Menu Makanan Bayi Usia 8 Bulan

4.03/5 (33)

Nutrisi Tepat Untuk Usia 8 Bulan

Semenjak anda memberikan MPASI (makanan pendamping ASI) di usia yang disarankan (6 bulan), maka anda dapat memperhatikan asupan gizi yang lebih beragam di usia ini. Perhatikan juga jenis makanan bayi yang anda berikan, ketika bayi memiliki alergi atau riwayat alergi pada keluarga, maka sebaiknya anda lebih baik menghindari telur, kacang-kacangan atau gandum. Meskipun pada dasarnya jenis alergi pada masing-masing keluarga berbeda. Tingkatkan jenis asupan sayuran dan buah-buah yang beragam sehingga mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dalam pertumbuhannya. Selain itu memberikan cemilan sehat dapat anda berikan pada usia ini. Anda dapat membuat jadwal menu makan bayi anda sebagai berikut :

Jam         Makanan/Minuman
07.00       Bubur Susu
10.00       Cemilan Buah Sehat
12.00       Tim saring
16.00       Tim saring

Pada usia ini penggunaan tambahan rasa dapat diberikan, tambahan rasa dapat dihasilkan dari margarin, keju  atau butter untuk membangkitkan selera makan. Selain itu juga cemilan buah dapat diberikan pada usia ini. Didukung dengan pertumbuhan gigi pada usia ini, buah yang kaya akan nutrisi dapat membantu perncernaan bayi anda. Penyajian buah dapat lebih kental dari sebelumnya seperti dikerok atau dilumatkan. Anda boleh memberikan potongan buah kecil-kecil untuk melatih giginya, akan tetapi anda tetap harus memberikan pengawasan pada bayi anda. Buah yang harus anda hindari adalah buah yang mengandung serat tinggi seperti buah sirsak, buah yang mengandung alkohol seperti durian dan nangka atau buah yang terlalu asam karena akan mengakibatkan gangguan pada perut.

Menu Makanan Untuk Bayi Usia 8 Bulan

1.  Bubur Daging Beras Merah

Bahan :

  1. 50 gram beras merah
  2. 100 gram daging cincang
  3. 450 ml air
  4. 1 buah tomat dicincang
  5. 50 gram wortel
  6. 50 gram bayam merah
  7. 1 sendok seledri dicingcang
  8. 1/2 sendok keju parut

Cara Membuat :

Rebus beras merah dengan air hingga mengembang kemudian masukan gilingan daging dan tomat. Biarkan hingga mendidih. Tambahkan bayam, wortel, keju dan seledri. Aduk rata , sajikan ketika hangat.

2.  Menu Cemilan Buah Sehat

Buah yang disarankan adalah pisang , karena mengandung kalori untuk pertumbuhan , kaya akan kandungan kalium, kalsium dan vitamin c. Dengan kandungan kadar tepung dan mineral yang tinggi baik untuk pertumbuhan bayi anda.  Pemberian Pisang  dapat anda lumatkan menggunakan sendok makan bayi  atau diberikan utuh .

Bubur Pisang Susu

  1. 1 Pisang dengan ukuran kecil, dilumatkan
  2. 2 sendok makan susu formula
  3. 200 ml air matang

Cara Membuat :

Seduhlah susu formula dengan 200 ml air matang kemudian campur dengan pisang yang telah dilumatkan, aduk hingga rata. Anda dapat menyajikan langsung kepada bayi.
Anda dapat menggantinya dengan jenis buah lain seperti dengan perasan jeruk atau alpukat pada hari yang berbeda, pada bayi berusia  8 bulan fungsi gigi sudah semakin berperan, sehingga anda dapat memberikan buah yang lebih variatif.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

2 komentar pada “Menu Makanan Bayi Usia 8 Bulan

  1. christina says:

    hallo Bu bidan.. Anak saya usia 8 bulan , supaya bisa menerima banyak jenis makanan, gimana cara nya ya ? Saat ini paling doyan dia makan tepung beras dicampur pisang.
    Ini sudah mulai blenderan brokoli, wortel, ayam. Pernah di coba alpokat ,dia mau,tapi setelah berapa kali ,dia muntah. Kalo nasi tim gitu blm mau. Ada saran gimana cara nya supaya mau makan beberapa jenis makanan, Terimakasih

    • Bidan Pevi Revina, STr.Keb says:

      Hallo Juga Bunda Christina…
      Ya salah satu masalah kebanayakan anak seusia bunda adalah picky eater, yaitu hanya mau makan yang itu-itu saja dan Usia 8 bulan saatnya tingkatkan asupan sayuran dan buahan. Sebetulnya Sudah bagus bun si kecil sudah mulai seneng blenderan brokoli dan wortel, tinggal di tambah variasi sayuran lainnya. Untuk buahan kalau memang di tidak senang alpokat bahkan hingga muntah, di stop aja dulu bun, berikan dia alternatif dengan banyak pilihan untuk buahan. Jangan terlalu di paksakan kepada satu jenis makanana saja. Harus pandai menyiasati dengan alternatif makanan lainnya untuk pemenuhan gizinya, dan juga kreatif dalam menyajikan menu makanan sehingga si kecil tertarik untuk mencobanya.
      Oh ya bun untuk lebih jelasnya, telah ada artikel kami yang membahas hal tersebut, silahkan di baca: Tips Mengatasi Anak Susah Makan
      Salam Bun,

Diskusikan Tema Artikel