Darah Tinggi, Gejala, Penyebab dan Penanganan

Apa Saja Penyebab Tekanan Darah Tinggi?

Penyebab tekanan darah tinggi yang utama adalah kebiasaan dan gaya hidup yang kurang sehat yang dijalankan oleh si penderita. Misalnya seperti kebiasaan konsumsi alkohol, suka merokok, kurang berolahraga atau kurang beraktifitas, stress, konsumsi makanan dengan kadar garam yang berlebihan, konsumsi makanan atau minuman dengan kandungan kafein dan sering mengkonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol yang tinggi juga sebagainya. Disamping menyebabkan tekanan darah tinggi, gaya hidup yang kurang sehat pun akan dapat menyebabkan seorang pasien mengalami gangguan terhadap kondisi kesehatan lainnya.

Tekanan darah tinggi pun dapat disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Orang yang memiliki kerabat atau anggota keluarga yang menderita Tekanan darah tinggi maka besar kemungkinannya ia terkena dengan kondisi yang sama. Sebuah riset melaporkan bahwa faktor genetik yang menyebabkan hipertensi menjadi salah satu faktor umum yang paling banyak terjadi.

Lantas bagaimana dengan sikap emosional atau kondisi yang membuat seorang sering marah dan meledak? Apakah sikap tersebut berkaitan dengan penyebab hipertensi atau darah tinggi? Sebagaimana dijelaskan oleh para peneliti bahwa hal ini tidaklah sepenuhnya benar. Lebih jauhnya mereka menepis anggapan yang menyatakan kondisi emosional seseorang dengan penyakit perkembangan penyakit hipertensi.

Sebaliknya, para peneliti menyatakan bahwa hipertensi tidak ada hubungannya dengan sifat atau sikap seseorang. Pada faktanya kondisi hipertensi dapat menyerang seseorang dalam segala lapisan dan segala usia, bahkan anak-anka sekalipun. (Artikel menarik lainnya: Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Diabetes )

Resiko Mengidap Tekanan Darah Tinggi

Penyebab tekanan darah tinggi sebenarnya belum dapat dipastikan lebih dari 90 persen kasus. Hanya saja, semakin lanjut usia seorang maka resiko kesehatan ini pun akan dapat meningkat. Nah, dibawah ini adalah beberapa faktor yang juga dapat memicu peningkatkan resiko hipertensi.

  • Berusia diatas 65 tahun
  • Terlalu banyak mengkonsumsi minuman keras
  • Jarang konsumsi buah dan sayur
  • Jarang berolahraga
  • Memiliki riwayat keluarga dengan kondisi yang sama (hipertensi)
  • Kelebihan berat badan
  • Konsumsi kadar garam terlalu berlebihan.

Resiko mengidap hipertensi akan dapat dikurangi dengan mengubah hal-hal diatas dengan baik dan mulai beralih pada gaya hidup yang lebih sehat. Pemeriksaan tekanan darah menjadi hal penting yang perlu dilakukan secara rutin untuk menjaga kondisi terburuk atau serangan hipertensi yang terjadi secara mendadak dan tiba-tiba.

Pencegahan dan Penanganan Tekanan Darah Tinggi

Jika tekanan darah anda tinggi, maka pantaulah dengan ketat sampai angka tersebut rutin samapi anda  dapat mengendalikannya dengan baik. Pada umumnya dokter akan menyarankan anda untuk mulai merubah pola hidup anda pada hal yang lebih baik termasuk dapat pengobatan untuk tekanan darah tinggi sekaligus melakukan pencegahan. Nah, dibawah ini adalah beberapa pencegahan dan penanganan terhadap hipertensi atau kondisi tekanan darah tinggi.

  • Berhenti merokok
  • Mengurangi konsumsi garam dan kafein
  • Menurunkan berat badan apabila diperlukan
  • Mengurangi konsumsi alkohol dan minuman keras
  • Konsumsi makanan sehat untuk mengimbangi pola hidup anda.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari pembahasan kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan anda pengetahuan lebih banyak seputar tekanan darah tinggi dan penanganannya dengan lebih baik. Berikut ini mari kita simak ulasan lebih dalam dari video berikut ini seputar penyakit darah tinggi.

{youtube}GWyhC3h9r7o{/youtube}

Pages ( 2 of 2 ): « Sebelumnya1 2

Tinggalkan komentar

Show Buttons
Hide Buttons