena menjadi penyebab kolesterol tinggi. Apabila mengonsumsi minuman keras dengan berlebihan maka akan menyebabkan naiknya kolesterol LDL serta trigiliserida.

Ukuran Lingkar Pinggang yang Besar

Seseorang memiliki risiko mengalami penyakit kolesterol tinggi jika memiliki lingkar pinggang 102 cm untuk pria dan 89 cm setidaknya untuk wanita.

Genetik

Jika anda mengalami kolesterol tinggi padahal sudah menerapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat, bisa jadi penyebabnya karena genetik yang diwariskan dari orangtua, kakek ataupun nenek. Sehingga jika orangtua anda atau kakek maupun nenek memiliki kolesterol tinggi atau masalah kesehatan lainnya seperti serangan jantung, aterosklerosis atau meninggal yang disebabkan oleh gagal jantung mendadak sebelum usianya 50 tahun sebaiknya anda segera melakukan check up. Hal ini dilakukan untuk mengetahui berapa besar risiko anda mewarisi penyakit tersebut sehingga anda dapat menghindari masalah yang mungkin akan terjadi di kemudian hari.

Mengalami Penyakit Tertentu

Penyebab kolesterol tinggi juga bisa karena penyakit tertentu seperti misalkan hipertensi, diabetes, penyakit ginjal dan hati, serta gangguan kelenjar tiroid. Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan meningkatkan kolesterol jahat dan membuat kolesterol baik menurun.

Bagaimana Cara Mencegah Kolesterol Tinggi?

Cara yang harus anda lakukan supaya kadar kolesterol tidak tinggi yaitu dengan menerapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat. Berikut ini beberapa cara mencegah kolesterol tinggi yang harus anda perhatikan.

Rajin Melakukan Olahraga

Melakukan aktivitas fisik atau olahraga intensitas sedang bermanfaat untuk meningkatkan HDL, serta menurunkan kadar LDL pada darah. Mengetahui seperti itu, sebaiknya anda lakukan olahraga dengan rutin dalam setiap harinya. Anda bisa melakukan olahraga setidaknya 30 menit hingga 60 menit dalam perhari.

Anda dapat melakukan olahraga yang anda sukai, baik itu berenang ataupun bersepeda. Anda juga bisa melakukan jalan santai. Anda harus tetap membuat tubuh anda aktif bergerak setiap harinya. Apabila anda aktif bergerak, maka kalori dan lemak pada tubuh akan dibakar. Selain menjadikan badan lebih bugar dan sehat, melakukan olahraga juga akan membantu anda mendapatkan berat badan yang ideal.

Menerapkan Pola Makan yang Sehat

Menerapkan pola makan sehat sangat penting dilakukan agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Makanan yang anda konsumsi setiap harinya akan mempengaruhi tubuh anda. Agar terhindar dari kolesterol tinggi, anda harus menghindari konsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh, serta lemak trans.

Alangkah lebih baik jika anda mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi serat. Makanan dengan kandungan serat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat. Tidak hanya makanan dengan kandungan serat saja, anda juga harus mengimbanginya dengan makanan yang mengandung gizi lainnya seperti protein, karbohidrat dan lemak baik.

Cara mengolah makanan pun harus anda perhatikan. Sebaiknya hindari cara pengolahan makanan digoreng. Mengolah makanan dengan cara yang lebih sehat tentunya lebih baik seperti dikukus, ditumis atau direbus.

Mengurangi Makanan dengan Kandungan Lemak

Agar kadar kolesterol tetap normal anda harus mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak. Sebaiknya anda hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, serta lemak trans seperti misalkan susu yang tinggi akan kandungan lemak dan daging merah. Untuk gantinya anda dapat mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak tak jenuh.

Hentikan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan merokok akan dapat menyebabkan HDL dalam tubuh menurun. Akibatnya LDL kadarnya akan meningkat. Selain itu, kebiasaan merokok juga tidak baik untuk kesehatan anda seperti menyebabkan dinding pembuluh darah terluka. Agar kadar kolesterol pada tubuh seimbang maka sebaiknya segera hentikan kebiasaan merokok anda.

Tidak hanya merokok yang harus dihentikan, anda juga harus menghentikan kebiasaan mengonsumsi alkohol. LDL dalam darah dapat meningkat jika anda terus menerus mengonsumsi alkohol.

Melakukan Pemeriksaan Pada Dokter

Hanya menerapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat terkadang tidak cukup untuk membuat kadar kolesterol turun. Maka dari itu, untuk membantu menurunkan kolesterol anda harus melakukan pemeriksaan pada dokter. Dokter mungkin akan meresepkan obat kolesterol untuk anda.

Namun, meskipun sudah minum obat kolesterol bukan berarti anda tidak melakukan gaya hidup sehat. Anda tetap harus mengimbanginya dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat. Selain itu, anda harus melakukan pemeriksaan dengan rutin pada dokter untuk memantau kadar kolesterol anda.

Risiko yang Akan Terjadi Jika Kolesterol Tinggi

Kolesterol memang memiliki manfaat untuk tubuh. Hanya saja, kelebihan kolesterol akan menyebabkan penumpukan pada pembuluh darah arteri dan menyebabkan sumbatan yang akan menimbulkan rasa sakit pada dada. Selain itu, kolesterol yang berlebih juga akan menyebabkan stroke dan serangan jantung. Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, olahraga dengan teratur serta menerapkan pola makan yang sehat memiliki peran yang penting.

Apa Saja Makanan yang Harus Dibatasi?

Penyebab Kolesterol Tinggi

Makanan yang tinggi akan kandungan lemak jenuh dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Beberapa makanan tersebut di antaranya yaitu :

  • Kulit ayam
  • Daging dengan lemak
  • Kuning telur
  • Santan
  • Keju
  • Mentega
  • Gorengan
  • Biskuit dan kue

Anda harus menghindari makanan yang terbuat dari bahan di atas, serta menghindari makanan siap saji. Sebaiknya jangan terlalu sering makan di luar rumah. Lebih baik makan makanan yang dimasak di rumah dengan bahan dan cara mengolah yang tepat.

Makanan Apa Saja yang Dianjurkan?

Beberapa makanan yang tinggi akan kandungan serat, serta lemak tidak jenuh dianjurkan untuk mengendalikan tingkat kolesterol. Adapun beberapa makanan yang dianjurkan seperti berikut ini.

  • Kacang-kacangan seperti walnut, kacang merah dan almond.
  • Buah-buahan seperti buah anggur, apel, stroberi dan jeruk dengan kandungan yang kaya pektin sebagai serat larut yang dapat menekan LDL. Selain itu, serat larut tinggi juga terkandung pada terong.  Mengonsumsi alpukat juga dapat anda lakukan karena tinggi akan kandungan lemak tidak jenuh.
  • Biji-bijian utuh, serta aneka jenis serelia.
  • Menggunakan minyak dari tanaman seperti minyak bunga matahari, minyak kanola, dan minyak zaitun.
  • Mengonsumsi ikan setidaknya 2 porsi perminggu akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL, yakni untuk mengganti daging, serta menjadi sumber lemak omega 3 untuk menekan LDL.
  • Kedelai serta produk dari kedelai seperti tahu, tempe dan susu kedelai. Kedelai dan produk olahan kedelai dapat membantu menurunkan kolesterol.
  • Makanan yang telah ditambahkan oleh sterol dan stanol. Keduanya akan membantu mencegah penyerapan kolesterol pada aliran darah dan akan keluar dengan sisa makanan. Kurang lebih 2 gram tanaman sterol ataupun stanol dalam perhari akan membantu menekan LDL sebanyak 10%. Anda dapat menemukan sterol dan stanol pada beberapa jenis bahan makanan seperti buah-buahan, biji-bijian, sayuran dan kacang-kacangan.
  • Teh hijau dapat membantu menurunkan kolesterol jahat pada darah. Katekin yang terkandung pada teh hijau diketahui akan membantu penyerapan kolesterol jahat pada darah.
  • Buah pisang mengandung zat inulin yang bermanfaat untuk membantu mengurangi kolesterol dari makanan yang anda makan. Dimana hal ini tentunya bermanfaat untuk membuat kadar kolesterol terkendali.
  • Oat terbuat dari gandum yang di dalamnya terkandung beta glucan yang akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Kandungan beta glucan juga akan akan membuat penyerapan kolesterol berkurang  dari makanan yang dikonsumsi. (Baca juga : Buah yang Ampuh Menurunkan Kolesterol )

Dengan demikian, menjaga kadar kolesterol agar tetap seimbang penting dilakukan. Karena kelebihan kolesterol nyatanya tidak baik dan akan meningkatkan risiko berbagai penyakit. Maka dari itu, sangat penting untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Itulah beberapa informasi seputar penyakit kolesterol yang dapat kami berikan untuk anda. Semoga bermanfaat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply