Mengenal Penyakit Pityriasis Rosea, Penyakit Kulit yang Menganggu


Apa Itu Pityriasis Rosea?

Pityriasis Rosea adalah sebuah kondisi umum yang menyatakan adanya atau timbulnya kondisi ruam pada kulit. Pada penyakit ini, ruam yang muncul dibagian kulit umumnya berwarna merah muda atau juga merah. Adapun bentukan dari ruam ini bisa muncul seperti bekas luka, benjolan merah yang bentuknya mirip dengan luka tambalan.

Pada penderita yang mengalami kondisi gangguan kulit yang satu ini umumnya mereka dinyatakan dalam kondisi yang aman. Akan tetapi demikian tetap saja dampak yang bisa dimunculkan dari kondisi ini pada pasien yang menderitanya adalah timbulnya rasa gatal yang cukup mengganggu dan menyiksa, yang mana kondisi ini biasanya akan dapat berlangsung selama dua minggu atau bahkan lebih dari kurun waktu tersebut.

Pada penderita yang terserang dengan gangguan penyakit yang satu ini, beberapa area yang mungkin terserang dengan pityriasis rosea pada tubuh diantaranya adalah bagian punggung, dada atau hingga ke bagian perut.

Kondisi gangguan kulit pityriasis rosea pada umumnya akan dapat menghilang atau sembuh dengan sendirinya meski tanpa dilakukan perawatan intensif oleh tim medis. Masa penyembuhan ini umumnya akan dapat berlangsung dalam tiga bulan atau lebih. Sebagai tanda awal beberapa gejala akan mungkin dialami oleh penderita yakni dengan timbulnya ruam besar yang juga disebut dengan herald patch, yang mana kondisi ini kemudian akan diikuti dengan penyebaran ke bagian area tubuh lainnya seperti kebagian lengan dan juga kebagian kaki.

Penyebab Pityriasis Rosea

Gangguan kesehatan kulit yang satu ini merupakan kondisi penyakit yang sifatnya tidak menular. Akan tetapi hingga sampai saat ini belum ditemukan atau belum diketahui apa penyebab pasti yang mengakibatkan kondisi ini bisa menyerang seseorang. Walaupun demikian, infeksi virus dari golongan virus herpes disebut-sebut menjadi salah satu pemicu timbulnya kondisi ini.

Meskipun kondisi pityriasis rosea dapat sembuh dengan sendirinya tanpa dilakukan pengobatan medis, akan tetapi saat si penderita mulai mengeluhkan gejala yang parah atau bahkan memburuk yang telah berlangsung lama, maka sebaiknya segera hubungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Leave a Reply