Mengapa Muncul Flek Berkepanjangan Setelah Kb Suntik?

4.73/5 (44)

Sebelum mengetahui normal atau tidak normal terjadinya flek setelah Kb suntik, kali ini kami akan membahas terlebih dahulu mengenai penggunaan Kb suntik dan efek samping dari Kb suntik.

Kb suntik merupakan kontrasepsi hormonal yang memiliki efektifitas hingga 99% untuk anda yang ingin menunda kehamilan. Cara kerja dari kontrasepsi Kb suntik yaitu dengan penggunaan hormon yang dimasukan dengan cara menyuntikannya ke dalam tubuh sehingga dapat mengentalkan lendir rahim dan menghambat pembuahan dan mencegah sel telur menempel di dinding rahim.

Setiap kontresepsi memang memberikan manfaat pada anda, sama halnya dengan kontrasepsi Kb suntik diantaranya memberikan manfaat untuk meningkatkan efektifitas yang tinggi dalam mencegah kehamilan, tidak menggangu kesabaran pada wanita dan juga umumnya cocok untuk ibu menyusui dikarenakan tidak akan menimbulkan keluhan yang produksi ASI.
Umumnya Kb suntik disesuaikan dengan kondisi kesehatan wanita. Kb suntik yang berjangka waktu 3 bulan tidak diberikan pada ibu hamil, kanker organ reproduksi, kanker payudara, menderita darah tinggi, memiliki penyakit jantung, migrain atau stroke.

Sedangkan efek samping yang dialami oleh wanita yang menggunakan kb suntik diantaranya adalah :

  1. Bagi wanita penderita hipertensi atau diabetes Kb suntik akan memberikan berisiko meningkatkan efek samping ketimbang wanita yang tidak memiliki riwayat kesehatan tersebut, meskipun demikian bukan berarti bagi wanita yang yang tidak memiliki riwayat kesehatan hipertensi atau diabetes dapat aman dari risiko. Kemungkinan risiko kecil dapat terjadi pada wanita yang menggunakan kb suntik.
  2. Penyuntikan hormon akan memicu reaksi lapar sehingga menyebabkan kontrasepsi hormon tersebut sering makan. Ini juga menjadi keluhan sebagian ibu hamil yang menjadikan berat badan meningkat ketika menggunakan Kb suntik. Apabila anda mengalami kondisi ini maka anda dapat berkonsultasi untuk mendapatkan kontrasepsi non hormonal.
  3. Kb suntik menimbulkan gangguan haid seperti amenore yang bersifat sementara. Anda tidak perlu khawatir karena tidak akan mengganggu kesehatan dalam jangka waktu yang panjang.
  4. Kembalinya kesuburan terlambat. Anda sebaiknya berkonsultasi sebelum menggunakan Kb suntik. Pada beberapa kondisi untuk merencanakan kehamilan selanjutnya seringkali kesuburan terhambat.
  5. Apabila Kb suntik dihentikan menstruasi tidak segera datang. Hal ini dikarenakan tubuh memerlukan waktu untuk beradaptasi kembali dengan hormon yang dihasilkan. Umumnya anda membutuhkan waktu 3-6 bulan. Untuk memastikan anda tidak mengalami infertilitas sekunder, setelah 6 bulan anda melepas Kb suntik anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya.
  6. Terakhir, ketika anda menggunakan Kb suntik sering kali timbulnya pendarahan atau spotting atau flek yang berkepanjangan. Umum terjadi pada wanita yang baru satu kali mendapatkan kb suntik, selanjutnya pada suntikan ke dua maka flek akan berkurang.

Sehingga ketika anda bertanya-tanya mengenai flek yang berkepanjangan setelah kb suntik. Maka anda tidak perlu khawatir itu merupakan efek samping penggunaan Kb suntik. Sedangkan apabila anda tidak nyaman dengan munculnya flek/ spootting maka anda dapat berkonsultasi dengan dokter /bidan untuk memilih kontrasepsi lainnya.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel