Mengenal Penyakit Pityriasis Rosea, Penyakit Kulit yang Menganggu


Gejala Pityriasis Rosea

Sebelum akhirnya menderita timbul ruam yang menyerang bagian kulit, penderita akan mungkin melalui tiga tahapan dari kondisi pityriasis rosea ini. Beberapa tahapan  ini biasanya muncul dengan diawali oleh keadaan tubuh yang tidak terasa nyaman selama beberapa hingga berlangsung berminggu-minggu.

Ruam yang muncul biasanya berupa herald patch, yang mana ruam ini muncul dengan bentuk oval dan ditandai dengan munculnya warna merah muda. Pada sebagian besar kasus, penderita yang lebih beresiko meningkatkan kondisi ini adalah orang-orang dengan usia 1 sampai dengan 35 tahun.

Selain ruam, gejala yang juga ikut menyertai kondisi ini meliputi demam tinggi, menurun/hilangnya nafsu makan, timbulnya nyeri bagian persendian, sakit bagian kepala dan juga timbulnya gangguan pencernaan.

Noda merah yang berbentuk oval yang menyerupai tambalan juga dapat muncul di beberapa bagian tubuh yang tersembunyi, seperti misalkan bagian perut, ketiak dan beberapa bagian lipatan lain pada tubuh.

Sementara itu, pada akhir minggu kedua, bercak merah akan dapat menjamur dan menyebar hingga kebagian leher, punggung dada dan membentuk pola mirip dengan bentuk pohon pinus. Bukan hanya itu, pada masa ini gatal pun akan dapat muncul dan akhirnya kembali mereka setelah ruam muncul dikulit selama kurang lebi 2-6 minggu lamanya.

Pada penyakit gangguan kulit yang satu ini, periode pityriasis rosea akan dapat berlangsung hingga 12 minggu atau bahkan sampai dengan 5 bulan lamanya. Kondisi ini pun akan dapat menyisakan area kulit yang terkena masalah berubah menjadi gelap dibandingkan dengan area sekitarnya. Akan tetapi tak perlu khawatir umumnya kondisi ini akan dapat kembali pada kondisi semula setelah beberapa waktu.

Hanya saja untuk beberapa orang yang memiliki profesi yang mana menuntut mereka untuk dapat tampil sempurna tanpa cacat sedikitpun, maka mungkin mereka akan terganggu dengan kondisi ini. Bila anda mengkonsultasikan ke dokter untuk menghilangkan area gelap akibat kulit yang bermasalah dari pityriasis rosea dengan alasan kosmetik maka biasanya dokter akan meresepkan salep agar penyembuhan menjadi lebih cepat.

Pityriasis rosea dapat menunjuk bentuk-bentuk yang berbeda pada masing-masing pasien. Bila kondisi ini terjadi pada bayi, bentuk penyakit ini mungkin bisa menyerupai kulit yang melepuh. Sementara bila terjadi pada ibu hamil atau seseorang yang memiliki kulit gelpa, maka bentukan dari penyakit yang satu ini bisa berupa ruam yang bulat dan terlihat lebih menonjol.

Penyakit pityriasis rosea dapat menyerupai ruam yang disebabkan akibat dari penyakit lain, seperti halnya sifilis. Sehingga demikian, pemeriksaan lebih lanjut dari gejala penyakit ini perlu dilakukan oleh si pasien demi mendapatkan diagnosis yang tepat.

Jangan sesekali menunda atau mengabaikan kondisi ini. Beberapa kemungkinan penyakit lain mungkin saja mengintai kesehatan anda. Dengan demikian, sebaiknya konsultasikan kondisi ini dengan segera pada dokter.

Leave a Reply