Penyakit Herpes Simplex

3/5 (2)

Penyakit herpes sendiri dikenal menjadi dua macam, yaitu penyakit herpes kulit dan penyakit herpes genital. Untuk penyakit herpes kulit yang menyerang seluruh permukaan kulit sedangkan untuk bagian kulit kelamin yang diserang adalah bagian kulit dan sekitar alat kelamin. 

Apa itu Herpes ?

Penyakit cacar yang merupakan penyakit radang kulit kemudian ditandai dengan adanya gelembung berisi air, umumnya berkelompok.Penyakit cacar atau dikenal dengan herpes ini dikenal dengan dua golongan yaitu herpes simplex dan herpes zoster, keduanya memiliki kesamaan disebabkan karena virus. 

Herpes zoster dikenal juga dnegan istilah infeksi pada bagian kulit yang merupakan lanjutan dari cacar air yang disebabkan virus dan menyerang bagian tubuh yang sama. Sedangkan untuk perbedaannya dengan cacar air, herpes ini memiliki perbedaan dengan adanya gelembung yang lebih besar kemudian pada bagian tertentu diseluruh badan dan dibagian punggung atau dada. Sama halnya dengan penyakit yang disebabkan karena virus, penyakit herpes simplex dapat menular melalui udara diantaranya adalah melalui batuk, bersin dan pakaian yang tercemar dengan sentuhan gelembung kulit yang pecah.

Sedangkan untuk herpes simplex dibagi menjadi dua bagian diantaranya adalah herpes simplex dengan virus-1 dimana menyerang bagian pinggang dan mulut. Bahkan di Amerika Serikat, orang dewasa kurang lebih 30-90% terkena herpes kulit.Gejala bagi penderita herpes tipe ini adalah mengalami sariawan dan ruam lepuh , meskipun sudah diobati akan tetapi tidak dapat sembuh secara total,melainkan bisa muncul lagi.

Bagaimana Gejala Herpes ?

Gejala yang ditimbulkan oleh virus herpes simpleks  terkadang tidak nampak, bahkan tersembunyi atau bersifat laten.Virus ini dapat bersembunyi didalam sel-sel saraf, sedangkan ketika kambuh akan bergerak maju melalui saraf hingga pada bagian luka.Untuk anda yang baru saja pertama kali mengalami infeksi herpes, perhatikan gejala berikut ini:

Luka yang terbuka sehingga tampak berwarna merah tanpa mengalami rasa gatal, sakit ataupun geli.
Pada bagian genital yang terkena virus ini akan mengalami sensasi gatal, geli dan juga rasa sakit.
Bahkan luka yang melepuh dan pecah kemudian terbuka dibagian genital, paha, rektum dan juga bokong
Mengalami rasa sakit ketika buang air kecil
Mengalami sakit punggung pada bagian bawah
Terinfeksi virus herpes akan mengalami gejala flu seperti seperti nafsu makan,demam bahkan kelelahan
Mengalami luka yang terbuka pada leher rahim
Virus herpes akan mengalami kondisi tidak aktif kemudiaan beberapa waktu kembali aktif sehingga penderita yang pernah mengalaminya mungkin akan kembali menderita herpes lagi. Pada saat terinfeksi pertama kali oleh virus herpes ini akan menghasilkan antibodi melawan virus. Hanya saja ketika tubuh mengenali virus ini kekuatan yang dibutuhkan tubuh untuk melawan virus  tidak lebih efektif.

Pencegahan Herpes Genital 

Pencegahan untuk herpes genitalis salah satu caranya adalah dengan tidak melakukan kontak fisik terutama hubungan seksual dengan penderita herpes gentialis.Herpes simplek disebarkan melalui kontak langsung penderita , melalui lecet kecil dan pada kulit yang terkadang selaput lendir atau daerah genital dari individu yang terinfeksi. 
Untuk membantu pencegahannya, cara yang dilakukan diantaranya adalah dengan langkah-langkah dibawah ini:
Penggunaan pengamanan ketika melakukan hubungan seksual yang dapat menjadi pencegahan dari herpes genital yang paling sederhana. Dengan penggunaan kondom maka risiko akan berkurang hingga 30% dibandingkan yang tidak menggunakan pengaman. Meskipun demikian penggunaan kondom tidak dapat menutupi semua daerah kulit sehingga kemungkin terinfeksi masih tinggi. 
Menggunakan obat antivirus yang dapat mencegah terjadi herpes genitalis dari penderita. Penggunaan obat ini dapat mengurangi risiko penularan. Selain itu pencegahan yang dilakukan dapat pula menggunakan dental dam yaitu mengurangi terjadinya kontak kulit yang diderita herpes genitalis, dental dan ini mengurangi penyebaran dari penderita herpes genitalis ke mulut yang belum terinfeksi.

Bagaimana Perbedaan Herpes Genital ?

Herpes  genital hampir sama dengan herpes pada umumnya, luka yang melepuh dan berwarna kemerahan yang terasa sakit pada bagian genital. Selain itu penyebab dari herpes genital adalah virus herpes simpleks yang dibagi menjadi dua tipe yaitu virus tipe  (HVS-1) dan juga tipe virus kedua yaitu (HSV -2).Virus herpes tipe ini sangat mudah menular, bahkan kadang sulit dibedakan karena infeksi dari virus ini tanpa mengeluarkan gejala . Gejala yangn sulit dibedakan dengan kondisi normal inilah yang tidak menyadari penderita terinfeksi herpes.

Bagaimana Pengobatan Herpes Genital ?

Sama halnya dengan penyakit yang disebabkan oleh virus, penyembuhan yang terjadi karena infesi HSV  sulit diseembuhkan ,dengan bantuan obat-obatan hanya untuk mengendalikan gejala yang muncul karena infeksi virus. Beberapa diantara obat-obatan yang digunakan adalah asiklovir, famsiklovir atau valasiklovir.

Bagaimana apabila herpes genital terjadi pada ibu hamil ?

Kemungkinan herpes genital pada ibu hamil diantaranya adalah karena hubungan seksual dengan penderita herpes,kemungkinan terjadi karena adanya pertukaran cairan sperma dengan cairan wanita.Meskipun penelitan menemukan tidak ada hubungan penularan organ gelital dengan penyerangn  herpes mulut. 

Penularan herpes genital pada wanita lebih beresiko dua kali lipat dibandingkan pada pria. Tingginya resiko ini dikarenakan anatomi genital wanita yang lebar dan terbuka.Wanita yang terkena penyakit herpes pada saat remaja maka akan berpotensi kambuh kembali yang disebabkan karena infeksi pada usia lanjut. 

Pengaruh yang dialami oleh ibu hamil yang mengalami herpes bervariasi, kondisi ini akan membahayakan janin. Infeksi yang terjadi pertama kalinya pada saat hamil,biasanya memiliki masa aktif yang lebih lama ketimbang dengan herpes yang berkembang kembali didalam tubuh penderita.

Infeksi yang terjadi pada ibu hamil akan membuat tubuh tidak dapat cukup dengan antibodi yang menyerag herpes sehingga tubuh tidak dapat memberikan kekebalan tubuh pada saat virus herpes menyerang.
Bahaya virus herpes pada ibu hamil.seperti yang dilansir dalam tim New York Times bahwa herpes dapat menyebabkan keguguran, sehingga untuk mengurangi resiko tersebut ibu hamil harus melakukan pemeriksaan ke dokter untuk membantu mengetahui perkembangan virus herpes.

Tips Mencegah Penularan Herpes Pada Bayi 

Mencegah penularan herpes dari ibu hamil ke bayi diantaranya adalah dengan memisahkan handuk dan juga alat mandi bayi. Kemudian mencegah dan menjaga kebersihan alat makan bayi, kemudian mencuci tangan setelah menyentuh luka.Saat herpes kambuh dan menyerang bagian mulut jangan mencium bayi hingga luka benar benar sembuh. Sedangkan untuk ibu hamil dilarang menyentuh bayi terutama pada ibu tengah herpes.
Dengan demikian bagi ibu hamil yang terkena herpes ,kebersihan sangat diutamakan terlebih dalam penggunaan peralatan yang berhubungan atau bersentuhan langsung dengan kulit bayi. 

 

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel