Penanganan dan Cara Menghilangkan Radang Amandel (Tonsilitis) Dirumah

4.09/5 (11)

Penyakit radang amandel adalah sebuah penyakit yang terjadi akibat bagian tonsil atau amandel mengalami peradangan yang membuat bagian tersebut mengalami pembengkakan, berwarna merah dan timbulnya bercak nanas pada bagian tonsil.

Penyakit ini lebih sering menyerang anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa. Namun demikian bukan tidak mungkin sebagian kecil orang dewasa akan mengalami serangan penyakit ini.

Alasan yang melatarbelakangi penyakit ini lebih sering menyerang anak-anak diantaranya adalah pada saat lahir ukuran tonsil atau amandel ini ukurannya kecil dan akan membesar hingga usia anak 8 atau 9 tahun. Dengan seiring berjalannya waktu, tonsil ini akan dapat menyusut dengan sendirinya pada saat kehadirannya sudah tidak lagi diperlukan oleh tubuh. Untuk itulah pada saat dewasa mereka tidak akan rentan mengalami penyakit radang amandel ini.

Amandel atau tonsil adalah adalah dua kelenjar kecil yang terdapat dibagian dalam tenggorokan yang letaknya berada dibelakang tenggorokan. Organ ini berfungsi sebagai pertahanan tubuh untuk mencegah masuknya bakteri dan virus kedalam bagian sistem perapasan. Seiring dengan perkembangan usia, sistem kekebalan tubuh pada anak akan semakin kuat dan perlahan tugas amandel sebagai penangkal infeksi akan mulai tergantikan.

Sayangnya pada usia anak-anak dimana peranan amandel atau tonsil ini bekerja dengan cukup penting bagian ini rentan sekali terkena dengan infeksi virus dan bakteri yang hendak masuk kedalam sistem pernapasan. Akibatnya bila bagian tonsil atau amandel bekerja terlalu keras atau adanya serangan virus dan kuman yang masuk kedalam tubuh, maka bagian ini bisa meradang dan mengalami pembengkakan akibatnya tonsilitis akan terjadi dibagian tersebut.

penanganan amandel dirumah

Penyebab paling umum timbulnya tonsilitis atau radang amandel adalah karena adanya paparan virus, selebihnya biasanya penyebab yang meletarbelakangi tonsilitis timbul adalah adanya infeksi bakteri. Mereka yang menderita tonsilitis akan mengalami nyeri dibagian tenggorokan sewaktu menelan, sakit kepala, batuk dan juga demam.

Inilah beberapa dampak yang paling mengganggu bila terjadi pada anak-anak. Timbulnya dampak dari penyakit tonsilitis akan tentu membuat si anak menjadi rewel dan tak ingin berada jauh dari orangtuanya.

 Selain itu bila anak anda suda memasuki usia sekolah maka kondisi ini akan membuat mereka harus terus-terusan absen masuk sekolah karena dampak dari tonsilitis yang sering kambuh. Bukan hanya itu, beberapa dampak seperti demam, sakit menelan dan lain sebagainya tentu akan membuat si buah hati terlihat lesu dan tidak bersemangat dengan rutinitasnya.

Untuk itulah penting sekali mengupayakan segala hal untuk mencari cara agar tonsilitis yang diderita bisa segera ditangani dan pada akhirnya kondisi ini bisa dihilangkan.

Sebagian besar orang hanya mengetahui bahwa satu-satunya cara yang dapat ditempuh untuk menangani penyakit amandel atau tonsilitis adalah dengan melalui pengobatan medis. Namun sebenarnya dimedis sendiri tidak ada obat khusus yang bisa menghilangkan atau menyembuhkan penyakit ini dengan keseluruhan.

Perlu diketahui sebagain besar panyakit tonsilitis akan dapat sembuh sendiri dalam waktu satu pekan tergantung pada seberapa parah kondisi yang dialami oleh si pasien. Anda dapat meredakan sendiri gejala tonsilitis dirumah, seperti sakit tenggorokan, menggunakan obat untuk meredakan rasa sakit yang dijual bebas di apotek, seperti ibuprofen, aspirin atau parasetamol. Akan tetapi untuk aspirin jenis obat ini tidak sebaiknya diberikan pada anak-anak dibawah usia 16 tahun sebab dampaknya akan cukup berbahaya.

Ketika mengkonsumsi obat-obatan sebaiknya baca petunjuk pemakaian dengan jelas dan ketahui dosis pasti yang tertera pada kemasan. Atau bila anda merasa ragu, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Selain agar manfaatnya bisa optimal dirasakan, berkonsultasi ke dokter sebelum mengkonsumsi obat-obatan berfungsi agar kita terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan.

Nah, selain dengan menggunakan atau mengkonsumsi obat-obatan. Cara yang alami pun bisa anda lakukan dirumah, cara yang satu ini tentu lebih aman meski dikonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak untuk jangka panjang. Tidak ada efek samping berbahaya yang akan anda rasakan dari mengkonsumsi bahan herbal untuk meredakan dan menghilangkan tonsilitis yang dirasakan. Untuk mengetahui bahan apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan tonsilitis dari bahan alami. Mari simak dibawah ini.

Bahan Alami Pereda Radang Amandel

1. Jeruk Nipis

Pernahkah anda mendengar bahwa jeruk nipis adalah obat yang paling banyak dianjurkan untuk mengobati sakit amandel yang diderita seseorang? Rupanya obat ini bukan hanya isapan jempol belaka. Manfaat dari jeruk nipis memang baik untuk meredakan pembangkakan dibagian amandel atau tonsil. Jeruk nipis dapat membuat peradanagn dan infeksi yang terjadi dibagian tonsil berkurang dan akhirnya akan dapat sembuh. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang ada dalam jeruk nipis sama khasiatnya seperti yang terdapat dalam buah tomat yakni menjaga kekebalan tubuh.

Hanya saja tentunya konsumsi obat herbal ini haruslah dilakukan dengan rutin dan konsisten. Sebab tidak seperti obat kimia manfaat dari obat herbal biasanya akan dapat dirasakan setelah jangka panjang.

Adapun cara mengunakan jeruk nipis untuk mengobati sakit amandel atau tonsilitis adalah dengan menyiapkan satu buah jeruk nipis dan secukupnya kapur sirih. Cara membuatnya bisa dilakukan dengan memeras jeruk nipis dan mengambil airnya secara merata. Setelah itu baru campurkan perasan air jeruk nipis ini dengan air kapus sirih. Aduk-aduk dengan menggunakan sendok dan minum larutan tersebut secara teratur kira-kira 3 kali dalam satu hari.

2. Bawang Merah

Bawang merah disebut-sebut memiliki kandungan anti-inflamasi yang artinya kandungan dalam bawang merah dapat meredakan rasa panas yang dialami dan peradangan yang menjadi sumber amandel membengkak.

Cara yang alami yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan bawang merah sebagai obat alami tonsilitis adalah dengan mengupas bawang merah dan mengunyahnya saat mentah. Lalu telan dengan perlahan. Hal ini akan dapat membuat anda untuk menyembuhkan peradangan yang terjadi pada tonsil anda.

Meskipun rasa dan aroma dari bawang merah yang tidak enak di mulut anda akan tetapi jika bahan ini baik untuk kesehatan anda maka apalah artinya perjuangan bila kesehatan adalah hal yang anda dambakan.

3. Kulit Manggis

Bukan hanya bermanfaat untuk menyembuhkan masalah kulit yang dirasakan. Kulit manggis rupanya berkhasiat untuk menyembuhkan radang amandel atau tonsilitis yang dirasakan oleh seseorang. Penggunaan obat ini haruslah dilakukan dengan konsisten dan berkala agar manfaatnya bisa dirasakan dengan cepat.

Cara menggunakan kulit manggis untuk obat tonsilitis bisa dilkukan dengan merebus sebanyak 15 kulit manggis yang telah dikeringkan bersama dengan air. Rebus dalam panci sampai mendidih dan tunggu sampai dingin.

Gunakan air dari rebusan kulit manggis untuk berkumur secara teratur sebanyak 3 kali dalam satu hari atau setelah makan agar amandel bisa cepat sembuh. Selain bermanfaat untuk menyembuhkan tonsillitis, berkumur dengan menggunakan air kulit manggis bisa bermanfaat untuk meredakan asma yang diderita.

Demikianlah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menangani dan menghilangkan radang amandel atau tonsillitis. Semoga tips dan cara kali ini bisa bermanfaat untuk anda dan kita semua. 

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply