Makanan yang Dapat Mengurangi Mual Saat Hamil

4.83/5 (24)

Mengurangi Mual Saat Hamil – Saat hamil, banyak keluhan yang akan ibu alami, salah satunya mual dan muntah. Mual merupakan keadaan yang umum dialami oleh ibu hamil. Bahkan mual menjadi salah satu tanda awal perempuan hamil. Mual yang dialami perempuan saat hamil terjadi karena adanya perubahan hormon saat hamil, seperti peningkatan hormon estrogen. Keadaan ini menandakan kandungan anda berkembang dengan baik, bukan hal yang buruk.

Mual saat hamil akan membuat anda tidak nyaman dan nafsu makan berkurang. Karena mual tersebut, banyak ibu hamil yang justru malas makan. Namun, mengurangi makan atau tidak makan sama sekali justru tidak baik untuk kehamilan.

Mengurangi Mual Saat Hamil

Penyebab Mual Saat Hamil

Mual yang terjadi saat hamil disebut dengan morning sickness. Kondisi ini sebenarnya tidak terjadi saat pagi saja, namun dapat terjadi kapan saja. Bahkan ada beberapa ibu hamil yang mengalami masalah ini sepanjang hari. Mual pada perempuan hamil disebabkan karena beberapa faktor seperti berikut:

  • Hormon kehamilan. Saat sel telur yang sudah dibuahi menempel di dinding rahim, maka tubuh akan memproduksi hormon yang disebut hormon human chorionic gonadotropin (HCG). Ketika mual muncul menjadi tanda bahwa tubuh anda sedang memproduksi hormon yang diperlukan kehamilan. ( Baca juga : Ciri-Ciri Orang Hamil )
  • Mual dapat pula disebabkan karena meningkatnya kadar hormon estrogen.
  • Sensitif terhadap aroma. Ketika hamil, biasanya ibu menjadi lebih sensitif terhadap aroma tertentu. Aroma makanan yang biasanya tidak masalah bisa membuat ibu merasa mual.
  • Stres. Tidak jarang kehamilan membuat ibu lelah dan stres. Keadaan ini dapat membuat ibu mual.
  • Mual dan muntah dapat disebabkan karena infeksi saluran kencing. Jika saat buang air kecil terasa nyeri dan keluar darah, segera periksakan ke dokter.

Apakah Mual yang Terjadi Pada Ibu Hamil Berbahaya?

Mual yang dialami oleh ibu hamil sebenarnya adalah hal yang wajar dan tidak akan membahayakan janin dalam kandungan, selama tidak mengganggu makan ibu, ibu masih cukup makan atau minum. Hanya saja, jika mual dan muntah parah dan berlebihan, keadaan ini penting untuk diwaspadai.  Apabila mual saat hamil justru malah mengganggu nafsu makan, dimana asupan nutrisi yang dibutuhkan ibu kerkurang, biasanya ibu membutuhkan asupan nutrisi dari suplemen tambahan yang disarankan dokter.

Mual yang disertai dengan muntah-muntah parah bisa menandakan adanya masalah kehamilan. Perlu anda ingat, mual dan muntah terbilang normal pada ibu hamil jika keadaannya masih wajar dan tidak disertai gejala lainnya. Jika kasusnya parah, serta disertai gejala-gejala lainnya disarankan untuk konsultasi pada dokter.

Keadaan yang Perlu Diwaspadai

Anda harus segera pergi ke dokter jika mual tidak tertahankan, bahkan hingga muntah berulang-ulang dengan disertai beberapa ciri di bawah ini:

  • Ibu merasa sangat lemas hingga tidak sanggup berdiri
  • Terasa nyeri pada perut
  • Urine berwarna kuning pekat atau ibu sama sekali tidak buang air lebih dari 8 jam
  • Ibu tidak dapat mengonsumsi makanan ataupun minuman apapun tanpa kembali dimuntahkan
  • Muntah darah
  • Demam hingga 38 derajat Celcius lebih

Makanan yang Dapat Mengurangi Mual Saat Hamil

Mual yang anda alami saat hamil akan mempengaruhi nafsu makan anda. Ketika anda mual, anda harus tetap mendapatkan asupan makanan. Untuk perkembangan dan pertumbuhannya, janin membutuhkan nutrisi penting yang cukup. Meskipun anda sedang mual, sebisa mungkin anda harus membangun kembali nafsu makan anda.

Ada beberapa makanan yang dapat membantu mengurangi mual saat anda hamil. Beberapa makanan yang anda dapat konsumsi saat mual di antaranya yaitu :

Makanan Dingin

Anda dapat mengonsumsi makanan yang dingin untuk mengurangi mual saat hamil yang anda rasakan. Makanan dingin di antaranya, salad buah, rujak, es krim dan lain sebagainya. Diketahui, suhu makanan dapat membuat perbedaan. Makanan dengan suhu panas dapat membuat makanan aromanya semakin kuat. Mengonsumsi makanan hangat justru dapat membuat ibu semakin mual sampai ingin muntah.

Makanan Berserat

Anda dapat menambahkan asupan serat dari sayuran dan buah segar. Serat yang terdapat pada buah-buahan maupun sayuran dapat membantu mengurangi produksi asam dalam lambung, sehingga rasa mual menjadi berkurang. Tidak hanya itu, serat akan membantu melancarkan pencernaan anda.

Makanan yang Mengandung Vitamin B6

Pada beberapa kasus, vitamin B6 dapat membantu mengatasi mual. Berdasarkan American Pregnancy Association, makanan yang menjadi sumber vitamin B untuk ibu hamil yang baik yaitu, oat, sereal gandung, pisang, roti gandum, alpukat, pepaya, ikan, bayam, kacang polong, kacang merah, daging, hazelnut, biji bunga matahari, kacang tanah, ayam dan walnut. Dalam memilih ikan, pastikan ikan bebas dari merkuri. Seperti yang kita ketahui, merkuri tidak baik untuk kehamilan anda. Anda dapat bertanya pada dokter untuk mengetahui jenis ikan apa yang cocok untuk ibu hamil.

Makanan yang Mudah Diserap

Makanan yang mudah dicerna oleh tubuh seperti bubur, kentang, roti, sup ayam, biskuit dan lain sebagainya dapat membantu mengatasi mual. Makanan-makanan tersebut tidak akan berada pada perut anda dalam waktu lama yang akan membuat perut semakin begah dan mual.

Lemon

Mengatasi mual dengan lemon caranya yaitu dengan mencampurkan perasan air lemon ke dalam segelas air. Rasa lemon dan aromanya yang menyegarkan akan membantu mengurangi mual dan menenangkan perut anda.

Jahe

Selain dapat menghangatkan tubuh, jahe juga dapat menenangkan perut dan mengatasi rasa mual. Anda dapat mencoba menambahkan irisan jahe ke dalam teh atau air panas. Selain itu, anda bisa menambahkan irisan jahe ke dalam masakan anda sehingga cita rasanya akan semakin enak.

Jus Buah-Buahan

Bagi ibu hamil, buah merupakan salah satu makanan yang penting untuk dikonsumsi. Selain itu, buah-buahan yang dijus dapat membantu mengurangi mual saat hamil yang anda rasakan. Namun, sebaiknya hindari terlalu banyak mengonsumsi jus dalam kemasan karena mengandung gula yang tinggi.

Untuk membantu mengatasi mual anda harus minum air putih yang banyak. Selain dapat menyegarkan tubuh, minum air putih yang cukup akan membantu menyeimbangkan cairan tubuh sehingga anda dapat terhindar dari dehidrasi. ( Lihat juga : Makanan Untuk Ibu Hamil 1 bulan )

Makanan yang Harus Dihindari Saat Mual

Anda sebaiknya membatasi atau menghindari makanan yang akan membuat mual semakin bertambah parah. Beberapa makanan yang dimaksud yaitu :

Makanan Berlemak

Makanan berlemak lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Makanan ini justru akan membuat anda semakin mual.

Makanan yang Memiliki Aroma Kuat

Makanan yang memiliki aroma yang kuat contohnya yaitu makanan yang mengandung banyak rempah. Makanan seperti ini akan membuat anda semakin mual. Terlebih lagi saat hamil, biasanya perempuan akan lebih sensitif terhadap aroma makanan.

Karena mual, bukan berarti anda menjadi malas makan. Anda tetap harus makan untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan si kecil. Agar tidak cepat mual saat makan, sebaiknya anda makan dalam jumlah sedikit namun lebih sering. Itulah beberapa makanan yang dapat mengurangi mual saat hamil. Semoga bermanfaat.

Artikel ini di review oleh Bidan Pevi Revina sTR.Keb

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel