Penyebab Batuk Tidak Kunjung Sembuh yang Harus Anda Ketahui

5/5 (1)

Penyebab Batuk Tidak Kunjung Sembuh – Batuk menjadi masalah kesehatan yang umum terjadi dan biasanya akan hilang dengan sendirinya atau akan membaik setelah minum obat batuk. Hanya saja, pada beberapa orang batuk biasanya akan berlangsung lama meskipun sudah diobati. Apabila batuk tidak kunjung sembuh hingga lebih dari delapan minggu, maka itu artinya anda mengalami batuk kronis.

Dalam dunia medis, batuk yang berlangsung lama dan terus menerus yang terjadi sekitar 2 bulan maupun lebih pada orang dewasa, serta 1 bulan lebih pada anak-anak disebut dengan batuk kronis. Sebenarnya batuk kronis itu sendiri bukanlah sebuah penyakit, namun gejala dari masalah kesehatan atau penyakit. Batuk terus menerus dapat disebabkan karena beberapa faktor.  Berikut ini penyebab batuk tidak kunjung sembuh yang harus anda ketahui.

Penyebab batuk tidak kunjung sembuh

Penyebab Batuk Tidak Kunjung Sembuh

Batuk kronis sebagian besar dialami oleh para perokok aktif.  Namun, meskipun begitu banyak orang yang tidak merokok dalam kesehariannya dapat mengalami batuk kronis, baik pria maupun wanita.

Merokok memang dapat menyebabkan batuk kronis. Selain itu, ada beberapa kondisi lainnya yang dapat menyebabkan batuk tidak kunjung sembuh. Untuk mengetahuinya anda bisa simak penyebab batuk tidak kunjung sembuh di bawah ini.

Asam Lambung Naik

Batuk yang tidak kunjung sembuh dapat disebabkan karena anda mengalami GERD. GERD merupakan kondisi naiknya asam lambung ke kerongkongan yang akan menyebabkan iritasi.

Asam lambung naik yang disebabkan karena GERD pada umumnya ditandai dengan gejala khas, pada bagian dada muncul sensasi seperti terbakar. Selain itu, batuk yang tidak kunjung sembuh dapat menjadi penyebab asam lambung naik. Kondisi ini menjadi penyebab batuk tidak kunjung sembuh yang cukup umum. Namun, hingga saat ini belum diketahui penyebabnya dengan pasti.

Asma dan Alergi

Asma merupakan penyakit kronis yang diakibatkan oleh peradangan pada saluran pernapasan. Karena peradangan ini saluran pernapasan akan mengalami pembengkakan dan menjadi sensitif. Kondisi ini menyebabkan menyempitnya saluran pernapasan dan udara yang mengalir ke paru-paru akan berkurang. Selain itu, sel pada saluran pernapasan bisa saja membuat lendir lebih banyak sehingga akan semakin mempersempit saluran pernapasan.

Penyakit asma selain ditandai dengan sesak napas, juga biasanya ditandai dengan batuk yang tidak kunjung sembuh. Batuk biasanya sering dialami saat malam hari.

Memang tidak mudah untuk membedakan penyebab batuk kronis karena asma atau bukan. Namun anda dapat mengenalinya jika, batuk semakin parah saat anda menyentuh bulu hewan dan menghirup debu atau serbuk sari. Apabila seperti itu, kemungkinan besar batuk yang anda alami dapat disebabkan karena asma atau alergi. ( Baca juga : Ketahui Jenis Penyakit Paru yang Terjadi Akibat Kebiasaan Merokok)

Saluran Pernapasan Mengalami Infeksi

Anda mungkin akan mengalami batuk saat mengalami infeksi pernapasan seperti flu, pilek dan infeksi saluran pernapasan lainnya. Virus penyebab batuk ini akan dapat menyebabkan hidung anda tersumbat, bahkan menyebabkan demam selama beberapa hari. Jika demam dan pilek yang anda alami sudah berkurang, terkadang batuk tetap ada bahkan sulit sembuh. Keadaan ini bisa saja disebabkan karena saluran udara pada paru-paru masih mengalami peradangan. Dimana keadaan ini disebut sebagai postnasal drip.

Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)

PPOK menjadi salah satu penyebab batuk tidak kunjung sembuh yang cukup umum. Penyakit ini akan menyebabkan paru-paru menghasilkan lendir yang berlebihan. Karena seperti itu, tubuh akan membersihkan timbunan lendir dengan refleks batuk. Rusaknya jaringan paru karena PPOK akan membuat penderitanya menderita sesak napas pada waktu yang sama.

Bronkitis Akut

Batuk yang tidak kunjung sembuh selama berminggu-minggu mungkin saja menjadi gejala penyakit bronkitis akut. Penyakit ini dapat disebabkan karena terjadinya peradangan, serta pembengkakan saluran pernapasan pada paru-paru. Penyakit yang satu ini disebabkan karena virus yang sama dengan penyakit flu. Penyakit flu tersebut seringkali dapat menjadi penyebab bronkitis akut.

Bronkitis akut adalah penyakit pernapasan yang umum terjadi. Laki-laki maupun wanita memiliki risiko yang sama mengalami penyakit yang satu ini. Bahkan penyakit ini dapat terjadi pada semua usia.

Batuk yang terjadi selama berminggu-minggu setelah infeksi hilang menjadi tanda atau gejala pada penyakit bronkitis akut. Selain batuk, kondisi ini juga dapat ditandai dengan menggigil, demam, sakit tenggorokan. Dimana semua itu mirip dengan gejala flu pada umumnya. Gejala tersebut biasanya akan hilang selama beberapa hari. Namun, anda tetap akan mengalami batuk selama berminggu-minggu.

Pertusis

Batuk rejan dikenal juga sebagai pertusis. Penyakit ini sangat menular, baik melalui hidung maupun mulut. Batuk rejan biasanya akan ditandai dengan batuk parah dengan tarikan napas yang bernada tinggi.

Batuk rejan biasanya lebih sering terjadi pada bayi dan anak kecil. Namun, juga bisa terjadi pada pasien usia berapapun. Penyakit ini akan membuat dada anda terasa sesak dengan disertai batuk parah yang tidak akan kunjung sembuh.

Polusi Udara

Masuknya zat kimia atau polutan di udara dapat menyebabkan batuk tidak kunjung sembuh. Meskipun anda terpapar asap dalam waktu beberapa detik saja, biasanya akan memicu batuk, iritasi paru, hidung gatal, bahkan dapat memperparah gejala asma atau alergi.

Konsumsi Obat Tekanan Darah

Pada sebagian orang, batuk terus menerus dapat disebabkan karena konsumsi obat tertentu, khususnya obat penghambat enzim pengubah angiotensi. Dimana obat ini biasanya akan diresepkan untuk pasien yang menderita tekanan darah tinggi ataupun pasien yang menderita gagal jantung. ( Lihat juga : Tips Mencegah Penyakit Asma Agar Tidak Kambuh Lagi)

Cara Meredakan Batuk Tidak Kunjung Sembuh di Rumah

Untuk mengatasi batuk yang tidak kunjung sembuh, tentu harus sesuai dengan penyebabnya. Anda dapat berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui cara penanganan yang tepat. Selain itu, anda juga dapat melakukan beberapa perawatan mudah yang dapat dilakukan di rumah untuk meredakan gejala batuk yang anda alami, seperti berikut:

  • Sebaiknya perbanyak asupan cairan. Anda dapat minum minuman hangat seperti air putih ataupun teh agar lendir yang menggumpal pada tenggorokan menjadi encer. Selain itu, konsumsi sup hangat pun dapat menjadi pilihan.
  • Apabila anda menderita asam lambung, sebaiknya hindari konsumsi makanan atau minum minuman yang dapat memicu asam lambung seperti makanan asam, cokelat, makanan pedas, mint dan kafein.
  • Untuk meredakan iritasi tenggorokan, anda dapat menghisap permen pereda batuk.
  • Sebaiknya hindari merokok atau lingkungan yang banyak perokok untuk mencegah agar asap tidak mengendap pada paru-paru.
  • Anda dapat menjaga kelembaban udara agar saluran pernapasan lancar. Apabila tidak memungkinkan anda dapat mandi dengan menggunakan air hangat atau menghirup uap air panas.
  • Penting untuk menjalani gaya hidup sehat dengan menghindari konsumsi makanan pedas, makanan manis dan lainnya untuk melindungi hidung atau tenggorokan anda agar tidak terjadi peradangan yang akan semakin serius.

Batuk terus menerus yang tidak kunjung sembuh sebaiknya jangan diabaikan, apalagi jika disertai dengan gejala-gejala lainnya. Sebaiknya segera periksakan pada dokter untuk diketahui penyebabnya dan ditangani dengan tepat.

Artikel ini di review oleh Bidan Pevi Revina sTR.Keb

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply