Metode Baru Perkenalkan MPASI Pada Bayi dengan Baby Led Weaning, Coba Terapkan Yuk Bun!

4/5 (4)

Tanda-Tanda Bayi Sudah Siap Diberikan MPASI

  • Ketika Bayi Suda Mulai Dapat Menegakan Kepalanya

Pada umumya, kondisi seperti ini sudah mulai dapat dikuasai oleh bayi pada usia 4-5 bulan. Leher bayi sudah mulai menjadi lebih kuat dan mampu menegakkan kepalanya sendiri. Hal ini penting menjadi pertimbangan dalam hal kesiapannya mendapatkan makanan pendamping ASI, karena lehernya yang lurus akan memudahkannya pada saat menelan makanan.

Sebaliknya, apabila bunda belum mendapati si kecil mampu menegakan kepalanya sendiri dengan baik, sebaiknya niatan memberikan MPASI ditunda terlebih dahulu demi keselamatan dan kesehatannya.

  • Bayi Sudah Mampu Membuka Mulutnya Lebar-Lebar Saat Diberikan Sendok

Tanda lain yang juga bisa menjadi ciri bahwa bayi anda telah siap menerima MPASI adalah ketertarikannya pada saat diberikan sendok. Bila ia membuka mulutnya lebar-lebar, ini mungkin bisa menjadi pertanda bahwa si kecil telah siap mendapatkan makanan pendampingnya. Bayi dengan usia 6 bulan biasanya sudah mulai bertingkah seperti ia ingin mengikuti apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Karena seringkali melihat kedua orangtua atau orang-orang sekitarnya makan dengan menggunakan sendok, maka ketertarikannya untuk melakukan hal yang serupa akan timbul pada si bayi.

  • Bayi Sudah Mampu Duduk di High Chair

High chair atau kursi khusus yang digunakan anak bayi sewaktu makan, bisa dijadikan tanda guna mempertimbangkan kesiapan bayi untuk diberikan MPASI. Sejak pertama ia diperkenalkan pada makanan pendampingnya, ia harus dibiasakan makan sambil duduk dan berada di lingkungan meja makan. Inilah tahap paling awal dalam mendidik anak untuk bisa makan bersama-sama dengan keluarga dalam satu meja makan yang sama.

Untuk itulah, hindari menyuapi buah hati di baby walker atau di tempat lainnya yang tidak memungkinkan si bayi bisa duduk dengan tegak. Bila bunda terbiasa melakukan hal ini, maka akan sulit nantinya untuk mendisiplinkan si buah hati bisa duduk bersama dengan anda dan keluarga.

  • Bayi Mulai Tertarik dengan Makanan yang Kita Konsumsi

Bayi yang sudah siap dengan makanan pendamping selain ASI yang diberikan oleh ibunya akan mulai menunjukan ketertarikannya dengan apa yang kita konsumsi. Ketika orang dewasa makan, maka akan terlihat perhatian si kecil yang mulai teralihkan pada orang tersebut. Ia akan memandangi suapan demi suapan saat orang dewasa makan. Bahkan bayi mungkin menunjukan sikap cemburu dengan merengek meminta mencicipi makanan yang kita makan.

  • Adanya Perubahan Pola Makan dan Pola Tidur

Bayi yang telah siap menerima MPASI umumnya akan membutuhkan makanan dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah sebelumnya, sehingga hal ini akan berpengaruh terhadap pola makan dan juga pola tidurnya yang berbeda dari biasanya.

Misalkan, ia menjadi lebih banyak meminum susu dibandingkan dengan biasanya. Bila biasanya dalam sehari ia bisa meminum 5 kali dan sekali minum bisa menghabiskan 120 ml, namun pada saat ini jumlahnya menjadi lebih banyak, maka bisa jadi ia sudah mulai siap untuk menerima MPASI.

Nah, itulah dia beberapa tanda yang bisa jadi mengindikasikan bahwa si kecil sudah mulai membutuhkan MPASI. Pemberian makanan ini penting diberikan pada si buah hati dan sebaiknya lakukan dengan cermat dan hati-hati.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply