Mengetahui Tanda-tanda Kehamilan Awal

4.89/5 (9)

 

Kini, anda tidak hanya dapat mengetahui tanda kehamilan dari telat datang bulan melainkan dari 15 tanda-tanda kehamilan awal. Apa saja yang menjadi tanda-tanda kehamilan ? Berikut adalah tanda kehamilan yang bisa anda cermati:

1. Munculnya flek (darah seperti haid)

Tanda awal kehamilan yaitu munculnya bercak darah yang umum terjadi pada minggu ke 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Kondisi ini disebabkan karena adanya implantasi atau implantation bleeding yang menempel pada embrio pada dinding rahim.

Beberapa wanita mengira kondisi ini sebagai kondisi menstruasi. Adapun untuk membedakannya adalah munculnya flek darah  hanya sedikit dibandingkan dengan darah menstruasi.Selain itu bercak darah tanda kehamilan tidak berlangsung lama sedangkan menstruasi umumnya terjadi lima-tujuh hari. (Baca juga: tanda tanda hamil muda)

tanda kehamilan awal

2.Perubahan Mood

Tanda kehamilan selanjutnya wanita lebih sensitif dari biasanya. Ini mirip dengan gejala PMS (mendekati waktu datang bulan).Bahkan wanita yang sedang hamil mengalami mood yang mudah berubah,terkadang merasa sangat bahagia , merasa sangat sedih atau sangat marah.

Anda tidak perlu khawatir ketika mengalami perubahan mood diawal kehamilan , ini terjadi karena adanya perubahan hormon secara drastis di dalam tubuh sehingga membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan adanya hormon kehamilan.

3.Mual dan Muntah

Tanda kehamilan ini sangat dikenal oleh wanita .Bahwa awal kehamilan ditandai dengan mual dan muntah padahal tidak semua wanita yang sedang hamil mengalami mual dan muntah dan tidak selamanya mual dan muntah dijadikan tanda kehamilan, bisa juga sebagai gangguan kesehatan.

Mual yang dialami oleh wanita disebabkan karena adanya peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) yang menyebabkan timbulnya pedih pada perut dan menimbulkan rasa mual.

Anda tidak perlu khawatir rasa mual dan muntah umumnya akan hilang dengan sendirinya memasuki trimester kedua kehamilan. Kondisi yang dialami oleh wanita hamil muda adalah mual dan lebih peka terhadap bau , misalnya bau terhadap makanan tertentu.

4.Terlambat Haid

Bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi yang teratur sangat mudah untuk menentukah kehamilan, dimana siklus menstruasi berhenti setelah pembuahan.Hanya saja bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur sulit untuk menentukan tanda kehamilan apabila dicermati dari terlambat haid.

Banyak faktor yang menyebabkan wanita terlambat datang bulan diantaranya adalah diet, terjadinya gangguan hormonal dan mengalami stres.Sehingga perlu dipastikan dengan menggunakan alat test kehamilan untuk mengetahui kondisi anda setelah terlambat datang bulan.

5.Pusing

Sering merasakan sakit kepala ataupun pusing saat beraktivitas ? Bahkan anda akhir-akhir ini mengeluhkan mual,lelah, lapar dan tekanan darah rendah , mungkinkah hamil? Kondisi sakit kepala dan pusing dapat menjadi tanda kehamilan.

Kondisi sakit kepala ini berhubungan dengan rasa lelah, mual dan tekanan darah yang dialami oleh ibu hamil diawal kehamilan.Bahkan kondisi emosional dapat menjadi pemicu kehamilan yang menimbulkan perasaan tegang dan juga depresi.Bahkan pasokan darah ke seluruh tubuh dapat memicu terjadinya pusing ketika anda berubah posisi.

6. Sering Meludah

Tanda kehamilan lainnya adalah hipersalivasi yang terjadi karena  adanya perubahan hormon pada wanita. Kondisi ini air liur diproduksi tubuh lebih banyak dibanding biasanya. KOndisi yang sangat umum dialami oleh wanita di minggu pertama hingga dua belas minggu kehamilan. Anda tidak perlu khawatir, kondisi akan menghilang setelah kehamilan memasuki trimester kedua.

7. Meningkatnya Temperatur Basal Tubuh

Tanda kehamilan selanjutnya yaitu suhu tubuh ibu hamil yang lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi normal wanita meskipun demikian kondisi ini tidak sama dengan suhu tubuh ketika demam.

Kondisi temperatur basal tubuh akan terjadi selama kehamilan dan tidak akan menurun ke kondisi sebelum terjadi ovulasi, anda tidak perlu cemas kondisi naiknya temperatur basal ini normal terjadi di awal kehamilan.

8.Mudah Lelah

Kondisi selanjutnya yang menandakan kehamilan adalah mudah lelah meskipun hanya mengerjakan kerjaan setiap hari.  Kondisi ini terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan hormon kehamilan. Salah satunya adalah hormon progesteron yang sering dihubungkan sebagai tanda lelah pada ibu hamil di minggu pertama. Bahkan kondisi mudah lelah dapat terjadi karena adanya penurunan kadar gula darah dan juga tekanan darah.

9. Buah dada bengkak dan lembut

Kondisi dimana anda mengalami buah dada mengalami ukuran yang lebih besar dari biasanya, kesemutan dan nyeri seperti mendekati menstruasi, kondisi ini dapat menjadi pertanda gejala kehamilan yang paling umum.

Saat awal kehamilan payudara akan menjadi berisi dan mengalami perubahan bentuk karena sedang mempersiapkan produksi ASI bahkan payudara dapat menjadi sangat lembut dan sensitif diawal-awal bulan kehamilan. Hanya saja tidak semua wanita mengalami kondisi ini terlebih bagi wanita yang menggunakan pil KB.

10. Sering buang air kecil dan konstipasi

Pada saat hamil di dalam tubuh rahim akan mengalami penekanan kandung kemih sehingga frekuensi buang air kecil lebih sering dari biasanya.Bahkan saat wanita hamil di bulan pertama kehamilan kandung kemih lebih cepat dipenuhi urine yang akhirnya menyebabkan keinginan buang air kecil yang sering.

11. Kram perut

Kondisi lainnya yang berhubungan dengan tanda kehamilan adalah perut kram dimana kondisi ini terjadi secara teratur. Bahkan kondisi kram perut ini akan terus berlanjut hingga trimester kedua hingga letak uterus berada ditengah dan juga disangga oleh panggul.

12.Sakit punggung

Tanda kehamilan diawal yang berhubungan dengan peruhan fisik yaitu mengalami sakit punggung. Dimana kondisi sakit punggung yang dialami oleh wanita di awal kehamilan yaitu bagian bawah akan mengalami nyeri.Bahkan sakit punggung akan menetap hingga trimester akhir dimana perut ibu hamil semakin besar.

13.Ngidam dan sensitif terhadap bau

Paling umum dijumpai oleh ibu hamil yaitu ngidam dan sensitif terhadap bau. Ngidam merupakan kondisi dimana wanita mengalami keinginan pada makanan/barang tertentu. Sebenarnya ngidam ini merupakan pertanda bahwa wanita hamil tersebut membutuhkan nutrisi seperti apa yang diinginkannya.

Bahkan bisa saja wanita hamil menjadi sensitif terhadap bau dan aroma makanan tertentu bahkan menjadi tidak tahan dengan makanan tertentu. Ini merupakan tanda kehamilan yang umum dialami oleh wanita .

14. Perubahan Bentuk Tubuh

Pada saat ibu mengalami kondisi kehamilan di awal memang belum begitu terlihat. Perut yang semakin membesar baru dialami ketika memasuki dua-tiga bulan kehamilan. Hanya saja pada awal kehamilan peruaban tubuh seperti paha, bokong, dada , lengan mengalami pembengkakan.

15. Sembelit

Adanya perubahan hormon progesteron pada ibu hamil dapat memicu dan mengendurkan otot rahim yang berdampak pada otot dinding usus dan memicu sembelit atau sulitnya buang air besar.Tanda kehamilan ini baru diketahui di hari ke tujuh atau kedepan kehamilan. Seringkali tidak disadari sebagai tanda kehamilan banyak yang mengira merupakan adanya gangguan kesehatan saja.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply