Olahraga Berlebih Bisa Buat Kepala Cepat Botak

Olahraga dengan teratur selain baik untuk kesehatan juga salah satunya baik untuk rambut dengan mencegah beberapa kerontokan rambut karena mampu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan serta sistem sirkulasi darah dalam tubuh. Bahkan tak jarang Kondisi rambut kerap kali dijadikan indikator kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebagaimana dilansir dari Mayoclinic bahwa olahraga adalah komponen kunci untuk meningkatkan kesehatan pada orang yang mengidap penyakit peripheral artery (arteri perifer). Penyakit tersebut dapat menyebabkan terjadinya kerontokan rambut dibagian kaki.

Olahraga yang berlebihan serta dilakukan dalam waktu yang panjang dapat membuat tubuh mengalami kondisi stress pada tingkat yang kronis. Stress kronis adalah salah satu dari dua penyebab utama timbulnya telogen effluvium (TE), yakni sebuah kondisi dimana folikel rambut ke fase istirahat sebelum waktunya, yang mana menyebabkan lebih banyak rambut jatuh atau rontok dibandingan dengan rambut yang tumbuh. Studi ilmiah ini dilaporkan oleh American Hair Loss Association.

Selain stress kronis, faktor gizi buruk adalah penyebab TE (Telogen Effluvium) lainnya, yang menyebabkan penipisan rambut di seluruh bagian kepala. Sehingga tak heran jika para penderita gizi buruk yang banyak dijumpai memiliki kondisi yang mengkhawatirkan disertai kepala dengan kondisi rambut yang hampir botak. Selain itu, penjelasan ilmiah lainnya dijelaskan oleh para peneliti dari University Of Maryland yang menyatakan bahwa melakukan olahraga secara berlebihan dapat meningkatkan resiko lebih tinggi terkena anemia (defisiensi zat besi). Dampak dari penyakit anemia bukan hanya rasa lemas, lunglai, letih, lesu dan lelah saja, melainkan salah satu konsekuensi dari kekurangan zat besi bisa juga berpengaruh pada kerontokan rambut.

Penumpukan keringat yang bersifat asin selama berolahraga juga bisa menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Penumpukan keringat asin pada kulit kepala bisa menimbulkan rambut rontok dan kusam tak bercahaya. Namun tak perlu khawatir, anda bisa mencegah masalah rambut rontok yang disebabkan oleh keringat dengan cara, segera mencuci rambut dengan sampo yang ringan dan pH yang seimbang. Sebaiknya biasakan mencuci rambut setidaknya satu kali dalam seminggu.

Untuk itu sebaiknya, sesuaikan olahraga dengan kebutuhan gizi anda, agar tubuh terasa bugar dan kesehatan anda akan semakin membaik. Sebaliknya, olahraga yang berlebihan tidak membawa dampak baik untuk kesehatan anda, selain akan membuat tubuh anda terasa lebih lelah, tentunya anda juga tidak ingin mengalami masalah dengan rambut anda. Masalah pada rambut biasanya membuat anda begitu khawatir, terutama anda para wanita. Karena rambut sejatinya adalah mahkota wanita.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel