Mengenali Pola Tidur Bayi Usia 9 – 12 Bulan

4/5 (10)

Tips Bagi Ibu mengatur pola tidur bayi yang berusia 9 hingga 12 bulan :

1.    Jika bayi anda telah mempunyai kebiasan harian yang telah dilakukan dengan teratur dan tidak pernah berubah setiap harinya maka bisa dipastikan bayi anda lebih gampang pada saat akan tidur malam.

2.    Sebaiknya ibu menetapkan komitmen pada waktu serta membuat rutinitas untuk tidur di malam hari. Buat rutinitas yang menyenangkan untuk sang bayi sebelum ia pergi tidur. Seperti contohnya, ketika ia tidak begitu menyukai kegiatan mengganti baju sebelum pergi tidur, maka sebaiknya anda menempatkan kegiatan ini pada urutan yang paling pertama sebelum kegiatan yang menyenangkan lainnya anda lakukan.

3.    Kemampuaan sistem motoriknya sedang dilatih sehingga bayi anda terlalu aktif ketika hendak tidur maupun terbangun pada malam hari digunakan untuk berlatih. Jika bayi anda tidak bisa melakukan dengan sendiri atas apa yang ia inginkan, maka biasanya bayi tersebut akan menangis. Sebaiknya anda tidak mengajaknya untuk bermain, anda hanya perlu membujuknya supaya bayi anda kembali tidur.

4.    Ibu dapat mencoba memberikan sedikit kesempatan untuk melatih bayi anda agar bisa tidur dengan sendirinya. Jika bayi anda selalu dibiasakan bergantung terhadap ibu seperti di tepuk-tepuk, digendong ketika akan tidur serta ditemani ketika ia tidur, hal ini akan membuat bayi anda menangis ketika ia terbangun pada malam hari serta tidak melihat keberadaan ibu di sampingnya.

5.    Kecemasan yang disebabkan oleh terbangun pada saat ia tidur dan tidak melihat sosok ibu disekitarnya bisa membuat bayi anda menangis. Jika begitu sebaiknya anda segera menghampiri bayi anda. Dengan begitu biasanya bayi bisa berhenti menangis.

Dengan membiasakan bayi anda untuk tidur sendiri ketika usianya menginjak 6 bulan ataupun lebih, dengan membiarkan bayi anda tidur sendiri bukan berarti anda kehilangan waktu bersama bayi anda. Ketika ibu bida mengatur pola tidur bayi, hal ini dapat membuat bayi anda lebih sehat serta anda juga dapat meluangkan waktu anda bagi suami. Perhatian serta komunikasi atas pembagian tugas anda dan suami bisa membuat semua kesulitan terasa lebih mudah. Selain itu komunikasi antara anda dan bayi juga sangat penting, kedekatan secara emosi juga sangat dibutuhakan untuk menjaga hubungan ibu dan anak.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply