Metode Baru Perkenalkan MPASI Pada Bayi dengan Baby Led Weaning, Coba Terapkan Yuk Bun!

4/5 (4)

Pada saat diberikan bubur, bayi diajarkan untuk menghisap makanannya langsung dari sendok, kemudian belajar untuk menelan makanan tersebut. Akan tetapi, pada tehnik BLW si bayi akan diajarkan bagaimana menguyah makanan pertama yang ia cicipi, yang secara alami bergerak kebagian belakang tenggorokannya untuk kemudian ia telan dengan perlahan.

Bayi yang mendapatkan pelajaran BLW memberikan orangtua kontrol penuh dari apa yang mereka makan dan membatasi ketergantungan dan pengawet yang umum dtemukan pada makanan instan. Bukan hanya itu, metode pengenalan makanan pendamping ASI ini memungkin si kecil untuk mendapatkan berbagai variasi makanan yang tidak diawetkan atau dihaluskan.

Jika metode BLW memberikan manfaat yang besar untuk bayi, tidak sama halnya dengan orangtua yang akan cukup kerepotan dan mungkin anda akan stres dibuatnya. Apalagi metode ini akan membuat makanan yang anda sajikan pada si kecil cenderung membuat ruangan menjadi berantakan. Akan tetapi demi perkembangan anak, apa sih yang tidak kita lakukan sebagai orangtua, betul kan bun?

Pada tahapan awal menerapkan metode ini pada bayi, bunda mungkin akan mendapati meja menjadi berantakan dan makanan berserakan dimana-mana. Selain itu, saat menyantap makanan, si kecil akan mungkin terlihat kotor dengan noda makanan yang menempel pada baju dan juga wajahnya.

Hal ini tentunya wajar, mengingat si kecil belum paham betul bagaimana makan dengan cara yang baik dan tertata. Namun disinilah, momennya belajar perlahan namun pasti bunda akan dapat mengarahkan mereka untuk makan dengan lebih baik.

Selain itu, kotoran dan kondisi yang berantakan akan perlahan membuat bunda terbiasa dengan kondisi ini sehingga pada akhirnya seiring dengan berjalannya waktu bunda akan menemukan solusi sendiri bagaimana mengatasi kondisi tersebut. Seperti misalkan memberikan alas pada tempat makan si kecil atau memberikannya serbet dari kain untuk ditempelkan pada bajunya agar seselesainya ia makan, maka bunda bisa mencabut kain tersebut dan membersihkan wajah si kecil sehingga ia bisa kembali bersih.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply