Panduan Berpuasa yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Perhatikan Porsi Makan

Porsi makan menjadi hal penting yang perlu menjadi perhatian penting pada para penderita diabetes. Kami memahami menahan lapar setelah sekian lama dengan berbagai godaan yang besar tentu membuat anda kelaparan dan ingin menyantap makanan seperti yang telah anda dambakan.

Hanya saja, ingat kembali kondisi kesehatan anda tetap perlu menjadi yang utama. Untu itu, tetap jaga porsi makan anda dengan baik. Adapun porsi makan ketika berpuasa perlu untuk disesuaikan, yakni 50 persen pada saat makan sahur dan 40 persen pada saat berbuka puasa. Sementara itu, 10 persen anda sisakan untuk menyantap makanan usai shalat tarawih.

Porsi makan yang dijaga dengan baik akan membuat ibadah yang anda jalankan tetap dapat dilakukan dengan baik. Sementara itu, kondisi kesehatan anda akan dapat tetap terjaga tanpa khawatir ibadah ini akan mempengaruhi kesehatan.

Tetap Menjalankan Aktivitas Fisik

Perut yang kosong dan tidak adanya asupan makanan atau minuman kedalam tubuh memang dapat membuat anda merasa lemah dan lesu. Kondisi ini pun seringkali membuat anda malas melakukan banyak hal, terutama berolahraga. Hal yang paling ingin anda lakukan adalah berbaring dan tidur dengan pulas.

Hanya saja, bukan seperti ini aturan yang berlaku untuk para penderita diabetes. Tidak adanya pergerakan fisik akan membuat timbunan lemak semakin banyak didalam tubuh anda yang mana ini bukanlah ide yang baik untuk penderita diabetes.

Aktivitas fisik rendah dan sedang tetap dapat anda lakukan, namun perlu modifikasi durasi dan intensitas karena aktivitas yang berlebihan pun akan dapat menimbukan hipoglikemia bagi orang yang sedang berpuasa. Nah, dalam hal ini tarawih pun dapat dipertimbangkan sebagai aktivitas fisik saat melakukan modifikasi aktivitas.

Itulah dia beberapa panduan untuk anda para penderita diabetes yang hendak menjalankan ibadah puasa. Aturan yang diterapkan dan dijalankan dengan baik akan membuat puasa anda tetap terjaga dan kesehatan anda tetap aman.

Pages ( 2 of 2 ): « Sebelumnya1 2

Tinggalkan komentar

Show Buttons
Hide Buttons