Mengetahui Tanda Kehamilan Dengan Menggunakan Test Kehamilan

Beberapa wanita masih ragu dengan kehamilannya, sehingga ketika 3 bulan pertama datang bulan terlambat dapat melakukan pemeriksaan detak jantung janin di dalam kandungan. Alat Dopper akan tidak akan mendengar detak jantung janin pada minggu ke 9-10 kehamilan, bahkan ada juga yang kesulitan untuk didengar pada minggu ke 12-14 .

Fetal Heart Tones (FHT) janin memiliki detak yang lebih cepat dibandingkan dengan detak jantung orang dewasa. Bahkan kecepatan sekitar 180 denyut permenit dan menurun pada usia kehamilan 12 minggu mencapai 120-160 denyut permenit hingga persalinan berlangsung .

3.Pemeriksaan USG

Selanjutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan USG. Kondisi ini sangat akurat untuk menentukan kehamilan dan sering digunakan oleh dokter kandungan atau bidan . Cara kerjanya menggunakan gelombang yang dipancarkan pada bagian rahim.

Dengan menggunakan USG, dapat mengambil foto bayi di dalam kandungan.Sedangkan trimester pertama merupakan cara yang dapat memastikan perkembangan janin. Sehingga pemeriksaan USG ini sangat disarankan.

4. FOto X-Ray

Pemeriksaan kehamilan dnegan menggunakan X-RAy tidak begitu diminati oleh ibu hamil karena akan membahayakan kesehatan janin meskipun hasilnya akurat. Hanya saja untuk kondisi kesehatan tertentu, dokter terkadang menyarankan ibu hamil melakukan foto X-Ray .

Itulah beberapa cara melakukan test kehamilan apabila anda menemukan tanda kehamilan atau masih meragukan dengan kondisi anda. Konsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan ketika anda mengalami tanda-tanda kehamilan untuk tetap menjaga kesehatan ibu dan janin selama kehamilan.  Hal ini dikarenakan kondisi fisik setiap individu berbeda- beda . 

Pages ( 2 of 2 ): « Sebelumnya1 2

Tinggalkan komentar

Show Buttons
Hide Buttons