data-ad-format="auto"

Penyakit Influenza, Penyebab dan Cara Penanganannya

Penyakit influenza adalah salah satu penyakit yang paling sering menjangkiti banyak masyarakat, tak terkecuali masyarakat Indonesia.

Saking seringnya, ketika seorang penderita mengalami penyakit ini, maka sudah bukan barang baru bagi orang-orang sekitarnya. Bahkan tak sedikit orang yang menganggap bahwa penyakit ini bukanlah penyakit langka atau penyakit berbahaya yang perlu diberikan respon yang berlebih. Lantas benarkah demikian?

Tentu tidak, yang namanya penyakit tentu tidak ada penyakit yang baik, bagus atau nikmat ketika menyerang penderitanya. Hal ini tentu saja akan membuat si penderita merasa terganggu dengan gejala dan resiko dari serangan penyakit ini. Selain itu, beberapa hal yang perlu diwaspadai dari sebuah penyakit adalah penyebaran, penularannya dan pencegahan sebelum penyakit ini berkembang dan berubah menjadi penyakit berbahaya yang akan menjalar hingga ke seluruh tubuh sehingga membuat kesehatan semakin terganggu dan pada akhirnya membuat penyakit ini berubah menjadi penyakit lain yang serius yang membutuhkan penanganan serius dari tim medis.

Untuk itulah, salah satu pencegahan paling efektif dari sebuah penyakit adalah dengan menjaga kesehatan dan senantiasa menjalani pola hidup yang sehat. Karena dengan begini, segala penyakit akan dapat dihindari dengan baik. Nah, agar kita bisa memahami dengan baik apa itu penyakit influenza dan bagaimana bahayanya terhadap tubuh, maka mari kita simak lebih mendalam mengenai apa itu penyakit influenza dibawah ini.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Penyakit Influenza

Secara bahasa, penyakit influenza berasal dari bahasa Italia yang berarti "pengaruh". Maksudnya arti kata ini merujuk pada penyebab dari si penyakit ini sendiri. Pada awalnya, penyakit ini disebabkan akibat dari pengaruh astrologis yang kurang baik. Perubahan opini medis membuat nama dari penyakit ini berubah menjadi influenza del freddo, yang berarti "pengaruh dingin".

Penggunaan kata influenza pertama kali dipergunakan dalam bahasa Inggris untuk menyebutkan penyakit yang kita ketahui pada tahun 1703 yang dinyatakan oleh J Hugger dari Universitas Edinburgh.

Penyakit yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan flu, yakni sebuah penyakit yang sifatnya menular. Adapun penyebab dari penyakit ini adalah virus RNA yang bersal dari familia Orthomyxoviridae yakni virus penyebab influenza. Virus ini diketahui menyerang unggas dan juga mamalia. Adapun gejala penyakit ini diantaranya adalah demam, nyeri pada tenggorokan, otot nyeri, batuk, kelemahan dan perasaan yang tidak nyaman.

Nah, mengingat dampaknya ini dapat menyebabkan kondisi yang tidak nyaman pada si penderita, tentu penyakit ini bukanlah penyakit ringan yang bisa dianggap remeh dan disepelekan. Tentu saja, ketika penyakit ini menyerang, maka penting sekali untuk si pederita bisa mencari solusi untuk dapat membuat gejala ini menjadi lebih baik.

Penularan Penyakit Influenza

Penyakit flu yang satu ini sifatnya menular. Adapun mekanisme penularannya bisa melalui batuk, bersin yang akan dapat menimbulkan aerosol atau percikan lendir/air yang keluar dari mulut atau hidung yang mana aerosol ini mengandung virus flu.

Selain itu, penyakit ini dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan tinja burung atau ingus, atau melalui kontak dengan permukaan yang telah terkontaminasi dengan virus influenza. Aerosol yang terbawa oleh udara diduga dapat menimbulkan sebagian besar infeksi, meskipun jalur penularan mana yang paling berperan dalam penyakit ini belum jelas betul.

Sebenarnya, virus influenza dapat diinaktivasi dengan menggunakan sinar matahahari, deterjen dan disinfektan. Untuk itu, dengan sering mencuci tangan, maka akan dapat mengurangi resiko terkena virus ini. Dengan demikian, biasakan dari sekarang untuk selalu menjaga hidup bersih dan menjaha kesehatan seperti halnya dengan seringnya mencuci tangan dengan menggunakan sabun untuk membunuh kuman agar virus penyebab flu bisa dihilangkan.

peyakit influenza

Penyebab Penyakit Influenza

Nah, dibawah ini beberapa virus penyebab flu yang perlu anda ketahui.

Virus Influenza A

Genus yang satu ini memiliki satu spesies, yakni virus influenza A. Unggas akuatik liar merupakan inang alamiah untuk sejumlah besar ragam dari influenza A. Kadangkala, virus ini dapat ditularkan dari spesial lain dan akan dapat menimbulkan wabah yang berdampak cukup besar terhadap peternakan unggas atau dapat menimbulkan suatu pandemi influenza pada manusia.

Virus tipe A merupakan patogen manusia paling varulen di antara ketiga tipe influenza dan dapat menimbulkan penyakit yang paling berat.

Virus Influenza B

Virus jenis ini hampir secara eksklusif haya dapat menyerang manusia dan lebih jarang dibandingkan dengan influenza jenis A. Hewan lain yang diketahui akan dapat terinfeksi oleh infeksi influenza B adalah musang dan juga anjing laut.

Virus Influenza C

Virus influensa golongan ini dapat menginfeksi manusia, anjing dan juga babi dan terkadang menimbulkan penyakit yang berat dan epidemi lokal. Akan tetapi demiian, virus influenza C ini lebih jarang terjadi dibandingkan dengan jenis virus lainnya dan biasanya hanya dapat menimbulkan penyakit yang ringan pada anak-anak.

Menurut susunan, virus-virus tersebut memiliki kekerabatan yang jauh dengan virus parainfluenza pada manusia yang merupakan bagian dari viru RNA yang merupakan keluarga dari paramyxovirus yang merupakan penyebab paling umum dari gangguan pernapasan yang terjadi pada anak-aak, seperti halnya croup (laryngotracheobronchitis), akan tetapi juga dapat menimbulkan penyakit yang serupa dengan influenza yang terjadi pada orang dewasa.

Penyakit influenza memang memiliki tingkatan tersendiri, mulai dari tingkatan yang ringan higga tingkatan yang akut atau sulit sekali untuk disembuhkan. Untuk itulah, penting sekali menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kebersihan, sebab jika tidak maka kerugian akan dapat anda rasakan sendiri.

Meski sebagian besar orang menganggap penyakit ini sebaga gangguan penyakit yang ringan, akan tetapi dalam kondisi tertentu penyakit ini akan jauh lebih berbahaya karena akan dapat menimbulkan penyakit pernapasan lainnya seperti halnya radang paru-paru, bronkitis atau bahkan komplikasi lainnya.

Gejala Penyakit Influenza

Nah, untuk mengetahui lebih dalam seperti apa penyakit influenza, maka penting sekali mengenali beberapa gejala dari penyakit ini. Agar demikian, ketika anda mengalami beberapa gejalanya, maka segeralah bawa dan periksakan ke dokter agar penanganan yang lebih tepat bisa dilakukan.

Pada gejala flu influenza, flu seperti pilek biasa dengan hidung yang berair, bersin dan juga timbulnya pembengkakan dibagian tenggorokan. Hal inilah yang akan membuat penderita influenza akan merasa kepayahan menahan rasa sakit yang ditimbulkan dari penyakit ini.

Pada penyakit influenza, pilek akan dapat berkembang dengan lambat dan flu datang dengan mendadak dan tiba-tiba. Meskipun dalam hal ini pilek dapat menjadi gangguan dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Akan tetapi demikian, anda umumnya akan lebih khawatir pada flu dibandingkan pada pilek yang sedang dialami.

Adapun beberapa tanda dan gejala lain dari penyakit ini diantaranya adalah:

Demam

Demam adalah beberap gejala yang akan mungkin dinampakan dari penyakit influenza. Ketika anda mengalami influenza, demam yang akan dialami bisa mencapai 38 derajat pada orang dewasa dan bahkan suhu ini bisa meningkat sampai 39,5 derajat sampai dengan 40,5 derajat pada anak-anak.

Nah, kondisi seperti ini akan tentu saja membuat siapa saja panik ketika demam ini terjadi. Bahkan bila terjadi pada anak-anak, hal ini tentu saja akan membuat setiap orangtua khawatir dan terus-terusan dihantui dengan perasaan cemas.

Panas Dingin dan Berkeringat

Gejala ini adalah gejala lain dari penyakit influenza. Gejala yang satu ini pun umumnya datang dengan tiba-tiba bahkan ketika penderitanya sedang beraktivitas sekalipun. Suhu panas pada badan datang dengan disertai dengan keringat yang dingin. Maka tidak heran, ketika hal ini terjadi, maka penderita influenza akan merasa tidak nyaman dan tergaggu dengan keadaan ini.

Batuk Kering

Batuk adalah salah satu gejala yang akan ditimbulkan dari penyakit influenza. Kondisi seperti ini tentu saja membuat tidak nyaman, selain menganggu batuk kering ini tentu saja akan membuat bagian ternggorokan terasa sakit.

Nyeri Otot

Nyeri dibagian seluruh tubuh terutama bagian otot-otot adalah gejala lain yang dinampakan dari penyakit influenza. Untuk itu, penderta penyakit ini disarankan untuk mendapatkan istirahat yang cukup dan konsumsi obat-obatan yang sudah diresepkan oleh dokter. Jangan lupa pula untuk mengkonsumsi banyak air putih sebagai detoks alami untuk mengeluarkan racun dan toxic dari dalam tubuh.

Hidung Tersumbat

Kondisi seperti ini adalah hal yang paling sering dijumpai dan paling sering dijadikan indikasi pada penyakit flu. Hidung yang tersumbat umumnya adalah gejala awal dari pilek. Selain konsumsi obat-obatan, istirahat yang cukup dan tidur menyamping melawan bagian yang tersumbat adalah cara yang cukup untuk meredakan hidung tersumbat sementara waktu.

Kelelahan dan Lemah

Poin yang satu ini erat kaitannya dengan nyeri dibagian otot. Perasaan nyeri dari seluruh tubuh, membuat anda akan merasa cepat lelah dan tubuh yang lemah akibat tidak adanya tenaga. Untuk itu, istirahat, waktu tidur yang cukup dan konsumsi obat-obatan yang teratur dari dokter adalah solusi paling efektif untuk mengatasi lelah yang satu ini.

Pencegahan Penyakit Influenza

Mencegah tentu akan lebih baik daripada mengobati. Begitupun dengan penyakit influenza, mengetahui cara pencegahan penyakit yang satu ini akan dapat membuat anda terhindari dari penyakit yang satu ini. Seperti apa saja hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit influenza bisa dilakukan dengan beberapa hal berikut ini.

Rajin Mencuci Tangan

Seperti yang telah dibahas diatas, virus dan bakteri penyebab flu ini dapat diinaktivasi dengan sinar matahari dan disinfektan atau sabun. Dengan demikian, membiasakan diri mencuci tangan dengan menggunakan sabun akan menjadi langkah awal menjalani hidup yang sehat.

untuk itu, pastikan rajin mencuci tangan setiap habis menyentuh barang, hendak pergi tidur atau bahkan saat setelah tangan anda menyentuh kotoran.

Makan dan Tidur dengan Teratur

Diet dan kurang tidur adalah kebiasaan buruk yang akan dapat melemahka sistem imunitas anda. Ketikan sistem imun dalam tubuh melemah, maka akan lebih rentan untuk penyakit bisa menjangkiti dan menulari tubuh anda, termasuk dengan penyakit influenza. Selain itu, penyebaran terhadap penyakit ini pun akan lebih mudah masuk kedalam tubuh.

Untuk itulah, bukan tidak boleh menjalankan diet. Hanya saja, sebaiknya jalankanlah diet yang sehat dengan konsumsi buah dan sayur dan menghindari makanan berlemak dan berkalori yang tinggi. Selain itu, dapatkan waktu tidur yang cukup agar tubuh terasa lebih bugar dan anda akan terlihat lebih ceria.

Demikian penjelasan mendalam mengenai peyakit influenza, semoga bermanfaat untuk anda.

Loading...

Follow us