Metode Baru Perkenalkan MPASI Pada Bayi dengan Baby Led Weaning, Coba Terapkan Yuk Bun!

4/5 (4)

Lantas Apa Itu Baby Led Weaning?

Istilah Baby Led Weaning (BLW) mungkin sudah tidak terlalu asing bagi para bunda yang tinggal diperkotaan dan menginginkan buah hatinya tumbuh menjadi anak yang lebih mandiri. Lewat metode ini, si bayi diarahkan untuk dapat mengambil dan memakan sendiri makanannya. Pada intinya tidak ada puree, bubur dan sejenisnya serta tidak ada pula metode suap-suapan dengan menggunakan sendok dalam metode ini. Melainkan si bayi diberikan makanan finger food dan dibiarkan menyantap makanannya sendiri.

Dengan begini, selain si anak akan dapat mencicipi sendiri macam-macam makanan yang ia pilih, si kecil pun memiliki semangat untuk mencoba banyak makanan sehat. Adapun jenis makanan yang cocok untuk metode Baby Led Weaning adalah finger food, yakni makanan apapun yang bisa ‘dicomot’ oleh tangannya yang mungil.

BLW adalah metode memperkenalkan pada bayi makanan padat dan menekankan anak untuk mengunyah sendiri makanan yang agak padat. Daripada menggunakan cara tradisioal dengan menyuapi si kecil lewat sendok. Kebanyakan orangtua menemukan bahwa di usia 6 bulan, bayi sudah mampu meraih makanan mereka pada waktu makan dan bahkan meniru mengunyah. Bahkan dengan menerapkan metode ini, si kecil pun akan lebih bersemangat untuk makan sendiri apabila ia melihat piring dan makanan kesukaanya berada dihadapannya.

Pendekatan BLW bisa dilakukan dengan mengatakan “Silahkan, makanlah sayang!” Menawarkan makanan pada si bayi dengan menempatkannya tepat dihadapan si kecil, diatas nampan high chairnya dan dibuat dalam potongan yang kecil agar memudahkan ia mencerna makanan tersebut.

Para ahli mengatakan bahwa metode ini amat baik diterapkan pada si kecil dan memberikan bayi kontrol dari proses makan akan melibatkan indera dan meningkatkan pengalaman mereka.

Sementara itu bayi yang disuapi cenderung akan makan sampai ia selesai. Berbeda dengan pendekatan BLW dimana metode ini akan memungkinkan si anak untuk memutuskan kapan ia kenyang. Kesadaran penuh ini akan dapat dikatakan mampu memberikan anak pendekatan yang jauh lebih bahagia dan sehat dalam hal memilih makanan di kemudian hari daripada saat mereka disuapi.

Selain itu, langkah yang satu ini tentu akan menghindarkan anak dari resiko obesitas pada saat anak beranjak lebih besar. Membiarkan anak untuk mengatur makan mereka sendiri dan tidak menekan mereka untuk makan lebih banyak dari jumlah yang mereka butuhkan adalah hal yang amat penting dalam mendorong si buah hati untuk mengembangkan pola makan yang sehat untuknya.

Akan tetapi, tidak mudah memang menerapkan metode ini pada bayi dan mungkin anda pun tidak bisa mengharapkan terlalu besar jika anak anda akan mampu menguasai kemampuan makan sendiri dengan begitu cepat. Resiko yang anda dapatkan dari membiarkan anak menyantap makanannya sendiri selain dari kondisi yang berantakan, diantaranya adalah ketakutan bila si buah hati tersedak dengan makanan yang ia konsumsi. Akan tetapi, mari kita hadapi ketakutan tersebut.

Menyerahkan makanan pada bayi memang adalah prospek yang menakutkan sekaligus menjadi kekhawatiran yang besar untuk kita para orangtua. Akan tetapi sebuah studi mengungkapkan, bahwa metode Baby Led Weaning sebenarnya lebih aman, karena metode ini difungsikan guna mengajarkan si buah hati untuk mengunyah makanan yang baru dengan tekstur agak padat dengan tepat dan tehnik menelan adalah hal yang diperhatikan dalam hal ini. Dimana metode ini tentunya jauh lebih baik dibandingkan dengan hanya menggunakan pendekatan makan dengan menggunakan sendok.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply