data-ad-format="auto"

Pentingkah Tidur Siang Untuk Ibu Hamil?

Ibu hamil seringkali mengalami gangguan dalam beraktivitas, faktor yang seringkali dialaminya disebabkan karena perubahan fisik dan psikis ibu hamil. Contohnya Ibu hamil yang sudah memasuki trimester akhir mengalami perubahan perut yang semakin membesar dan tidak dapat beraktivitas.

Seiring dengan perubahan fisik dan psikis ibu hamil maka penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran selama kehamilan. Salah satu aktivitas yang dapat anda lakukan adalah dengan istirahat cukup yang dapat dilakukan dengan tidur siang. Betulkah dengan tidur siang ibu hamil dapat mengembalikan kebugaran dan menjaga kesehatan?

Pentingnya tidur siang dikarenakan ibu hamil seringkali merasakan lelah, lesu dan lemah yang disebabkan karena adanya perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan anda. Apabila anda kurang beristirahat maka kondisi anda semakin memburuk dan berdampak pada perkembangan janin anda.

Ibu hamil sangat disarankan untuk tidur malam yang cukup dan juga dapat menyempurnakannya dengan menyempatkan diri untuk tidur siang. Dengan tidur siang yang cukup maka dapat membantu anda dalam mengembalikan energi yang hilang bahkan dapat bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Manfaat yang dapat anda lakukan dengan tidur siang secara teratur maka dapat mempertajam memori dan lebih kosentrasi.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Dianjurkan ibu hamil menyempatkan tidur siang terutama pada usia kehamillan trimester pertama dan terakhir. Hal yang harus anda ketahui bahwa ibu hamil yang tidur siang tidak mempermasalahkan durasi waktu karena masing masing memiliki aktivitas yang berbeda. Terpenting bagi anda memiliki kualitas tidur yang baik.

Ibu hamil dapat tidur selama 2 hingga 3 jam, hal ini tergantung usia ibu hamil.Penting untuk anda ingat, ibu hamil sebaiknya dapat mengatur tidur siang dengan baik sehingga tidak dapat menggangu waktu tidur malam. Apabila telat terjadi waktu tidur siang maka dapat mempengaruhi dan menggangu jam tidur malam anda sehingga tidak berpengaruh pada ibu hamil ketika tidur malam hari. Bagi anda ibu hamil yang memiliki aktivitas di luar rumah dapat mengatur tidur siang sesuai dengan kebutuhan anda. Misalnya ketika tubuh anda mengalami kelelahan dan lesu maka merupakan tanda bahwa ibu hamil membutuhkan tidur siang.

Sehingga banyak ibu hamil yang bertanya-tanya pentingkah tidur siang bagi ibu hamil? Penting atau tidaknya tidur siang tergantung dengan kebutuhan ibu hamil . Bagi ibu hamil yang sudah terbiasa dengan aktivitas di siang hari maka kemungkinan kebutuhan tidur siang lebih kecil dan dapat anda lengkapi dengan kecukupan tidur di malam hari.

Dengan demikian menjaga kesehatan dapat anda jaga dengan pola makan dan gaya hidup sehat salah satunya dengan tidur yang cukup di malam hari. Anda dapat pula menambahkan tidur di siang hari tetapi dalam waktu yang terjadwal dan tidak terlalu lama dikhawatirkan akan mengganggu kebiasaan tidur anda di malam hari.

Loading...

Follow us