9 Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan Kembar

Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan Kembar – Perawatan hamil anak kembar memang sedikit berbeda. Pasalnya kehamilan anak kembar dianggap sebagai kehamilan yang memiliki risiko tinggi. Ibu hamil memiliki risiko lebih tinggi mengalami komplikasi kehamilan, seperti tekanan darah tinggi, diabetes gestasional, mengalami gangguan pada plasenta sampai preeklampsia. Mengetahui seperti itu, saat hamil anak kembar anda wajib memeriksakan kehamilan pada dokter dengan rutin sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Menjaga kesehatan ibu dan kehamilan sangat penting untuk dilakukan. Nah, anda bisa menjaga kesehatan kehamilan dengan beberapa tips berikut ini.

Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan Kembar

Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan Kembar

Hamil anak kembar menjadi dambaan banyak pasangan. Namun, perlu diketahui hamil anak kembar bukanlah perkara mudah. Anda dituntut untuk lebih ekstra menjaga kehamilan sebab diisi oleh 2 janin sekaligus. Terlebih lagi risiko hamil anak kembar lebih tinggi. Nah, untuk menjaga kesehatan anda dan janin, simak beberapa tips menjaga kesehatan kehamilan kembar di bawah ini.

Mencukupi Asupan Nutrisi dan Kalori

Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan Kembar

Ketika ibu hamil mengandung anak kembar, maka anda memerlukan kebutuhan nutrisi dan kalori yang lebih banyak. Kalori harian yang dibutuhkan dan harus dicukupi yaitu sebanyak 2700 hingga 3000 kalori.

  • Untuk mencukupi kebutuhan kalori tersebut anda tentu harus makan banyak sesuai dengan yang disarankan. Pastikan makanan yang anda konsumsi juga bergizi.
  • Cukupi juga kebutuhan cairan dengan minum air putih supaya tidak dehidrasi.
  • Selain itu, anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi penting selama hamil anak kembar seperti lemak sehat, karbohidrat kompleks, vitamin B, vitamin C, vitamin E dan vitamin D, kalsium, magnesium, folat dan zat besi. Dimana untuk mencukupi kebutuhan tersebut, anda bisa mengonsumsi vitamin prenatal yang dokter sarankan untuk anda.

Menjaga Berat Badan Ideal

Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan Kembar

Berat badan ibu hamil seharusnya mengalami kenaikan saat hamil. Namun, ibu hamil tetap harus mengontrol berat badan dengan baik. Pasalnya, berat badan yang meningkat dengan berlebihan, serta tidak terkontrol akan dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandung. Nah, pastikan anda menjaga berat badan ideal. Jangan sampai berat badan anda kurang atau lebih.

  • Untuk membantu mengontrol berat badan disarankan mengonsumsi makanan sehat.
  • Konsumsi buah dan sayur karena mengandung mineral dan vitamin yang diperlukan tubuh.
  • Konsultasikan dengan dokter mengenai cara yang tepat menjaga berat badan tetap normal saat hamil anak kembar.

Baca juga : Tips Melahirkan Lancar dan Mudah

Mencukupi Waktu Istirahat

Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan Kembar

Ketika hamil mencukupi waktu istirahat harus anda lakukan agar tubuh tetap sehat.

  • Caranya yaitu cukupi waktu istirahat dan tidur anda setiap harinya.
  • Kurangi melakukan aktivitas berat supaya anda tidak mengalami kelelahan.
  • Meskipun begitu anda tetap disarankan untuk melakukan olahraga ringan seperti berjalan-jalan di sekitar rumah, berenang atau yoga.

Hindari Stres

Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan Kembar

Stres merupakan kondisi wajar yang dapat dialami oleh siapa saja. Namun, ketika hamil stres akan berdampak buruk untuk kesehatan ibu hamil maupun janin yang dikandung. Apabila ibu mengalami stres yang berlebihan, maka sistem kekebalan tubuh akan lemah sehingga efeknya ibu hamil rentan sakit. Selain itu, risiko masalah kesehatan dapat dialami oleh si kecil dalam kandungan, misalkan berat badan lahir rendah.

  • Untuk mengelola stres dengan baik, anda harus tetap tenang.
  • Melakukan relaksasi dan memperbanyak istirahat supaya tidak stres.
  • Selain itu, anda juga bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan agar tidak stres.

Periksa Kehamilan dengan Rutin

Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan Kembar

Sangat penting untuk memeriksa kehamilan dengan rutin. Ini dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu maupun janin yang dikandung.

  • Periksa kehamilan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh dokter.
  • Kemudian patuhi semua nasihat yang dokter berikan guna menjaga kesehatan kandungan anda. Lakukan apa yang dokter sarankan dan hindari pantangan-pantangan kehamilan.

Meminta Dukungan Dari Orang Sekitar

Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan Kembar

Untuk setiap orangtua baru dukungan sangat penting, apalagi untuk ibu hamil anak kembar. Anda bisa meminta dukungan dan bantuan pada orang-orang terdekat.

  • Jangan ragu untuk menerima maupun meminta bantuan dari orang di sekeliling anda. Karena semua urusan rumah tangga seperti membersihkan rumah, mencuci baju tidak bisa anda lakukan semuanya dengan bersamaan.
  • Anda juga jangan sungkan untuk meminta bantuan keluarga atau suami.
  • Ketika bayi kembar anda lahir, direkomandasikan untuk memiliki orang yang dapat membantu anda mengurus buah hati.

Periksa Jika Ada Gejala Mual dan Muntah

Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan Kembar

Mual dan muntah saat hamil atau lebih dikenal dengan sebutan morning sickness merupakan kondisi yang sering dialami ketika usia kehamilan trimester pertama. Morning sickness itu sendiri merupakan kondisi yang normal. Hanya saja, pada ibu hamil anak kembar kondisi mual dan muntah bisa lebih parah dan tinggi. Kondisi mual dan muntah saat hamil dipengaruhi hormon hCG. Pada ibu hamil anak kembar jumlah ini akan lebih tinggi dibandingkan dengan ibu hamil tunggal.

Jangan biarkan kondisi mual dan muntah pada ibu hamil. Anda bisa melakukan konsultasi atau pemeriksaan pada dokter. Apabila dibiarkan akan dapat menyebabkan kekurangan nutrisi.

Olahraga Ringan

Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan Kembar

Supaya kesehatan janin dalam kandungan dan tubuh anda tetap terjaga, tidak ada salahnya anda melakukan olahraga ringan khusus untuk ibu hamil yang akan dapat membantu memperlancar kehamilan dan persalinan.

  • Pilihlah jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil.
  • Namun pastikan anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Lebih Waspada Terhadap Keluhan yang Dialami

Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan Kembar

Peluang melahirkan lebih awal pada kehamilan anak kembar sangat besar. Selain itu, hamil anak kembar juga memiliki kemungkinan mengalami preeklampsia. Dimana ini merupakan kondisi ibu hamil mengalami peningkatan tekanan darah, urine, protein dan terjadinya pembengkakan.

  • Oleh karena itu, jika anda mengalami keluhan sekecil apapun seperti keputihan, atau mengalami tekanan pada panggul atau punggung maka sebaiknya segera melakukan konsultasi pada dokter untuk menghindari hal-hal buruk.
  • Selama kehamilan anda tetap harus optimis dan berhati-hati untuk menjaga kondisi mental anda dan menjaga perkembangan bayi dengan baik.

Hamil anak kembar menjadi kebahagiaan yang patut disyukuri. Ibu dan ayah tentu ingin si kecil dalam kandungan tetap sehat, tumbuh dan berkembang dengan baik, sekaligus kesehatan ibu hamil terjaga dengan baik. Oleh karena itu, sangat penting untuk rutin mengontrol kehamilan anda. Ikuti saran dari dokter agar anda dan si kecil dalam kandungan tetap sehat sampai melahirkan nanti.

 

Leave a Reply