Nutrisi Terbaik Untuk Jantung Sehat


Berikut adalah nutrisi terbaik untuk kesehatan jantung anda :

1.  L-Carnitine

Penelitian menemukan adanya hubungan antara L-Carnitine dengan kesehatan jantung anda. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan L-carnitine dapat membantu menstransformasi asam lemak dengan baik yang digunakan untuk membentuk energi di dalam tubuh. L-carnitine akan membantu anda untuk mengubah lemak di dalam tubuh menjadi energi. Selain itu manfaat dari L-Carnitine adalah untuk kadar glukosa di dalam darah dan juga dapat mengurangi gejala Alzheimer. Anda dapat mendapatkan manfaat L-Carnitine dari jenis daging yang bisa anda konsumsi dalam menu makan anda setiap hari, bagi anda yang vegetarian sebaiknya konsumsi supleman yang mengandung L-Carnitine untuk melengkapi kebutuhan tubuh anda.

2.  CoQ10

CoQ10 atau Coenzyme Q10 adalah vitamin yang telah terbukti dalam menurunkan resiko serangan jantung dan penyakit jantung. Hasil penelitian menemukan penderita gagal jantung cenderung memiliki kadar CoQ10 atau Coenzyme Q10 lebih rendah sehingga memperburu kondisi jantung. CoQ10 atau Coenzyme Q10 dapat meningkatkan energi dengan cara yang optimal dalam pembentukan energi dari makanan yang anda konsumsi. Adapula manfaat yang diberikan oleh CoQ10 atau Coenzyme Q10 adalah kandungan antioksidan yang kuat untuk menangkal radikal bebas.Anda dapat mendapatkan CoQ10 atau Coenzyme Q10 dari hewani dan juga nabati, namun untuk menambah kebutuhan CoQ10 di dalam tubuh anda dapat mengkonsumsi suplemen CoQ10 sesuai dengan saran dokter.

3.  Minyak Ikan

Minyak ikan sudah dipercaya sejak dulu kala untuk membantu dalam mencegah penyumbatan yang terjadi di arteri. Pada sebuah penelitian menunjukan adanya hubungan antara efek minyak ikan dengan fungsi jantung secara keseluruhan. Kandungan yang terdapat di dalam minyak ikan yaitu asam lemak omega 3 memiliki peranan dalam menghambat perkembangan stres mental yang berhubungan dengan kesehatan jantung. Stres akan memicu pelepasan hormon stres ke dalam aliran darah, kandungan dari minyak ikan akan membantu mengurangi tumpukan hormon stres ke jantung.

4.  Magnesium

Magnesium memiliki peranan yang sangat penting untuk kesehatan tubuh anda ,terutama kesehatan jantung. Magnesium adalah bahan yang diperlukan untuk proses biokimia di dalam tubuh. Para peneliti menemukan adanya keterkaitan antara magnesium dengan resiko serangan jantung, bahwa dengan meningkatkan jumlah magnesium dalam sirkulasi sebesar 0,2 micromoles per liter (micromoles adalah jumlah moleculesized) maka seseorang dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 30 persen di dalam hidupnya. Adapun makanan yang mengandung magnesium terdapat pada sayuran berdaun hijau, biji-bijian, ikan, kacang, pisang dan kismis.Meskipun magnesium penting dalam mengurangi resiko penyakit jantung akan tetapi mengkonsumsi suplemen magnesium kurang disarankan, apalagi mengkonsumsi suplemen magnesium setiap hari. Mengingat pentingnya nutrisi yang bisa didapat dari menu makan anda setiap hari, penting sekiranya unuk memperhatikan menu makan untuk menyeimbangkan kebutuhan nutrisi di dalam tubuh dalam menjaga kesehatan terutama kesehatan jantung anda.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply