Mengetahui, Manfaat dan Mengukur Gerakan Janin

3.5/5 (2)

Semakin membesarnya perut ibu, semakin menandakan nyatanya bahwa sekarang ibu sedang tidak hidup sendirian, ada yang sedang menemani kemanapun ibu pergi. Ada yang selalu memperhatikan dan merasakan apa yang ibu rasakan. Dan ada yang selalu ingin berkomunikasi dengan ibunya dan dunia luar dari dalam perut setiap saat. Ya, gerakan-gerakan janin yang dirasakan ibu merupakan salah satu bentuk bahwa si kecil ingin melakukan komunikasi dengan ibunya, merasakan apa yang ibu rasakan atau menunjukkan “ibu saya hadir di sini”. Gerakan janin makin menambah nyatanya akan hadirnya buah hati dalam perut kita, yang selama 9 bulan akan senantiasa menjadi sahabat setia yang selalu menemani dan meningatkan ibu bahwa dirinya merupakan anugerah dan amanah terindah yang harus ibu jaga.

Kapan Ibu Hamil Merasakan Gerakan Janin?

Merasakan gerakan janin tatkala ibu sedang hamil di percaya oleh sebagian besar ibu hamil merupakan pengalaman yang paling indah yang sulit di ungkapkan oleh kata-kata, meskipun kadang-kadang membuat rasa sakit perut ibu. Apalagi ketika untuk pertama kalinya ibu merasakan adanya gerakan dalam perutnya. Kapan ibu hamil bisa merasakan gerakan janin? setiap ibu hamil akan mengalami gerakan janin berbeda-beda waktunya. Namun biasanya ibu hamil akan merasakan gerakan janin mulai kehamilan usia 16 minggu atau juga bisa mulai saat kehamilan usia 20 minggu. Hal ini tergantung dari sensitivitas ibu itu sendiri atau mungkin dari aktivitas bayi itu sendiri. Mungkin ibu yang sedang mengandung anak ke 2 dan seterusnya akan leibh dini mengetahui adanya gerakan janin karena telah berpengalaman. Karena biasanya awal-awal gerakan janin, ibu hanya merasakan adanya seperti gelembung gas dalam perutnya atau adanya debaran kecil di dalam perutnya.

Jadi jangan terlalu khawatir jika ibu masih belum merasakan gerakan janin, selama setelah diperiksakan ke dokter di nyatakan bahwa kehamilannya sehat. Sekali lagi, hal ini sifatnya individu, sangat berbeda tiap orangnya, bahkan sensai yang dirasakan ibu pun akan berbeda-beda pula.

Selain itu, ibu hamil akan merasakan aktifnya gerakan tatkala malam hari atau beberapa saat setelah ibu makan, karena adanya peningkatan glukosa dalam tubuh

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply