data-ad-format="auto"

Pengguna Lensa Kontak Sebaiknya Hati-Hati! Berikut Bahaya yang Mengancam

Saat ini, tengah marak penggunaan lensa kontak dimasyarakat, selain itu manfaat penggunaanya pun sudah bukan lagi sebagai alat bantu penglihatan bagi mereka yang memiliki gangguan mata, melainkan banyak yang menggunakan lensa kontak sebagai bagian dari trend untuk dijadikan fashion. Namun, bagi mereka yang kerap kali mengenakan lensa kontak dengan intens, ada hal dasar yang harus benar-benar diperhatikan, yakni higienisitas dari lensa kontak yang digunakan.

Penanganan yang kurang tepat pada kontak lensa dapat membawa bakteri mikroba dan kuman masuk ke mata anda. Jika terinfeksi bakteri, hal ini dapat  menyebabkan gangguan penglihatan yang fatal hingga masalah kebutaan, dan dalam kasus yang jarang terjadi bisa menyebabkan kematian. Untuk itulah, higienisitas menjadi harga yang harus dibayar.

Bakteri dan kuman bisa masuk pada lensa kontak yang anda gunakan lewat tangan yang tidak bersih saat mengenakan lensa kontak. Kuman dapat berpindah dengan mudah dari tangan ke lensa kontak. Atau mungkin saat anda mencuci lensa kontak dibawah air keran secara langsung, hal ini juga bisa mengkontaminasi lensa kontak. Selain itu tempat lensa kontak yang terlalu lama digunakan bisa menjadi media tumbuhnya mikroba.

Bahaya Saat Menggunakan Lensa Kontak Yang Tidak Tepat

Ketika mikroba bersarang pada lensa kontak yang hendak digunakan, maka akan muncul gangguan pada mata , diantaranya:

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

1.    Kerartitis

Saat lensa kontak tercemar dengan mikroba , maka perkembangan mikroba tersebut akan terjadi pada mata seiring dengan aktifnya penggunaan lensa kontak, jika mikroba ini telah berkembang maka timbulnya keratitis tidak lagi dapat dihindari. Dalam tingkat yang parah keratitis ini dapat menyebabkan kebutaan. Adapun mikroba yang dan seringkali menyebabkan keratitis datang dari jenis Pseudomonas dan Acanthamoeba. Secara alami, kedua mikroba ini biasanya banyak ditemukan ditempat berair termasuk kamar mandi. Dan satu hal yang perlu diingat tempat berair dan lembab adalah medi paling baik untuk mempercebat pertumbuhan bakteri dan kuman.

2.    Lensa Kontak yang Terkoyak Dimata

Kejadian seperti ini biasanya banyak terjadi ketika anda menggunakan lensa kontak saat tidur. Ketika tidur, lensa kontak akan bergerak-kerak didalam mata dan beresiko pecah didalamnya. Hal ini tentunya berbahaya, tidak hanya itu, saat menggunakan lensa kontak ketika tidur, lensa tersebut bisa saja mengering, karena tidak mendapatkan  oksigen dan kadar air yang cukup. Dan ketika anda mencoba melepaskan lensa kontak yang kering, maka yang akan terjadi adalah lensa tersebut bisa pecah didalam mata. Untuk itulah, ketika sebelum melepaskan lensa kontak, hendaknya anda memberikan tetesan cairan lensa kontak agar tidak pecah.

3.    Iritasi dan Mata Merah

Iritasi dan mata yang memerah adalah bahaya yang paling banyak terjadi pada para pengguna kontak lensa dengan cara yang kurang tepat. Hal ini disebabkan sebagai akibat dari debu dan pemakaian yang terlalu lama. Untuk itu, agar tidak terjadi iritasi, ada baiknya gunakan lensa sesuai dengan masa penggunaan. Bila tidak terlalu penting, baiknya lepaskan lensa kontak. Selain itu, perhatikan kebersihan tangan dan benda-benda yang anda gunakan untuk menyimpan lensa kontak.

Itulah dia bahaya-bahaya yang bisa terjadi ketika penggunaan lensa kontak  yang kurang tepat. Mata adalah jendela dunia, ketika gangguan terjadi pada mata, hal ini tentunya akan membuat anda menjadi kesulitan melihat. Selain itu, tampil cantik dan menarik tidak berarti mengesampingkan masalah kesehatan. Cantik alami, sejatinya adalah kecantikan yang berasal dari dalam.

Loading...

Follow us