Metode Kangguru, Menekan Kematian Bayi Prematur

Apa yang terbayang dari metode kangguru? Terlintas binatang asli Australi yang memiliki ciri khas kantung di bagian perutnya dan berjalan meloncat. Apa pula hubungannya dengan menekan kematian yang menggunakan metode kangguru pada ibu ketika persalinan?

Metode kangguru yang lebih mudah, murah dan hanya dilakukan 2 jam perhari dapat membantu bayi anda tumbuh optimal. Tentu saja anda bertanya-tanya bagaimana cara melakukan metode kangguru dan kondisi bayi yang harus menggunakan metode kangguru. Metode kangguru atau Perawatan Metode Kangguru (PMK) pada bayi dapat menjadi solusi untuk bayi yang lahir prematur yang tidak maksimal. Seperti diketahui bahwa kelahiran prematur masih menjadi penyebab dengan angka tertinggi pada kematian bayi di Indonesia.

Metode Kangguru lebih mengedepankan interaksi kulit antara ibu dan bayi sehingga para ahli kesehatan mengatakan bahwa dua tipe yang digunakan metode kangguru untuk bayi yang baru lahir adalah metode intermitten dan juga kontinue.

Metode Kangguru Pada Bayi baru Lahir

Kelahiran bayi dengan berat badan yang rendah, kesulitan bernafas hingga mengalami infeksi seringkali ditemukan pada bayi yang mengalami prematur. Sehingga diperlukan cara untuk mengatasi kondisi gangguan pada bayi yang baru lahir.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Salah satunya yaitu dengan menggunakan metode kangguru yang melibatkan interaksi langsung antara kulit ibu dan bayi. Dengan menghangatkan bayi tidak harus menggunakan inkubator melainkan dapat dengan menggunakan metode kangguru. Metode kangguru mudah dan murah , hanya dengan meletakan bayi di dada ibu. Dada ibu akan memberikan kehangatan dan juga dapat berfungsi sebagai termo inkubator fisiologis.

Dengan menggunakan metode kangguru maka dapat menimbulkan kehangatan pada bayi dan juga ikatan batin yang lebih kuat antara ibu dan anak melalui kontak kulit yang terjadi antara ibu dan bayi. Ikatan batin yang semakin kuat akan menimbulkan kasih sayang dan membuat tubuh mengeluarkan hormon oksitosin yang dapat menimbulkan perasaan bahagia. Perasaan bahagia akan meningkatkan daya tahan tubuh yang meningkat dan juga menjaga anak dari terjadinya serangan penyakit.

Cara melakukan metode Kangguru

Cara menggunakan metode kangguru sangat mudah sekali. Ibu hanya menempelkan bayi pada bagian dada seperti yang umum dilakukan kangguru ketika menggendong anaknya. Hanya saja pada ibu yang akan melakukan ini harus menemukan posisi yang nyaman.

Ibu dapat menggunakan fasilitas tempat tidur yang mendukung metode kangguru sehingga nyaman dan membuat ibu dapat istirahat dengan bayi dengan aman. Selain itu ibu harus memperhatikan cara yang tepat sehingga manfaat dapat dirasakan olehn bayi secara maksimal.

Cara yang dilakukan ketika melakukan metode kangguru adalah bayi yang diletakan tegak lurus menempel pada bagian kedia belah buah dada ibu. Kemudian bayi diharuskan dalam keadaan tidak menggunakan pakaian. Meski demikian penggunaan popok, kaos kaki dan topi masih bisa dilakukan. Setelah posisi dirasa nyaman maka dapat dilanjutkan dengan diberikan selimbut pada ibu dan bayi. Selimbut dapat berupa kain khusus atau juga baju yang tidak menimbulkan gerah dan rewel pada bayi.

Metode kangguru ini dapat dilakukan dengan bantuan ahli medis karena biasanya dilakukan setelah persalinan. Manfaat yang dirasakan oleh ibu menggunakan metode kangguru untuk bayi dapat membantu meningkatkan berat badan bayi yang baru lahir dengan kondisi prematur hingga mencapai 72%. Kondisi ini didukung ketika bayi lapar dapat langsung minum ASI langsung dari ibu. Metode kangguru ini dapat dilakukan dua jam dalam satu hari, dilakukan dengan pembagian waktu pagi atau menjelang sore hari ketika bayi butuh istirahat.

Loading...

Follow us