data-ad-format="auto"

Menu Makanan Bayi 16 Bulan

Kini usia anak anda sudah memasuki 16 bulan, banyak perkembangan dan pertumbuhan yang semakin terasa pada anak anda. Bahkan anda tidak pernah berhenti mengagumi perkembangan dan pertumbuhan anak anda di setiap waktunya. Bahkan proses perkembangan dan pertumbuhan anak dapat menjadi indikator mengenai kesehatan anak.

 

Bagaimana dengan perkembangan bayi di usia 16 bulan?

Di usianya yang memasuki 16 bulan, anak secara perkembangan motorik kasar sudah mampu berjalan, bahkan sudah dapat menyesuaikan dengan alas ketika berjalan. Anak anda sudah mampu berjalan mundur. kemudian berlari dan juga naik tangga.

Begitupula dengan perkembangan motorik halus pada usia anak anda 16 bulan yang ditandai dengan kemampuan yang berhubungan dengan gerakan tangan yang lebih halus seperti sudah pandao menyusun menara dan balok balok dengan rapi, bahkan anak anda sudah dapat membuat garisan meski belum begitu rapi dengan menggunakan alat tulis.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

menu makanan bayi usia 16 bulanTidak kalah mengagumkan adalah perkembangan bahasa dan juga berbicara anak anda. Ketika menginjak usia 16 bulan , anak anda sudah dapat mengucap minimal 6 kata. Kemampuan ini akan semakin terlatih ketika anda memberikan stimulasi. Anda dapat menceritakan buku dogeng atau mengajaknya berbicara untuk melatih kemampuan komunikasinya.

Begitupula dengan perkembangan sosial yang terjadi pada anak di usia 16 bulan, dimana anak pada usia ini sudah dapat menggunakan peralatan makan seperti sendok, gelas, garfu dan juga membantu pekerjaan rumah sehingga begitu terlihat bahwa anak anda memiliki perkembangan sosial yang semakin bertambah dari hari ke harinya.

Bagaimana dengan pertumbuhan bayi di usia 16 bulan ?

Secara umum bahwa pertumbuhan otak akan mengalami perkembangan pesat, yaitu sekitar 70% di usianya 2 tahun pertama. Periode inilah yang menyebabkan anak akan lebih mudah untuk diberikan stimulasi untuk merangsang pertumbuhan yang lebih optimal.

Sedangkan apabila dilihat dari lingkaran kepala yang berkembang dengan pesar dimana setiap tahunnya akan bertambah 2 cm tiap tahunnya, kemudian berat badan yang mencapai usia 16 bulan dimana rata-rata pada bayi laki-laki memiliki berat badan 11,5 kg sedangkan untuk perempuan memiliki rata-rata berat badan 10,5-11 kg. Begitupula dengan tinggi rata-rata pada bayi laki-laki 80 cm sedangkan untuk bayi perempuan 78 cm.

Bagaimana dengan Kesehatan untuk Bayi Usia 16 bulan ?

pada usia 16 bulan, salah satu yang disarankan oleh organisasai dokter anak di Indonesia adalah dengan melakukan vaksin Haemophilus influenzae type b (Hib) (Apabila belum dapat pada usia 15 bulan). Salah satunya adalah dengan melakukan pecegahan untuk infeksi paru-paru, peradangan selaput otak dan juga infeksi tenggorokan. Bahkan beberapa vaksin lainnya yang berhubungan dengan vaksin cacar air, vaksin influenza dan apabila bayi yang belum dilakukan vaksin pada usia sebelumnya.

Pada saat usia 16 bulan, kondisi yang sering dikhawatirkan adalah dimana terjadinya infeksi yang berhubungan denga saluran pernapasan dan gangguan pencernaan. Tindakan pencegahan yang dapat dilakukan diantaranya adalah menghindari paparan dan zat yang berbahaya yang berhubungan dengan asap rokok dan juga populasi udara.

Selain itu masih ada banyak pencegahan yang dapat dilakukan dengan memberikan imunisasi yang lengkap, memberikan ASI kepada anak hingga pada usia 2 tahun kemudian juga dengan menghindari kontak dengan pasien yang memiliki penyakit menular. Bahkan yang tidak kalah penting adalah dengan melakukan kebersihan tangan dengan membiasakan kebiasaan mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

Bagaimana dengan nutrisi untuk anak yang berusia 16 bulan?

Nutrisi yang dibutuhkan oleh anak usia 16 bulan diantaranya adalah dengan pemberian makanan padat yang mengandung gizi yang seimbang. Terlebih pada usia 16 bulan , anak sudah dapat bisa menunjukan keinginan atau cita rasa sesuai dengan kesukaannya.

Bagi anda yang mengamati nafsu makan anak pada usia 16 bulan, yang harus diperhatian adalah proses pertumbuhan dan perkembangan. Sehingga ketika ana mengalami gangguan pada nafsu makannya dapat diimbangi dengan memberikan porsi kecil tapi lebih sering, memberikan makan besar sehari tiga kali yang dikombinasikan dengan memberikan snack 2-3 kali pada menjelang siang dan menjelang makan malam.

Pada usia 16 bulan tidak ada larangan untuk memberikan makanan khusus terlebih untuk makanan anggota keluarga. Hanya saja perhatikan bahan dan kehigenisan makanan yang dipilih unntuk anak usia 16 bulan. Hindari memberikan makanan yang terlalu manis dan mengandung MSG terlalu sering karena akan mengganggu kesehatannya.

Pada anak yang berusia 16 bulan, memberikan susu rendah lemak harus dihindari. Hal ini dikarenakan kondisi anak pada usia ini lebih membutuhkan susu yang tinggi lemak dengan batas masimal sebanyak 2 gelas perharinya. Begitupula dengan pemberian dengan soda, hindari minuman bersoda karena akan menganggu pencernaan anak yang masih belum kuat seperti orang dewasa.

Sedangkan untuk makanan , tidak ada tayang peru diwaspadai hanya saja setiap annggota keluarga memiliki riwayat alergi yang berbeda sehingga membutuhkan perhatian khusus untuk beberapa jenis makanan tertentu apabila mempunyai riwayat alergi.

Menu Makanan Untuk Bayi Usia 16 Bulan ?

Kali ini, kami akan memberikan hidangan utama dan snack yang akan membantu untuk melengkapi nutrisi bayi usia 16 bulan.

Berikut adalah dua menu pilihan yaitu omelette bayam dan puding pisang:

Hidangan Utama :

Omelette Bayam

Omelette bayam dapat menjadi hidangan utama karena kandungan protein dari telur dan serat yang terkandung di dalam bayam yang akan melengkapi kebutuhan gizi anak anda.

Bahan-bahan untuk membuat omellette bayam :
1 butir telur ayam
2 lembar keju cheddar, kemudian iris tipis
1 genggam bayam yang sudah dicuci bersih, iris kasar
50 ml susu cair
1 sendok makan mentega

Cara Membuat
1.Langkah untuk membuatnya campurkan semua bahan dan juga kocok hingga rata.
2. Kemudian lelehkan margarine dan selanjutnya buat dadar omelette sesuai dengan selera and, gunakan api sedang . Masak hingga matang kemudian sajikan.

Menu makanan ini dapat menjadi alternatif untuk ibu yang akan memberikan menu tambahan sayuran akan tetapi bayi tidak menyukai sayuran,dengan bayam yang terkandung di dalamnya akan lebih mudah untuk dikonsumsi oleh anak anda.

Snack :

Untuk snack yang diberikan kepada anak anda dapat menjadi pilihan yaitu dengan memberikan pusing pisang. Buah pisang yang kaya manfaat dapat menjadi bahan utama untuk anak anda .

Bahan-Bahan :

3 buah pisang ambon , keruk kemudian haluskan

1 bungkus agar-agar pilih yang berwarna putih
750 ml susu cair
250 ml krim kental
2 butir telur ayam kemudian kocok lepas

Cara Membuatnya :
1. Langkah pertama campurkan semua bahan yang terdapat diatas, kecuali telur, lalu masak hingga mendidih.
2. Lanjutkan dengan menuang larutan puding ke dalam kocokan telur ayam , kemudian aduk rata.
3. Lalu kemudian tuang ke dalam cetakan puding , dinginkan.Sajikan dengan tambahan topping susus di atasnya.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us