data-ad-format="auto"

Panduan Penanganan Pada Bayi Kuning

Kini bayi anda telah lahir dengan selamat disertai dengan anggota tubuh yang sempurna. Pada hari pertama kelahirannya sering kali beberapa ibu dikagetkan dengan keluhan bayi kuning. Terjadinya bayi kuning pada saat baru lahir seringkali dikenal dengan istilah hiperbilirubinemia yang merupakan kuning bayi menjadi kuning disebabkan karena bilirubin pada darah menjadi meningkat. Terjadinya bilirubin yang meningkat secara normal dapat terjadi pada hari 2-3 pada dasarnya kadarnya rendah. Sedangkan pada bilirubin mencapai diatas 10 maka harus dilakukan penangan yang serius terutama pada bayi umur 7 hari.

Warna kekuningan pada bayi seringkali diartikan menjadi penyakit yang berbahaya seperti terjadinya gangguan fungsi liver dan sebagian orang tua melakukan penanganan dengan menjemur bayi. Anggapan ini didasari karena warna kuning pada kulit bayi diakibatkan kurang terkena sinar matahari, Bagaimana panduan penanganan pada bayi kuning dengan benar dan aman?

Bayi yang kuning merupakan kondisi normal yang terjadi pada bayi terlebih apabila bayi lahir secara prematur. Hal ini disebabkan oleh tubuh bayi yang tidak dapat memecah sel darah merah secara sempurna dengan bantuan sinar matahari akan membantu pemecahab sel menjadi sempurna. Dalam menjemur bayi kuning sebaiknya anda dapat mengikuti panduan dibawah ini :

1. Waktu jemur yang baik untuk bayi anda

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Sebaiknya bayi yang terkena penyakit kuning dijemur pada waktu yang tepat sekitar pada pukul 8 sampai 9 di pagi hari. Sehingga dapat meminimalisir kemungkinan bayi anda mengalami kegerahan dan juga kepanasan.

2. Waktu jemur dapat mencapai 30-60 menit

Menjemur bayi dapat dilakukan tanpa harus terlalu lama, anda dapat menjemur bayi yang terkena kulit kuning ini hanya 30 atau maksimal 60 menit .Terlebih bayi anda masih memiliki kulit yang sensitif.

3. Menjemur Bayi Tanpa Mengenakan Pakaian

Kulit yang sensitif pada bayi memang masih rentan terhadap pengaruh dari luar dan dalam lingkungan. Meskipun demikian apabila anda akan menjemur bayi anda sebaiknya dalam keadaan telanjang atau tidak menggunakan pakaian .Lebih baik dilakukan setelah bayi anda selesai mandi.

4. HIndari Terkena Sinar Matahari Langsung Pada Bagian Mata

Ketika anda sedang menjemur bayi anda , disarankan untuk tidak langsung terkena sinar matahari langsung pada bagian mata. Disarankan bagi anda yang akan menjemur bayi dilakukan di dalam rumah yang terkena sinar matahari .

Terakhir bagi anda yang akan menjemur bayi yang terkena gangguan ketika lahir ditandai dengan warna kuning pada bagian kulit yang disebabkan bilirubin yang meningkat maka dapat dilakukan pencegahan dan penanganan dengan menggunakan sinar matahari. Lakukan pula interaksi dengan bayi anda sehingga membuatnya tenang dan pemijatan ringan sehingga bayi anda merasakan kenyamanan dan mengurangi stres pada bayi.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us