Menu Makan Ibu Hamil Saat Puasa | Wajib Konsumsi Ini!

Menjalankan ibadah puasa bagi ibu hamil merupakan suatu pilihan tersendiri. Kemampuan menjalani puasa tergantung pada kondisi ibu dan janin yang dikandung nya. Namun jika ibu hamil tetap ingin berpuasa, ada beberapa menu makan ibu hamil saat puasa yang harus di konsumsi setiap sahur dan berbuka. Menu makan ibu hamil saat puasa tersebut harus diperhatikan dan terpenuhi.

Asupan nutrisi penting untuk diperhatikan oleh setiap ibu hamil. Ini dikarenakan janin sangat memerlukan gizi yang baik dan tepat, untuk pertumbuhan serta perkembangannya. Jangan menjadikan puasa sebagai suatu alasan untuk membatasi asupan gizi untuk janin. Jika asupan gizi pada ibu kurang selama berpuasa, akan berdampak buruk pada pertumbuhan dan perkembangan janin.

menu makanan ibu hamil saat puasa

Dampak yang mungkin terjadi yaitu bayi akan lahir dengan berat badan yang rendah, terutama jika usia kehamilan masih trimester pertama. Saat hamil, menjalankan puasa akan menyebabkan hormon yang mengatur glukosa darah terganggu. Serta kadar glukosa darah dapat menurun drastis.

Akan tetapi, kondisi tersebut dapat dicegah dengan cara pola makan yang teratur selama puasa. Perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka.

Lantas apa saja menu wajib ibu hamil saat puasa?

Jenis makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil harus banyak mengandung gizi yang sehat. Selain sehat, harus seimbang pula. Nah apa saja kira-kira makanan yang mengandung gizi yang seimbang dan sehat tersebut? Yuk simak rangkuman berikut.

Perhatikan Menu Gizi yang Seimbang

Makanan yang mengandung gizi seimbang maksudnya adalah yang mengandung karbo, prohe, prona, lemak, vitamin serta mineral. Karbohidrat merupakan zat yang menghasilkan kalori. Seperti nasi, jagung, ubi dll. Protein terbagi menjadi dua yaitu protein hewani dan nabati.

Kandungan yang didpatkan yaitu dari ikan, daging, telur, susu dan tempe. Sedangkan kandungan lemak yang di dapatkan dari kacang-kacangan, keju dan mentega. Asupan nutrisi yang ibu konsumsi secara lengkap mampu membantu janin untuk terpenuhi gizinya.

Pilih Karbohidrat Kompleks

Anda disarankan untuk memilih makanan sehat mengandung karbohidrat yang kompleks. Kandungan karbohidrat komplek didapatkan dari beras merah, roti gandum, kacang-kacangan, oatmeal dan makanan berserat tinggi.

roti gandum

Jenis makanan tersebut membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Itu yang membuat ibu hamil tidak mudah merasakan lapar. Tidak hanya itu, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks mampu memberikan energi yang bertahap. Energi itulah yang dibutuhkan tubuh ibu hamil saat puasa.

Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Makanan yang mengandung tinggi protein sangat dibutuhkan ibu hamil. Ini berguna untuk proses metabolisme serta sumber energi bagi tubuh. Protein yang terkandung dalam jumlah besar juga sangat dibutuhkan janin. Protein sangat berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

ikan salmon

Anda dapat mengkonsumsi kacang-kacangan, ikan, daging dan telur. Makanan tersebut banyak mengandung protein yang tinggi.

Perbanyak Makanan Mengandung Kalsium

Kalsium sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Hal ini untuk membantu pertumbuhan tulang serta gigi janin. Anda dapat temukan kandungan kalsium dalam beberapa jenis makanan. Keju, susu, yogurt, sayuran hijau, buah-buahan merupakan makanan yang mengandung kalsium. Tentu bagus untuk dikonsumsi ibu hamil saat sahur maupun berbuka puasa.

Konsumsi Buah dan Sayur

Kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam sayur dan buah-buahan sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu dan janin yang dikandung nya. Anda bisa mengkonsumsi sayur bayam, kangkung, jeruk dan masih banyak lagi.

buah dan sayur

Perbanyak Air Putih

Minumlah air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Hal ini untuk mencegah terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan. Ibu hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi minuman berkafein. Contoh nya adalah kopi, teh yang mempunyai sifat diuretik.

Jika dikonsumsi saat hamil, mampu menyebabkan sering buang air kecil. Tentunya akan membuat anda semakin kekurangan cairan didalam tubuh.

air putih

Bagi ibu hamil yang ingin menjalankan puasa di bulan ramadhan, kembali lagi ke pilihan. Bukan suatu kewajiban untuk ibu hamil melakukan puasa ini. Anda harus yakin dengan kondisi tubuh anda dan janin. Jika anda memilih untuk berpuasa, anda sangat memerlukan dukungan dari suami, orang tua serta orang terdekat.

Dukungan mereka akan sangat membantu anda untuk memperhatikan asupan makanan yang di konsumsi saat puasa. selain itu, anda juga lebih bisa menjaga kesehatan anda dan janin yang dikandung.

Panduan Menu Sahur dan Berbuka Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil baiknya mengkonsumsi makanan sahur dan berbuka yang bervariasi. Namun harus tetap seimbang. Makan dengan cara yang telah kami rangkum ini, mampu menyediakan energi sepanjang hari. Tentunya untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu serta janin yang dikandung.

Saat sahur, ini waktu yang penting untuk menyediakan energi untuk dapat beraktivitas sepanjang hari. Makanan yang berenergi tinggi seperti karbohidrat, serat, protein wajib tersaji saat sahur. Kombinasi nutrisi yang terkandung dari makanan tersebut mendukung tubuh tetap berenergi.

Saat berbuka puasa, penting untuk mengkonsumsi terlebih dahulu makanan yang kaya gula. Itu dapat digunakan tubuh untuk mendapatkan energi dengan secara cepat. Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan manis untuk menu pertama. Salah satu contohnya adalah kurma, karena kurma menjadi energi yang sangat baik.

Contoh Makanan Sahur Untuk Ibu Hamil

  • Karbohidrat : makanan yang terbuat dari gandum, beras merah, beras putih.
  • Protein : telur, kacang-kacangan, susu.
  • Serat : buah-buahan segar, sayuran.

Contoh Menu Berbuka Puasa Untuk Ibu Hamil

  • Makanan Pertama/Pembatal puasa : buah-buahan segar, kurma dan sayuran.
  • Makanan Utama : daging, ikan, sup, susu, keju, kacang-kacangan.
  • Makanan Penutup : buah-buahan yang segar dan manis.

Contoh Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur dan Berbuka Untuk Ibu Hamil

  • Makanan yang digoreng. Ini dikarenakan makanan yang banyak mengandung lemak akan sulit dicerna.
  • Kue atau biskuit yang tinggi gula. Ini karena makanan tersebut mampu meningkatkan kadar gula darah secara meningkat.
  • Minuman berkafein. Minuman yang mengandung kafein mampu merangsang pengeluaran cairan tubuh. Ini menyebabkan ibu hamil sangat beresiko terkena dehidrasi.

Baca Juga : Agar Ibu Hamil Tetap Sehat dan Fit Saat Jalani Puasa

Jika anda sedang hamil pada trimester pertama, sebaiknya tidak berpuasa terlebih dahulu. Hal tersebut dikarenakan, pada trimester pertama merupakan masa dimana organ tubuh janin sedang membentuk secara pesat. Dengan demikian, janin sangat membutuhkan asupan nutrisi yang sangat cukup.

Berpuasa saat trimester pertama kehamilan dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat rendah. Setelah trimester pertama, baru ibu hamil dapat melaksanakan puasa. Itu pun jika status gizi ibu hamil dan janin dalam batas normal.

Meskipun ibu hamil trimester dua dan tiga boleh berpuasa, tetap harus waspada. Ibu hamil harus tetap memperhatikan asupan gizi yang seimbang. Supaya pertumbuhan dan perkembangan janin tidak terganggu selama berpuasa.

Itulah rangkuman mengenai menu wajib yang harus dikonsumsi ibu hamil saat puasa. Jika anda merasakan adanya keluhan yang tidak biasa selama puasa, segera periksa ke dokter.

Semoga Bermanfaat!

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply