data-ad-format="auto"

Mengenali Penyakit Lupus Pada Anak

Tubuh anak memiliki sistem sendiri untuk melawan penyakit yang disebut sistem kekebalan tubuh, tapi kadang-kadang tidak bekerja dengan benar. Ketika ini terjadi, seseorang mungkin memiliki autoimun penyakit yang dikenal dengan penyakit Lupus. Sebuah sistem kekebalan tubuh yang sehat dapat melindungi anak anda terhadap kuman dan penyakit. Sehingga antibodi merupakan bahan kimia khusus yang melawan infeksi. Tetapi dengan penyakit seperti lupus kekebalan tubuh menjadi menyerang sel sel yang sehat. Lupus dapat menyerang anak-anak sehingga anda harus mendapatkan beberapa pengetahuan yang berunjuk pada kesehatan anak mengenai lupus itu sendiri. Anak yang menderita lupus tidak terlihat sakit, tetapi mereka akan mudah terjatuh, lemah, atau mual.

Ada tiga jenis lupus :

1.  Lupus eritematosus sistemik disebut juga SLE dan merupakan jenis lupus yang banyak menyerang. SLE dapat mempengaruhi kulit, sendi, tendon, dan organ tubuh lain seperti otak, jantung, paru-paru, dan ginjal.

2. Lupys yang menyerang kulit adalah penyakit kulit yang menyebabkan ruam pada wajah, leher, kulit kepala, dan telinga. Ada dua jenis lupus kulit; diskoid lupus erythematosus (DLE), yang dapat menyerang jaringan parut, dan subakut kulit lupus erythematosus (SCLE), yang tidak menimbulkan bekas.

3. Lupus induced disebabkan oleh reaksi terhadap beberapa jenis obat-obatan.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Penyebab Lupus

Beberapa hal yang sangat mendasar pada penderita lupus adalah penyebabnya diluar batas kemampuannya. Seperti terlahir menjadi perempuan karena perempuan lebih banyak menderita lupus ketimbang laki laki kemudian menjadi ras tertentu Afrika, Asia, orang Latin, dan penduduk asli Amerika lebih mungkin untuk mendapatkan lupus dibandingkan orang kulit putih, ataupun memiliki gen atau gen yang membuat Anda lebih mungkin untuk mendapatkan lupus (sekitar 10% dari orang dengan lupus memiliki anggota keluarga dengan penyakit). Begitu juga pada anak-anak kemungkinan lupus disebabkan karena beberapa faktor tersebut.

Adapun diagnosis terhadap anak yang menderita lupus yaitu :

  1. demam
  2. penurunan berat badan
  3. ruam
  4. kehilangan nafsu makan
  5. nyeri sendi
  6. nyeri otot
  7. kelenjar bengkak
  8. rambut rontok
  9. sakit perut
  10. mual
  11. diare
  12. muntah
  13. sensitivitas terhadap matahari
  14. luka mulut

Bagaimana Lupus Diobati?

Setelah anak-anak didiagnosis dengan lupus dokter akan memutuskan pada rencana pengobatan. Pengobatan tergantung pada seberapa parah lupus dan apa bagian tubuh yang terkena. Hampir semua anak-anak dengan SLE mendapatkan beberapa jenis obat untuk mengontrol lupus mereka. Anak-anak yang sakit sendi sering diberikan acetaminophen atau ibuprofen. Selain obat-obatan, sebagian besar dari mengobati lupus mungkin melibatkan perubahan gaya hidup anak-anak. Anak-anak dengan lupus dapat belajar untuk mengelola penyakit.Anak, orang tua, dan tim medis untuk membantu mengendalikan gejala lupus. Hal ini dapat membuat anak-anak merasa lebih lelah, sakit, demam, dan sakit dari biasanya, dan juga dapat membahayakan organ-organ tubuh yang penting. Makan dengan nutrisi yang baik dan berolahraga secara teratur juga dapat membantu anak anda dalam proses penyembuhan. Meskipun ahli merekomendasikan bahwa anak yang menderita lupus tidak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari kecuali mereka memakai banyak pakaian tabir surya dan pelindung karena sinar ultraviolet dapat memperburuk kondisinya. Merokok, minum, dan obat-obatan tertentu akan mempeburuk kondisi penderita lupus. Dengan obat yang tepat dan kebiasaan yang sehat, anak-anak dengan lupus bisa pergi ke sekolah, mengambil bagian dalam kegiatan, bermain olahraga, dan melakukan hal-hal dengan teman-teman mereka.

Loading...

Follow us