data-ad-format="auto"

Pengobatan Darah Tinggi Alternatif yang Alami

Penyakit darah tinggi atau yang dalam bahasa kedokteran dikenal dengan sebutan hipertensi adalah salah satu penyakit yang paling menakutkan, terutama untuk orang-orang di negara berkembang. Tidak seperti jenis penyakit lainnya yang datang dengan membawa gejala atau tanda-tanda yang mengawali sebelum penyakit ini berkembang pada level yang lebih parah.

Penyakit darah tinggi seringkali menuai banyak kerugian pada pasien yang mengalaminya. Hal ini dikarenakan tidak ada gejala spesifik yang dijumpai pada orang yang mengalami tekanan darah tinggi yang drastis. Hal inilah yang seringkali menjadikan penyakit darah tinggi menjadi penyakit pembunuh nomor sekian yang terjadi secara tidak terduga.

Sementara itu, penyakit darah tinggi memang membutuhkan penanganan yang segera. Hal ini dikarenakan darah tinggi yang tidak segera mendapatkan penanganan medis dar dokter akan mungkin membuat penyakit ini berkembang menjadi kondisi kesehatan yang berbahaya. Diantara sekian banyak penyakit, hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi penyakit menakutkan karena dampak penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya yakni penyakit jantung dan stroke. Nah, kali ini ada pengobatan alternatif yang bisa dilakukan pada penyakit darah tinggi. Mari kita simak selengkapnya dibawah ini.

Pengobatan Alternatif Darah Tinggi

Pengobatan komplementer dan alternatif seringkali diartikan sebagai praktik kesehatan diluar lingkup obat yang diberikan pada pasien secara konvensional. Obat konvensional adalah jenis obat-obatan yang diajarkan di sekolah-sekolah medis dan dipraktikan oleh dokter.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Akan tetapi, sebenarnya pengobatan alternatif yang diberikan kali ini bukanlah jenis pengobatan sampingan yang belum terbukti kebenarannya. Melainkan pengobatan alternatif yang memang telah menunjukan bukti dalam mengendalikan tekanan darah dalam beberapa studi. Namun, sampai ada penelitian lebih lanjut yang dilakukan anda tetap harus mewasapdai dan berhati-hati dengan keamanan dan efektivitas pengobatan alternatif kali ini.

Metode pengobatan alternatif mungkin akan dapat membantu tubuh anda untuk mencegah atau mengelola tekanan darah tinggi yang meningkat. Akan tetapi, pengobatan kali ini perlu dilakukan bersamaan dengan konsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter. Selain itu, perubahan gaya hidup pun, seperti berhenti merokok, tidak mengkonsumsi alkohol dan lain sebagainya adalah faktor lain yang akan membantu efektivitas dari perawatan darah tinggi pada pasien.

Pengobatan Darah Tinggi Alternatif yang Alami

Sementara itu, untuk menjaga keamanan anda, diskusi dengan dokter mengenai pengobatan alternatif ini dapat dilakukan sebelum anda mencoba metode pengobatan ini. Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis obat atau suplemen yang dapat berinteraksi dengan obat yang diberikan oleh dokter. Untuk itu, sebelum mengkonsumsi jenis suplemen dan obat-obatan tersebut ada baiknya bila ada membicarakannya dengan dokter yang menangani anda. Artikel yang terkait: Makanan Pantangan Pada Penderita Darah Tinggi

Konsumsi Herbal dan Suplemen

Pengobatan pertama pada metode pengobatan alternatif untuk darah tinggi kali ini adalah dengan memberikan herbal atau suplemen. Seperti namanya, pengggunaan herbal dan suplemen ditujukan untuk mengefektifkan pengobatan darah tinggi yang dilakukan. Ada beberapa bukti bahwa suplemen makanan akan dapat membantu mengontrol tekanan darah didalam tubuh anda. Beberapa suplemen tersebut diantaranya adalah:

Asam Lemak Omega-3

Lemak sehat asam omega-3 adalah asupan zat yang akan dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi didalam tubuh. Lemak ini akan bisa anda dapatkan dari ikan, kacang, sayuran dan bila perlu anda bisa mendapatkan asupannya dari suplemen yang banyak dijual di toko obat. Telah terdokumentasi dengan baik bahwa asam lemak omega-3 akan dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Menurut American Heart Association mengungkapkan bahwa penelitian menunjukan jika asam omega-3 akan dapat bermanfaat untuk beberapa hal dibawah ini:

  • Menurunkan trigleserida
  • Menurunkan resiko detak jantung abnormal
  • Tekanan darah menjai sedikit lebih rendah
  • Memperlambat penumpukan deposit lemak didalam arteri

Bawang Putih

Sudah sejak lama bahwa bawang putih dianggap sebagai bahan makanan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Bawang putih memiliki kandungan senyawa sulfur yang memiliki efek positif pada tingkat kolesterol didalam tubuh. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health menunjukan bahwa konsumsi bawang putih akan dapat membantu tubuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Meski dampaknya tidak terlalu besar akan tetapi bahan ini terbukti cukup baik dalam mengendalikan ukuran tekanan darah tinggi. Untuk itulah, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi bahan makanan ini. Saat ini bawang putih banyak tersedia dalam bentuk suplemen. Akan tetapi bawang putih utuh tentu akan jauh lebih baik manfaatnya untuk tubuh anda.

Coklat

Bahan alami lain yang terbukti baik untuk mengendalikan tekanan darah didalam tubuh adalah produk kakao atau dark chocolate. Coklat disebut-sebut kaya akan bahan kimia tanaman antioksidan yang disebut dengan flavonoids. Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang-orang yang menderita tekanan darah tinggi dan mengkonsumsi coklat sebanyak 2 kali sehari dalam satu minggu menunjukan hasil yang baik untuk tekanan darah didalam tubuhnya. Mereka mampu meningkatkan kemampuan dinding arteri untuk mengendur namun tidak menurunkan tekanan darah secara signifikan. Akan tetapi demikian, tidak ada salahnya untuk dicoba. Hanya saja yang penting menjadi perhatian dalam hal ini adalah konsumsilah coklat yang asli bukan olahan coklat dengan kandungan gula yang banyak.

Mencoba Tekhnik Relaksasi

Selain menggunakan herbal dan memberikan suplemen, tekanan darah tinggi didalam tubuh pun akan dapat dikendalikan lewat relaksasi. Tekhnik ini dilakukan untuk melawan respon tubuh terhadap stress yang mana mungkin hal ini akan dapat membantu mengontrol tekanan darah didalam tubuh dengan lebih baik.

Meditasi

Langkah pertama yang dapat anda coba untuk mengendalikan tekanan darah adalah dengan meditasi. Latihan meditasi adalah tekhnik relaksasi yang bertumpu pada latihan fokus. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran, merelaksasi tubuh dan mengurangi stress. Dalam sebuah penelitian terbaru meditasi disebut-sebut dapat meredakan tekanan darah tinggi dengan lebih baik.

Yoga

Latihan meditasi kuno yang saat ini tengah begitu fenomenal ini menjadi salah satu tekhnik relaksasi yang baik untuk tubuh. Latihan yang menggabungkan postur fisik, fokus dan tekhnik pernapasan ini akan baik untuk anda lakukan dirumah. Yoga disebut-sebut dapat membantu kebugaran tubuh dan menjaga fleksibilitas serta tingkat stress. Seperti yang kita ketahui stress pun memainkan peran terhadap tekanan darah tinggi didalam tubuh. Untuk itu, menghindari stress sama artinya dengan mengendalikan tekanan darah tinggi dengan lebih baik.

Itulah dia beberapa jenis tekhnik relaksasi yang akan membantu tubuh anda untuk sedikitnya mengontrol tekanan darah tinggi didalam tubuh. Pada intinya melakukan segala hal untuk mengatur tekanan darah tinggi didalam tubuh menjadi hal penting yang perlu anda lakukan.

Sementara itu, berkonsultasi dengan dokter mengenai tekhnik pengendalian tekanan darah yang satu ini adalah hal penting yang dapat anda lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda mengendalikan tekanan darah tinggi atau hipertensi didalam tubuh dengan lebih baik.

Loading...