data-ad-format="auto"

Penting! Berikut Daftar Makanan yang Harus Dihindari Selama Menyusui

Menyusui banyak disarankan kepada ibu yang baru saja melahirkan buah hatinya, sebab kegiatan yang satu ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Bahkan sebuah riset menunjukan jika bayi yang menyusui memiliki resiko yang rendah terhadap serangan penyakit perut, paparan virus serta infeksi telinga. Selain itu, anak-anak yang mendapatkan ASI juga memiliki resiko yang randah terhadap pengembangan alergi dan obesitas dan juga nampaknya memiliki efek yang baik terhadap kecerdasan anak.

Sama halnya ketika ibu hamil, asupan makanan yang berkualitas juga sama pentingnya untuk dijaga pada periode menyusui. Ibu yang menyusui harus mampu mengatur dan memahami makanan apa saja yang masuk ke tubuhnya. Hal ini semata-mata bukan saja untuk memperlancar atau memperbanyak produksi ASI, namun juga untuk kesehatan bayi tercinta.

Sayangnya, hingga saat ini masih banyak ibu baru yang belum mengetahui makanan apa saja yang aman dikonsumsi saat menyusui dan makanan apa yang harus dihindari. Sedangkan untuk memproduksi 600 hingga 800 ml ASI dalam sehari, seorang ibu menyusui membutuhkan tambahan 500 kalori dalam tubuhnya. Yang mana tambahan kalori tersebut bisa ibu dapatkan dari mengkonsumsi makanan sehat. Namun hal yang harus ibu waspadai adalah makanan yang menurut ibu nikmat dikonsumsi selama menyusui belum tentu baik dan cocok untuk si bayi.

Nah, berikut ini beberapa daftar makanan yang harus ibu hindari selama menyusui :

1. Soda dan Kafein

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Apabila anda adalah penikmat kedua minuman ini, sebaiknya untuk menjaga kesehatan bayi dan menjaga kualitas ASI, maka hindarilah konsumsi terhadap kedua minuman ini, meski itu hanya sedikit saja. Kafein adalah zat yang diserap oleh usus. Bahkan, lebih dari 99 % kafein yang dikonsumsi akan langsung diserap oleh darah yang kemudian didistribusikan hingga keseluruh bagian tubuh termasuk otak. Sebaliknya, kafein merupakan zat yang sulit dikeluarkan dari dalam tubuh melalui urin. Pada orang dewasa untuk mengeluarkan setengah dari kadar kafein dalam darah dibutuhkan waktu sekitar 5 hingga 6 jam. Sementara bayi, membutuhkan waktu hingga 14 jam lamanya untuk mengeluarkan zat tersebut dari dalam tubuhnya. Hal ini dipicu karena bayi masih memiliki kesulitan untuk memetabolisme kafein yang masuk ke tubuhnya. Untuk itu, sebijak mungkin segera atur dan kurangi konsumsi kedua minuman ini.

2. Brokoli

Brokoli memang merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi serta memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh. Sayangnya, brokoli dan kembang kol dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan bayi yang akan membuat bayi mulas serta sering buang angin. Hal ini dikarenakan efek gas yang terkandung dalam brokoli yang membuat bayi ingin terus buang angin. Untuk itu, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung brokoli atau kembang kol untuk sementara waktu, selama periode menyusui. Untuk menggantinya, ibu bisa mengkonsumsi wortel atau bayam.

3. Makanan Pedas

Makanan yang berbumbu dan bercita rasa pedas memang menggoda untuk disantap. Apalagi jika cuaca sedang panas, hasrat mengkonsumsi makanan yang pedas akan semakin berselera. Hanya saja, makanan berempah seperti kayu manis, kari, cabai dan paprika tidak baik untuk kesehatan dan sistem pencernaan bayi. Untuk itu sebaiknya, kurangi konsumsi terhadap makanan ini. Agar kesehatan bayi dapat terjaga dengan baik. (Baca : Bolehkah Ibu Menyusui Makan Pedas?)

Demikian beberapa daftar makanan yang sebaiknya anda hindari selama menyusui. Sebab apa yang anda makan akan pula dirasakan oleh si bayi. Untuk itu, pemilihan makanan yang berkualitas akan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh si kecil.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us