Pegal-pegal dan Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

3/5 (1)

makasih y sis jawaban nya yg tentang wasir,,skr saya mau tanya lagi nih..istri saya (kehamilan 24 minggu) sering kali mengeluh pegal2 di daerah punggung sampai pinggang bagian belakang apakah itu normal?apakah ada cara untuk menghilangkan rasa pegal2 itu? lalu dia juga sering ngeluh sakit seperti di tusuk2 di perbatasan antara payudara n perut, apakah itu normal?

thx

(dr_tenma)

 

Jawaban BidanKu.com

Maaf banget jawabannya telat…

Kehamilan menjadikan seorang ibu mengalami banyak perubahan, fisik, mental dan hormonal. Banyak hal2 yg terjadi ketika ketika sudah hamil, mual-mual, suka pusing, jadi sering ngantuk, bengkak-bengkak, dan bahkan pegal-pegal.

Untuk pegal-pegal hal ini mungkin bisa disebabkan oleh kekurangan kalsium atau pengenduran otot-otot. Karena, selama kehamilan ibu membawa beban yg cukup berat. Oleh karena itu, hal ini bisa diatasi dengan melakukan senam hamil, beraktivitas yg cukup serta banyak minum susu kalsium..

Untuk nyeri di ulu hati (heartburn), hal ini disebabkan oleh adanya arus balik dari lambung ke esofagus , hal ini terjadi karena lambung mengalami penurunan dan tertekannya oleh janin. Pencegahannya bisa dilakukan dengan tidak sering melakukan gerakan membungkuk, jangan terlalu banyak makan pedas, makan jgan tergesa-gesa, jgn makan dulu kalo mo tidur, tidak tidur terlentang tanpa bantal sebagai penyangga kepala dan lakukan relaksasi….

Hal semua yg doc tanyakan adalah merupakan efek kehamilan..dan semuanya merupakan keluahan yg biasa ibu hamil rasakan…

Ok doc smoga bisa bantu…

(taken from bidanku.com thread at kaskus.com forum – health & medical)

  

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel